Jaga Kebugaran Tubuh Anda dengan Menu Makanan Sehat Berikut Ini

26 Jul 2022 09:30 1107 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Jaga Kebugaran Tubuh Anda Dengan Menu Makanan Sehat Berikut Ini

Sangat penting untuk mengaplikasikan menu makanan sehat bernutrisi setiap hari bagi anda yang sedang ingin mengubah pola makan yang lama menjadi lebih sehat. Dimana diketahui bahwa akhir-akhir ini terutama sejak masa pandemi, gaya hidup sehat menjadi pilihan banyak orang demi untuk menjaga daya tahan tubuh tetap sehat sekligus untuk mengurangi risiko anda terpapar oleh virus. Bisa juga diimbangi dengan melakukan kegiatan olahraga seperti bersepeda, lari pagi, badminton hingga olahraga ringan lainnya yang bisa dilakukan di dalam rumah saja menjadi salah satu aktivitas yang sangat disarankan untuk dilakukan oleh pakar kesehatan. Selain olahraga tentau saja harus diikuti dengan mensuplai diri dengan makan menu makanan sehat yang tak kalah penting untuk diberi perhatian.

Menu Makanan Sehat Bernutrisi Tinggi Untuk Sarapan

Roti Bakar Selai Alpukat Dan Telur

Menu makanan sehat yang pertama adalah sedang naik daun karena cocok dinikmati oleh siapa saja untuk menu sarapan pagi yang praktis dan sehat. Karena pada waktu pagi hari adalah waktu dimana tubuh anda sedang membutuhkan banyak energi. Resep roti bakar selai alpukat dan telur kali ini sangat mudah untuk diaplikasikan di dapur yaitu hanya menggunakan telur goreng saja sebagai pendampinya.

Bahan utama yang dibutuhkan adalah : alpukat, air jeruk limau, ketumbar, tomat, roti gandum, telur, garam, merica dan minyak zaitun.

Cara membuatnya adalah :

  • Tumbuk buah alpukat yang telah dibuang kulit dan daunnya bersama dengan perasan jeruk limau, ketumbar dan garam secukupnya.
  • Panaskan minyak dan wajan di atas api sedang lalu goreng telur yang dibumbui dengan garam dan merica selama kurang lebih tiga menit tanpa dibalik.
  • Siapkan roti gandum yang telah dipanggang lalu oleskan selai alpukat (pengganti mentega) dan tutup dengan irisan tomat serta telur goreng.
  • Sajikan hangat bersama dengan segelas susu.

Menu Makanan Sehat Untuk Santap Siang

Soba Dengan Tumisan Sayur

Seperti diketahui bahwa mie soba yang tenar asal dari Jepang ini terbuat dari gandum kuda yaitu salah satu jenis keluarga gandum yang menyehatkan tubuh dan tetap memiliki kandungan karbohidrat mencukupi sebagai sumber energi. Padankan dengan tumisan sayur maka sudah lengkap menu makan siang yang sehat untuk mengisi perut anda di waktu siang hari.

Bahan utama yang dibutuhkan adalah : bawang putih, bawang bombay, selai kacang, kecap asin, air, madu, lemon, garam. Lada hitam, minyak sayur, paprika merah, paprika kuning, brokoli, buncis, wortel dan mie soba.

Bagaimana cara memasaknya ?

  • Sesuai selera, aduk-aduk rata campuran bawang putih, selai kacang, air, madu, air perasan lemon, garam dan lada hitam.
  • Panaskan wajan dan minyak di atas api sedang. Lalu tumis bawang bombay, wortel, brokoli, paprika dan buncis hingga menjadi matang tetapi jangan terlalu lembek.
  • Setelahnya tambahkan mie soba yang telah direbus dan campurkan saos adonan tadi. Masak hingga matang.
  • Sajikan hangat bersama dengan segelas es jeruk.

Makanan Bernutrisi Tinggi Untuk Santap Malam

Steak Salad

Ini adalah salah satu menu makanan sehat sehari-hari yang memiliki fungsi sebagai penutup hari yaitu menu makan sehat pada waktu malam hari yang mampu mengenyangkan perut. Ada banyak kombinasi yang bisa anda buat dengan sayuran ataupun sausnya. Selebihnya adalah cukup memilih daging sapi yang berkualitas tetapi tidak terlalu mahal seperti bagian sirloin.

Bahan-bahan yang digunakan adalah : daging sapi bagian sirloin, selada romaine, bawang bombay merah, arugula, tomat cherry, garam dan merica.

Bahan untuk membuat saus adalah : ketumbar, cabai hijau atau cabai jalapeno, jeruk limau, yogurt, bawang putih, garam, merica dan minyak zaitun.

Cara memasaknya adalah sebagai berikut :

  • Panggang daging sirloin hingga ke level medium lalu istirahatkan. Potong-potong hanya ketika salad sudah siap disantap.
  • Dalam mangkuk bersih : aduk-aduk rata semua bahan saus terkecuali minyak zaitun. Blender hingga halus kemudian baru tambahkan minyak zaitun.
  • Siapkan semua bahan-bahan salad dalam piring saji terlebih dahulu lalu tata sirloin di atasnya yang telah dipotong-potong menyerong. Terakhir adalah tuangkan saus secukupnya sesuai dengan selera.
  • Sajikan hangat bersama dengan jus buah segar.

Selamat mencoba.

 

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel