Yuk Icip Ragam Sambal Khas Indonesia Ini, Dijamin Ketagihan

17 Jun 2022 15:00 827 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Yuk Icip Ragam Sambal Khas Indonesia Ini, Dijamin Ketagihan

Apakah anda mengetahui bahwa orang-orang Indonesia konon tak akan merasa lengkap kalau makan nasi putih tidak pakai sambal. Apapun sajian pendampingnya, sambal wajib masuk dan menjadi bagian dari ritual makan enak ala orang Indonesia. Sehingga tidak mengherankan jika jenis sambal khas masakan Nusantara semakin lama semakin banyak jumlahnya seiring dengan semakin banyaknya orang-orang yang menggemarinya. Dengan beragam suku yang ada di dalam Negara Indonesia, racikan sambal khas tanah air pun jumlahnya tak terhitung lagi. Semuanya memiliki ciri khas masing-masing yang membuatnya menjadi salah satu masakan Nusantara favorit para penggemarnya. Semuanya mempunyai ciri khas tersendiri yang membuatnya memiliki banyak pecinta. Yuk simak beberapa jenis sambal populer di Indonesia berikut ini.

1/ Sambal Matah

Yang pertama dalah sambal matah yang resep aslinya berasal dari Pulau Dewata di Bali. Kata ‘matah’ di sini berasal dari Bahasa Bali yang artinya adalah mentah. Seperti namanya, semua bahan yang digunakan untuk meracik sambal ini terbuat dari bahan-bahan mentah yang diiris tipis-tipis kemudian diberi perasan jeruk limau (boleh juga dengan jeruk nipis), minyak kelapa dan garam. Anda bisa memadukan apa saja dengan sambal matah yang super least dan sangat pedas ini seperti lalapan segar, telur rebus / telur goreng, udang goreng, ayam goreng dan ikan goreng hingga tahu / tempe goreng.

2/ Sambal Ijo

Resep sambal ijo ini sebenarnya pertama kali dipopulerkan oleh rumah makan Padang yang saat ini sudah tersebar di berbagai daerah di seluruh Indonesia. Namun seiring dengan berjalannya waktu, masyarakat Indonesia yang bukan dari Padang mulai ikut-ikutan berkreasi dengan membuat sambal ijo dan variasinya. Selain cocok menjadi pengganti sambal merah untuk membuat balado, sambal ijo juga bisa anda jadikan cocolan aneka ikan goreng, ayam goreng, dendeng daging sapi, perkedel hingga lalapan segar.

3/ Sambal Kecap

Yang ketiga adalah sambal kecap termasuk salah satu resep sambal yang sangat mudah dibuat di rumah. Menjadi favorit ibu-ibu rumah tangga untuk teman makan lauk bersama dengan nasi putih hangat. Ada perpaduan rasa pedas dan manis yang gurih dan sedap membuat sambal kecap cocok dipasangkan dengan aneka menu bakar mulai dari ayam bakar, cumi bakar, udang bakar, hingga ikan bakar dan lalapan segar. Kalau anda lebih suka menyantap lauk yang serba digoreng juga bisa dilahap dengan cocolan sambal kecap seperti ikan goreng, udang goreng, telur goreng, tahu / tempe goreng dan ayam goreng. Resep sambal kecap ini jenisnya cukup beragam. Ada sebagian masyarakat yang hanya mengiris-iris semua bahan lalu mencampurnya dengan kecap manis dan asin yang diberi tambahan gula pasir dan micin atau ada juga yang menggilingnya hingga halus. Apapun cara memasaknya, kedua versi sambal ini sama-sama berasa enak.

4/ Sambal Mangga

Sambal ini memadukan rasa pedas dan segarnya buah mangga mengkal (setengah mentah setengah matang), sambal mangga memang memiliki cita rasa yang sangat khas. Cara membuatnya tidak ribet, bahan-bahannya adalah seperti bahan membuat sambal terasi hanya diberi tambahan bawang merah, lalu semuanya digiling halus dan terakhir dicampur dengan irisan buah mangga mengkal adalah sajian khas warga Palembang. Disajikan bersama nasi panas, ikan goreng atau ayam goreng dan lalapan segar. Rasanya dijamin bikin anda ketagihan.

5/ Sambal Dabu-Dabu

Sambal yang kelima ini adalah sambal khas Manado yang memiliki tampilan mirip dengan sambal matah. Meskipun demikian, tetap ada sedikit perbedaan diantara keduanya. Sambal dabu-dabu dibuat dengan menggunakan cabai rawit merah dan hijau, cabai besar, jeruk limau, tomat mengkal (masih kehijauan), garam, micin atau gula pasir. Semua bahan ini dipotong-potong dalam ukuran besar lalu diaduk hingga benar-benar tercampur dengan merata. Sebelum disajikan biasanya sambal ini diberi siraman minyak panas yang membuat aroma wangi semua bahan keluar dan semakin menggugah selera makan anda. Orang Manado kerap menyandingkan sambal dabu-dabu dengan aneka olahan makanan laut yang dibakar, dipanggang atau digoreng.

6/ Sambal Colo-Colo

Di Indonesia bagian timur para warganya mengenal salah satu resep sambal yang unik dan khas disebut dengan nama sambal colo-colo. Populer pertama kali di Maluku dan Sulawesi, sambal ini dibuat dengan campuran cabai, jeruk nipis dan kecap. Karena praktis, sambal ini kerap disajikan sebagai menu wajib oleh para nelayan setelah melaut yang menjadi pendamping ragam bahan dari laut yang dibakar secara tradisional di pesisir pantai yang teduh untuk santap makan siang. Masyarakat setempat juga kerap menyantapnya bersama lauk yang dibakar, dipanggang atau digoreng.

7/ Sambal Roa

Yang terakhir adalah hidangan sambal khas Manado yang tidak boleh terlewatkan dari daftar menu makan siang anda yaitu sambal roa. Karena diberi campuran daging ikan asap ke dalam adonan sambal yang super pedas ini maka sambal ini memiliki cita rasa yang khas. Rasa pedas dengan gurihnya ikan bikin sambal roa cocok langsung disantap dengan nasi putih ditemani oleh lalapan segar dan beragam lauk yang dibakar, dipanggang atau digoreng.

Selamat mencoba, semoga suka.

 

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel