Kuliner Terkenal Khas Warga Taiwan

15 Jun 2022 15:05 772 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Kuliner Terkenal Khas Warga Taiwan

Republik Tiongkok atau terkenal dengan nama Republik China / Taiwan adalah sebuah negara besar yang berdaulat berlokasi di wilayah Asia Timur yang daerahnya mencakup seluruh area Kepulauan Taiwan, Kepulauan Pescadores, Quemoy dan Kepulauan Matsu. Dijuluki dengan nama Taiwan untuk merujuk kepada wilayah yang dikuasai Republik Tiongkok secara keseluruhan sedangkan istilah Tiongkok merujuk kepada Republik Rakyat Tiongkok yang menguasai daratan Tiongkok, Hongkong dan Makau dimana Republik Tiongkok / Taiwan berbeda dengan Republik Rakyat Tiongkok. Meskipun Republik Tiongkok adalah nama resmi negara ini namun perkataan Tiongkok itu sendiri biasanya merujuk kepada daratan Tiongkok yang memiliki pemerintahan diambil alih oleh Republik Rakyat Tiongkok setelah berakhirnya pemerintahan Republik Tiongkok (1912-1949).

Taiwan selanjutnya berkembang menjadi salah satu negara yang kaya akan budaya dan kuliner khasnya. Nah jika suatu hari nanti anda berkunjung ke negara ini maka luangkanlah waktu guna mencicipi makanan khas warga Taiwan yang sangat terkenal di dunia. Beberapa tersebut di bawah ini kami rekomendasikan untuk ketahui.

1/ Makanan : Mi Kuah Sapi

Yang pertama adalah mi kuah sapi yaitu salah satu masakan yang sangat populer di Taiwan yang merupakan perpaduan antara mi yang kenyal, kuah sup beserta sayuran dan daging sapi. Kuah sup yang dimaksudkan adalah kuah kaldu yang rasanya sangat lezat karena dibuat dari rebusan daging sirloin dan urat sapi. Di Taiwan, masing-masing rumah makan yang menyajikan mi kuah sapi ini memiliki gaya dan rasa yang berbeda-beda, disarankan untuk mencoba semuanya mulai dari rumah makan kecil berupa kedai makan hingga restoran besar agar anda mengetahui sensasi rasa yang disuguhkan berbeda-beda. Sebagai refenrensi silahkan mengunjungi salah saru rumah makan terbaik guna mencoba menu ini yaitu di Yong-Kang Beef Noodle Restaurant yang berlokasi di daerah Da’an.

2/ Makanan : Misoa Kuah Usus

Yang kedua adalah misoa kuah usus yang merupakan makanan sangat melegenda dan mudah dijumpai hampir di setiap sudut kota-kota yang ada di Taiwan. Makanan ini adalah simbol panjang umur bagi penikmatnya sehingga selalu tersedia di setiap perayaan ulang tahun warga Taiwan. Ada beragam varian misoa kuah usus antara lain misoa minyak wijen, misoa kaki babi dan yang paling banyak memiliki penggemar adalah misoa kuah usus atau misoa tiram. Yang terakhir ini merupakan misoa yang dimasak bersama dengan saos tiram yang sebelumnya dicampur dengan tepung kanji lalu dimasukkan usus babi sehingga dikenal dengan nama musoa kuah usus. Misoa kuah usus ini akan semakin nikmat jika disantap bersama dengan cuka hitam, irisan daun ketumbar segar dan pasta bawang putih.

3/ Makanan : Tahu ‘Busuk’

Tahu ‘busuk’ atau tahu fermentasi merupakan salah satu makanan populer di Taiwan yang sering dinikmati sebagai kudapan ringan. Tahu fermentasi ini biasanya diolah dengan cara digoreng atau direbus lalu disajikan bersama dengan sayur kimchi ala Taiwan yang disebut dengan nama sichuan. Varian tahu ‘busuk’ yang banyak memiliki penggemar adalah tahu ‘busuk’ pedas yang disebut tahu ‘busuk’ mala biasanya disajikan bersama dengan bebek panggang, acar kol lalu disiram kuah kaldu pedas yang kental. Ada juga beberapa rumah makan yang menyajikannya bersama dengan usus besar babi yang disebut dengan nama da chang chou chou guo.

4/ Makanan : Mi Dan Zai

Yang keempat adalah mi dan zai atau populer dengan nama tan tsi noodle yang merupakan salah satu hidangan khas dari Kota Tainan yang disajikan sebagai kudapan karena memiliki porsi yang berukuran kecil. Sajian ini berupa mi yang dicampur dengan daging babi, taburan tauge dan udang yang dibumbui dengan bawang, ketumbar, cuka hitam, telur dan kecap. 

5/ Makanan : Gua Bao

Yang kelima adalah gua bao atau disebut juga dengan nama burger Taiwan. Tetapi burger yang satu ini memiliki penampilan yang jauh berbeda dengan burger Eropa dan Amerika atau burger pada umumnya. Gua bao merupakan salah satu makanan khas Taiwan yang dikenal banyak memiliki penggemar mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menyukainya. Gua bao adalah kudapan berupa roti kukus putih yang menyerupai bak pao lalu diisi dengan potongan daging berbumbu saos kecap, sayuran segar dan kacang. Perpaduan rasa manis, gurih, asam dan asin bisa anda nikmati dengan sekali gigitan.

6/ Makanan : Little Sausage In Big Sausage

Ini adalah jajanan pasar yang terakhir merupakan sosis kecil yang berada di dalam sosis besar. Sosis besarnya terbuat dari bahan utama yaitu ketan sedangkan sosis kecilnya terbuat dari daging babi panggang. Sekilas pandang hidangan ini mirip dengan hot dog namun disajikan bersama dengan wasabi atau kecap. Menu ini dengan mudah anda jumpai di pasar-pasar malam atau pasar tradisional di Taiwan.

Selamat berburu kuliner khas warga Taiwan.

 

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel