Berburu Kuliner Asal India yang Mendunia dan Unik Namun Tetap Enak

14 Jun 2022 11:00 2546 Hits 3 Comments Approved by Plimbi

Berburu Kuliner Dari India Yang Mendunia Dan Unik Namun Tetap Enak

Apakah anda mengetahui tentang sejarah makanan dari India sudah berusia lebih dari 8.000 tahun ? Kuliner khas warga India ini menyimpan keunikan yang berasal dari masing-masing wilayah di negara ini yang sebagian besar memperoleh pengaruh dari budaya dan ajaran agama Hindhu dan Islam, hubungan dagang hingga kolonialisme. Ragam bumbu dan kuliner India memberikan pengaruh yang besar terhadap hubungan dagang, sejarah dan dunia kuliner negara lainnya di dunia. India terkenal memiliki hidangan baik itu yang tradisional maupun kontemporer. Bagi anda yang tertarik dengan ragam jenis makanan khas India, tersebut di bawah ini kami rekomendasikan beberapa yang terkenal di Indonesia dan bisa dengan mudah anda cicipi tanpa perlu jauh-jauh melakukan perjalanan ke India hanya sekadar untuk mendapatkan cita rasa asli dari sajian khas India.

1/ Samosa

Yang pertama adalah samosa yaitu salah satu hidangan dari India yang mendapat pengaruh dari kuliner Asia Tengah dan wilayah Timur Tengah. Memiliki bentuk yang mirip dengan pangsit goreng dengan kulit luar renyah dan di dalamnya ada isian daging, sayuran atau kentang yang dihaluskan hingga membentuk pasta lalu diberi taburan bumbu. Tampilan samosa terlihat khas yaitu dengan bentuk segitiga berukuran sedang. Samosa pada umumnya dihidangkan sebagai makanan pembuka yang rasanya gurih. Selain di India, anda juga bisa menemukan samosa di Pakistan, Bangladesh, Maldives dan Nepal. Di Indonesia, anda bisa menemukan samosa di beberapa restoran India seperti Fez-Kinara Restaurant di kemang, Hazara Restaurant di Menteng dan Prabhu Curry House Restaurant di Bandung.

2/ Biryani

Siapa yang tidak kenal dengan nasi biryani ? Meskipun nasi yang satu ini dikenal oleh banyak orang sebagai salah satu makanan dari India, sebenarnya biryani merupakan hasil pengaruh dari wilayah Timur Tengah dimana racikan biryani modern terinspirasi dari resep Kerajaan Mughal. Racikan biryani di India bisa berbeda-beda tergantung areanya, tetapi bahan dasarnya sama saja yaitu nasi dimasak dalam beragam bumbu lalu ditambah sayuran dan daging sapi, ayam, kambing dan domba muda. Ada juga versi yang agak manis-manis gurih karena diberi tambahan cincangan kurma, apel, jeruk dan nanas. Nasi biryani tersedia di berbagai restoran India atau Timur Tengah. Anda bisa menemukannya di Al Jazeera Signature Restaurant di Menteng atau Awtar Shisha Lounge Restaurant di Jakarta Selatan.

3/ Panipuri

Kalau di Indonesia terkenal dengan beragam jenis gorengan sebagai jajanan jalanan, maka primadona di India adalah panipuri. Makanan ini adalah sejenis roti renyah yang berbentuk bulat-bulat berukuran mini yang dimakan bersama dengan sejenis lauk pendamping yaitu saos beraroma yang di dalamnya terdapat kentang berbumbu, bawang, kacang-kacangan dan chutney (semacam saos bercita rasa asam manis). Cara menyantap panipuri cukup unik, pertama-tama bagian atas roti dilubangi dengan jari telunjuk lalu campuran saos dengan pasta selanjutnya dimasukkan melalui lubang tersebut dan anda tinggal memakannya. Panipuri tidak hanya terkenal di India saja tetapi tersedia di restoran-restoran yang ada di Nepal, Bangladesh dan Pakistan. Untuk bisa menyantap beberapa butir panipuri yang enak ini di Indonesia maka silahkan anda mengunjungi India Ek Sanskriti Restaurant di Jakarta Tengah dan Bali atau menemukannya di D’Bollywood Plaza Festival Mall di Jakarta Selatan.

4/ Naan

Makanan yang keempat ini memiliki usia yang sudah sangat tua yaitu namanya naan. Sejarah roti pipih ini berasal dari Mesopotamia lalu berlanjut ke wilayah Mesir Kuno dan sekarang menjadi salah satu bagian terpenting dari kuliner Asia Selatan terutama di India dan Timur Tengah. Salah satu versi naan yang paling terkenal adalah berasal dari daerah Punjab yang dimasak bersama dengan mentega khas India dan pasta bawang putih. Naan biasanya disantap sebagai hidangan pembuka bersama dengan sup kacang kental yang gurih. Atau biasa dimakan dengan sayuran ditumis dan pasta daging berbumbu. Anda bisa mencicipi naan di berbagai restoran India di seluruh dunia karena makanan ini sifatnya umum sehingga seluruh dunia mengenalnya. Di daerah Kuningan silahkan mampir ke The Royal Kitchen atau di Jakarta Pusat bisa makan siang di Queen’s Tandoor.

5/ Ayam Tikka Masala

Sebenarnya masakan yang satu ini bukan dianggap sebagai hidangan asli India. Menurut catatan sejarah, masakan ini berasal dari para koki asal Asia Selatan yang hijrah ke Inggris dan menciptakan sajian khas yang disesuaikan dengan lidah orang lokal. Ayam tikka masala bisa mempunyai beragam jenis kombinasi, tetapi resep dasarnya adalah berupa potongan kecil ayam bakar berbumbu yang dimasak dalam kuah kari kental. Selanjutnya sajian ini bisa dimakan begitu saja atau bersama dengan naan dan nasi putih biryani. Ayam tikka masala bisa anda cicipi di beberapa restoran India otentik di seluruh dunia seperti di Indonesia bisa ditemukan di Ganesha Ek Sanskriti Restaurant yang membuka cabang di seputaran Kota Jakarta dan Bali bahkan tidak hanya menyediakan ayam tikka masala saja tetapi juga paneer tikka masala (keju panggang berbumbu).

6/ Laddu

Jika anda ingin ngemil yang manis-manis maka cobalah laddu yaitu kue manis khas dari India yang berbentuk bulat ukuran sedang terbuat dari tepung kacang-kacangan, gula dan mentega India. Adonan pasta yang kalis kemudian dibentuk menjadi bulatan-bulatan lalu digoreng. Tergantung areanya, ada juga versi yang menggunakan campuran kelapa. Biasanya dijadikan sebagai hidangan penutup, laddu sering menjadi bagian dari upacara-upacara religius atau dalam acara-acara seperti hari kelahiran atau pernikahan. Anda bisa dengan mudah menemukan laddu di restoran-restoran India sebagai hidangan pembuka atau sajian penutup. Di Bali silahkan mengunjungi NU Delhi dan Spice Mantraa Restaurant yang menyediakan laddu terenak di Indonesia.

Selamat menikmati.

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel