Kesalahan Umum Saat Belajar Pemrograman

12 May 2022 13:35 1016 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Keselahan umum yang banyak dilakukan saat sedang belajar pemrograman

Di era nya teknologi saat ini pekerjaan dalam bidang IT banyak dibutuhkan, dan pekerjaan dalam bidang ini juga terbagi menjadi beberapa bagian seperti salah satunya ada programmer. Menjadi seorang programmer bukan perkara mudah banyak sekali hal yang harus dipelajari.

Untuk bisa mempelajari tentang pemrograman kalian harus banyak membaca buku, mencari tutorial, dan mempraktekan nya. Saat kalian sedang belajar tentang pemrograman pasti dari kalian  banyak yang melakukan beberapa kesalahan contoh nya seperti, terlalu banyak melakukan research dan kurang melakukan praktik langsung, Banyak belajar sendiri tapi tidak bertanya atau meminta bantuan orang lain dan banyak lagi. Dan sekarang kita akan membahas tenteang beberapa kesalahan umum yang sering di lakukan saat sedang belajar pemrograman.

  • Terlalu banyak melakukan research dan kurang melakukan praktik

Memang benar untuk bisa mempelajari sebuah Bahasa pemrograman kita harus melakukan research dan melihat berbagai tutorial apa yang ingin kita pelajari. Tapi terlalu banyak melakukan research sehingga kurang melukakan praktik langsung adalah sebuah kesalahan, jika kalian ingin benar-benar memahami apa yang di pelajari harus juga dibarangi dengan praktik nya langsung.

 

  • Terlalu banyak membandingkan diri dengan orang lain

Setiap manusia pasti memiliki kemampuan dalam memahami yang berbeda-beda, ada yang sekali melihat langsung bisa memahami ada juga yang butuh waktu cukup lama untuk bisa memahami apa yang di pelajari. Tapi jangan membuat kalian menjadi berkecil hati dan meyerah karena jika kalian bersungguh-sungguh dalam belajar pasti dapat memahami apa yang dipelajari mesikipun butuh waktu. Memang membandingkan diri dengan orang lain juga memiliki dampak positif jika kalian menjadikan itu sebuah motivasi, tapi telalu banyak membandingkan diri dengan orang lain sehingan membuat kalian rendah diri juga adalah sebuah kesalahan.

 

  • Mempelajari pemrograman seperti belejar ujian/Lebih banyak menghafal daripada memahami

Untuk mengerti sebuah Bahasa pemrograman memang harus menghafal kode-kode yang ada dalam Bahasa pemrograman tersebut. Tapi itu jangan membuat kalian terpaku untuk hanya menghafal banyak perkodean tanpa memahami nya terlebih dahulu. Karena jika memang kalian sudah hafal Teknik perkodean belum tentu kalian akan memhami Bahasa pemrogramannya, tapi jika kalian sudah memahami Bahasa pemrograman dan Teknik perkodeannya otomatis kalian akan hafal kode-kode yang dalam pemrograman dengan sendirinya.

 

  • Banyak belajar sendiri dan malu bertanya atau meminta bantuan pada orang lain

Saat kalian sedang belajar pemrograman pasti ada kalanya kalian menemui kesalahan program contohnya seperti bug atau error, dan tidak dapat menemukan cara untuk mengatasi kesalahan tersebut. Karena itu kalian jangan malu untuk bertanya atau meminta bantuan kepada orang yang lebih senior dalam bidang programming.

Tags

About The Author

MAqsyal 23
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel