Tips Mengatasi Ponsel yang Terserang Hacker

29 Jun 2022 16:15 442 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jika ponsel kalian sudah terlanjur di serang hacke berikut beberapa tips untuk mengatasinya.

Sebelumnya kita sudah membahas tentang tanda-tanda ponsel kita terserang hacker dan juga cara untuk mencegahnya. Tapi bagaimana jika ponsel nya sudah terlanjur terserang oleh hacker, ini adalah beberapa cara untuk mengatasinya.

 

  • Ganti Semua Password yang Ada Pada Ponsel Kalian

 

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi ponsel yang sudah ter-hack adalah dengan sign out dan ganti semua password akun email, sosial media, aplikasi chatting, hingga akun game kalian. Jika kalian juga memiliki aplikasi banking, segera lakukan juga perubahan password dan PIN. Dan perlu diingat juga jangan kalian menggunakan password yang pernah digunakan sebelumnya. Hindari juga menggunakan nama atau tanggal lahir kalian sebagai password.

 

  • Matikan Pengalihan Paggilan

 

Cara yang selanjutnya adalah dengan cara kalian mematikan fitur Call Forwading atau pengalihan panggilan. Mesikpun kalian tidak pernah mengalihkan panggilan, namun pelaku hacker pastinya sudah mengalihkannya sehingga kalian tidak bisa menerima telepon lagi.

 

Untuk mengetahui apakah panggilan telepon kalian sedang disadap atau tidak, kalian bisa menggunakan cara dengan menekan kode USSD *#21#pada panggilan telepon. Setelah itu akan muncul apakah panggilan panggilan telepon dan SMS kalian sedang dialihkan. Bila pengalihan aktif, bisa dipastikan telepon kalian sedang disadap. Untuk bisa memetikan pengalihan panggilan kalian bisa menekan kode USSD ##02#. Setelah dinonaktifkan, segara kalian lakukan perubahan password atau hubungi operator seluler langgan kalian.

 

  • Putuskan Koneksi Ponsel Kalian dari Laptop

 

Jika kalian sering menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk dapat menghubungkan ponsel kalian pada laptop, segera matikan Ketika ponsel kalian terserang hacker. Tujuanya adalah agar hacker tidak bisa lebih jauh mengakses perangkat lain yang terhubung dengan aplikasi pada ponsel kalian. Biasanya yang menjadi sasaran utama pelaku hacker adalah aplikasi WhatsApp. Jika kalian menggunakan WhatsApp Web di laptop segara log out dari website tersebut.

 

  • Lakukan Factory Reset

 

Setelah semua cara yang di atas kalian coba, cara terakhir untuk mengatasi ponsel kalian ter-hack adalah dengan melakukan factory reset, atau atur ulang ponsel ke setelan pabrik. Fitur ini akan menghapus semua data, termasuk aplikasi dan settingan ponsel kalian. Tentu saja aplikasi yang diinstall oleh pelaku hacker juga akan ikut terhapus.

Tags

About The Author

MAqsyal 23
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel