Kenali Jenis-jenis Cyber Crime

6 Jul 2022 13:10 451 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Apakah dari kalian ada yang pernah mengalami cyber crime?

Dengan teknologi yang saat ini sangat berkembang sangat pesat, ancaman dari dunia maya atau lebih dikenal dengan cyber crime pun kian meningkat. Apa itu cyber crime? Cyber crime dapat di artikan sebagai aktivitas criminal yang melibatkan computer, jaringan, dan juga perangkat yang terhubung dalam jaringan. Pelaku cyber crime biasanya menargetkan data pribadi atau data perusahaan untuk dicuri dan dijual Kembali.Sampai saat ini ancaman cyber crime menjadi semakin beragam dan bisa menyerang siapa saja. Dan berikut adalah jenis-jenis ancaman cyber crime yang harus kalian ketahui.

 

  • Cyber Bullying

Kasus bully atau perundungan ternyata tidak hanya bisa terjadi pada dunia nyata saja. Cyber Bullying biasanya terjadi pada sosial media dimana semua orang bebas memberikan opini, baik itu opini yang membangun maupun menjatuhkan orang lain. Dan opini-opini yang menjatuhkan orang lain ini lah yang bisa dinamakan cyber bullying.

 

  • Phishing

Konsep phishing sebernarnya hampir sama dengan fishing atau memancing. Tapi berbedanya ketika fishing yang kita pancing adalah ikan, sedangkan yang di pancing oleh pelaku phishing adalah informasi pribadi korbannya, seperti nama, email, nomer telefon, hingga alamat rumah pribadi.

 

  • Spoofing

Kasus spoofing salah satu yang sering sekali kita temui bahkan dalam kehidupan sehari-hari. Palaku spoofing biasanya akan memperdaya korbannya dengan mengaku sebagai pihak berwenang dan meminta data pribadi yang tidak boleh kita bagikan seperti contohnya pin ATM hingga kode OTP. Jadi kalian harus berhati-hati, jangan sembarangan memberikan data pribadi kalian kepada orang lain walaupun orang yang sudah kalian kenal sekalipun.

 

  • Ransomware

Ransomware ini umumnya terjadi pada perusahaan, dimana para pelaku akan meretas informasi berharga dari perangkat perusahaan dan mengenkripsi kemudian menguncinya. Untuk membuka Kembali informasi tersebut, pelaku akan meminta uang tebusan yang jumlahnya pasti tidak sedikit, atau bisa menjual informasi yang sudah dicuri kepada perusahaan lain.

 

  • CatFishing

CatFishing adalah istilah yang sedang lumayan popular sekarang ini. Arti dari CatFishing ini sendiri sebenarnya adalah penipuan dengan cara membuat identitas palsu. CatFshing ini biasanya seringditemukaan pada dating app atau aplikasi kencan dimana pelaku yang menggunakan foro dan data diri orang lain untuk berinteraksi dengan satu sama lain.

 

 

Dan berikut adalah beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk bisa menghindari cyber crime:

  1. Jangan pernah membagikan data diri kalian pada siapapun.
  2. Jangan sembarangan menekan link dari orang yang tidak dinekali.
  3. Gunakan software yang telah berlisensi, usahakan jangan gunakan cracker.
  4. Gunakan dua factor authentication
  5. Pilih hosting website yang aman dan terpecaya.
Tags

About The Author

MAqsyal 22
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel