Tips Mencegah Ponsel Kalian Ter-Hack

4 Jul 2022 13:45 273 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Mencegah pastinya lebih baik daripada mengatasi.

Jika sebelumnya kita sudah membahas tanda-tanda ponsel kalian terserang hacker, sekarang kita akan membahas bagaimana cara mencegah ponsel kita ter-hack.Mencegah pastinya lebih baik daripada mengatasi. Untuk bisa mencegah ponsel kalian ter-hack, lakukan beberapa tips berikut ini:

 

  • Aktifkan Two Step Verification atau Keamanan Dua Tahap

Beberapa aplikasi sperti email, chating, sosial media, hingga toko online sudah terseda fasilitas Two Step Verification. Fungsi dari fasilitas ini adalah untuk memberikan keamanan tambahan saat user atau pengguna ingin login masuk pada akun mereka. Setelah memasukan emai dan password, aplikasi akan mengirim sebuah kode OTP sekali pakai pada nomor ponsel atau email kalian yang sudar terdaftar.

Jika tiba-tiba kalian menerima SMS atau email yang berisikan kode OTP saat kalian sedang tidak login, kemunkinan akun kalian sedang coba untuk diretas oleh hacker, dan segera lakukan pergantian password pada akun kalian yang terancam di retas.

 

  • Matikan Data Jika Ponsek Sedang Tidak digunakan

Aplikasi pelaku hacker akan berjalan pada latar belakang ponsel kalian. Aplikasi ini akan terus mengirim data dari ponsel kalian pada pelaku melalui internet. Jika kalian sedang tidak menggunakan ponsel segera matikan koneksi internet kalian. Setelah kalian mematikan koneksi internet, cek di daftar aplikasi kalian pada menu setting apakah ada aplikasi aneh yang sedang berjalan di latar belakang ponsel kalian. Metode yang satu ini efektif untuk memutus koneksi aplikasi dan pelaku hacker.

 

  • Jangan Sembarangan Menginsttal Aplikasi

Sebernanya tidak semua aplikasi yang tersedia pada Google Play Store itu aman. Bahkan seringa da aplikasi pada play store di blacklist oleh Google karena mengandung malware berbahaya. Aplikasi yang sudah di susupi malware bisa mengakses hampir semua data pribadi kalian yang tersimpan pada ponsel.

Malware juga bahkan juga bisa mengumplkan data penting kalian dari browser, email, sosial media, dan bahkan aplikasi chatting. Karena itu kalian jangan menginstall aplikasi dari developer yang tidak jelas dan juga jangan menginstall aplikasi dari website asing atau tanpa melalui Google Play Store, untuk mencegah ponsel kalian terkena malware.

 

  • Pasang Aplikasi Anti Malware pada Ponsel Kalian

Kalian bisa mencegah ponsel kalian ter-hack dengan cara menginstall aplikasi anti virus atau anti malware. Aplikasi ini bisa mendeteksi malware dan segera menghapusnya. Walapun biasanya smartphone sudah memiliki system keamanan sendiri, akan lebih baik jika kalian menambahnya dengan aplikasi anti malware khusus untuk smartphone.

Tags

About The Author

MAqsyal 23
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel