IDE yang Cocok untuk Pemula

5 Jul 2022 13:30 242 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
IDE adalah singkatan dari Integrated Development Environment 

IDE atau singkatan dari Integrated Development Environment adalah suatu program komputer atau aplikasi yang memeiliki beberapa fasilitas yang diperlukan dalam pengembangan sebuah program atau prangkat lunak. Tujuan dari IDE adalah menyediakan semua utilitas yang diperukan dalam membangun suatu program. IDE bisa menjadi code editor, compiler, hingga debugger dalam satu aplikasi.

 

  • Visual Studio Code

Visual Studio Code merupakan IDE yang multifungsional, baik itu untuk pembelajaran atau untuk pengembangan website, semua bisa dilakuakanoplikasi yang satu ini. Ada fitur-fitur yang tersedia dalam visual studio code seperti contonya extension yang dapat membantu kalian ngoding menjadi lebih efisien.

 

  • IntelliJ

Jika kalian ingin belajar Bahasa pemrograman java, tapi bingung IDE apa yang ingin kalian gunakan? Kalian bisa mencoba menggungan IntellijJ Community Edition yang dapat di dapatkan secara gratis. Jika dibandingkan IDE lainnya, pembelajaran java menggungakan IntelliK jauh lebih mudah.

 

  • Code::Blocks

Code::Blocks sangat cocok untuk kalian yang ingin memepelajari tentang fondasi pemrograman seperti algoritma dan struktur data menggunakan Bahasa C. IDE satu ini mirip dengan Dev C++, berbeda dengan Dev C++ IDE ini masih sering di update dan juga compiler nya lebih stabil.

 

  • Android Studio

Lenkap dengan adanya fitur emulator dan juga visual layout editor, Android Studio membuta pengembangan aplikasi untuk android menjadi jauh lebih mudah. IDE yang satu ini mendukung Bahasa pemrograman daman Java, C, C++, Kotlin, dan XML.

 

  • Atom

IDE yang terakhir ini memeiliki fungsionalitas seperti IDE biasa lainnya. Fitur yang memuta Atom special adalah interfacenya yang bisa dikustomisasi, dan integritasinya dengan GitHub yang membuta mengelola git lebih mudah.

 

  • Sublime Text 3

Sublime text adalah salah satu JavaScript editor terbaik. Salah satu code editor yang ringan dan juga fleksibel yang mendukung banyak Bahasa pemrograman dan markup language seperti HTML, CSS, JavaScript, C, Python, dan Bahasa pemrograman lainnya yang popular digunakan. Beberapa fitur yang fitur yang terdapat pada sublime text adalah multiple selections, command pallet, powerfull python API, spil editing, dan banyak lainnya.

 

Di atas adalah beberapa saran IDE bagi pemula untuk belajar pemrograman semoga dapat membantu kalian :) .

 

Tags

About The Author

MAqsyal 22
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel