Cara-Cara Programmer Memperbaik Bug dan Error

28 Apr 2022 13:00 641 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Seorang programmer saat sedang ngoding atau membuat sebuah aplikasi atau webstie pasti sering menemukan sebuah masalah entah itu bug atau error, dan ada kalanya juga sorang programmer tidak bisa menemukan letak permasalahan teresbut atau bisa dibilang juga dengan stack. Ini adalah cara-cara programmer menyelesaikan masalah jika sudah stack tidak bisa menemukan letak permasalahan dalam membuat suatu program.

Menjadi seorang programmer itu tidak lah mudah, pastinya banyak rintangan yang harus kalian bisa atasi jika menjadi seorang programmer. Dan salah satu rintangan yang paling banyak di hadapi seorang progmrammer adalah bug atau error yang membuat suatu website atau aplikasi tidak dapat berfungsi dengan maksimal atau sesuai dengan keiinginan kita.

 

Seorang programmer baik pemula atau yang sudah professional pastinya sering berhadapan dengan masalah bug atau error ini. Bug atau error bisa terjadi dikarenakan semua Bahasa pemrograman memiliki aturan dan struktur kode yang berbeda-beda, bug atau error akan terjadi apaila aturan dalam Bahasa pemrograman tersebut dilanggar secara tidak sengaja.

 

Setiap programmer pasti memiliki berbagai cara untuk bisa mengatasi masalah bug atau error ini, Kita sekarang akan membagikan bagaimana cara-cara seorang programmer mengatasi suatu bug atau error.

 

  • Stack Overflow

 

Cara yang pertama adalah mengunjungi website Stack Overflow. Stack Overflow adalah sebuah website yang berfungsi sebagai sarana tanya jawab, berdiskusi, berkolaborasi, antar programmer di seluruh dunia. Website ini dibuat pada tahun 2008 dan seketika mempu mengalahkan popularitas Expert Exchange, sebagai platform tanya jawab teknologi nomor satu pada saat itu.

 

Tidak peduli pemula maupun yang sudah professional, seorang programmer pasti pernah membuka website Stack Overflow untuk mencari jawaban untuk menyelesaikan masalah bug maupun error. Di website ini programmer dapat menemukan jawaban atas masalah bug atau error yang di dapat maupun melempar masalah yang di alami melalui forum diskusi.

 

  • Google dan Youtube

 

Google maupun youtube adalah dua platform yang sudah sangat melekat dengan kehidupan sehari-hari kita baik itu seorang programmer atau bukan. Dan bagi programmer pemula pasti sering membuka dua platform ini untuk mencari tutorial membuat program yang ingin dipelajarinya.

 

Dan juga cara yang banyak digunakan seorang programmer untuk menyelesaikan masalah bug dan error adalah dengan mengcopy bug atau error tersebut, lalu paste di search box google atau youtube. Cara ini akan sangat efektif bagi kalian yang sudah faham Bahasa inggris, karena kebanyakan tutorial ada dari luar negeri.

 

  • Bertanya di Komunitas

 

Menjadi seorang programmer sebisa mungkin diharuskan untuk bergabung minimal di satu komunitas programmer. Dengan bergabung pada suatu komunitas seorang programmer dapat berdiskusi, sharing, maupun konsultasi sesama programmer melalui grup komunitas.

 

  • Tanya Mentor atau yang Lebih Senior

 

Salah satu skill paling penting yang harus dimiliki programmer adalah komunikasi, penting bagi kita programmer untuk bisa berkomunikasi dengan baik agar dapat mengakrabkan diri dengan banyak orang.

 

Terkadang seseorang harus belajar dari orang lain, disini skill komunikasi sangat dibutuhkan untuk bisa akbarb dengan orang-orang yang lebih senior ada di bidang programming, kalian juga bisa menemukan mentormu dari komunitas yang sering berdiskusi dengan kalian.

Tags

About The Author

MAqsyal 23
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel