Shortcut Visual Studio Code yang Wajib Programmer Pemula Ketahui

21 Apr 2022 13:00 1529 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Shortcut diciptakan untuk memudahkan task atau pekerjaan yang menggunakan komputer.

Apa itu shortcut? Shortcut adalah sebuah fitur dalam komputer untuk pengguna agar memudahkan dalam proses-proses atau Langkah-langkah suatu task atau pekerjaan. Arti dari shortcut sendiri dalam Bahasa Indonesia adalah Short artinya pendek, dan cut artinya memotong. Dengan kata lain adanya shortcut itu sebagai untuk memotong cara yang Panjang dan menghasil kan cara yang pendek

Ada banyak sekali jenis-jenis shortcut yang memiliki fungsi berbeda-beda dalam komputer tapi sekarang kita hanya akan membahas beberapa shortcut yang ada dalam aplikasi Visual Studio Code yang wajib diketahui untuk programmer beserta fungsi nya.

 

  • Ctrl + Shift + T

Shortcut yang satu ini berfungsi untuk membuka Kembali yang sudah kamu tutup. Pasti ada kalanya kalian menutup tab editor secara tidak sengaja atau saat kamu sudah mentup tab editor tersebut dan ingin membuka nya Kembali. Kalian bisa dengan mudah membuka tab editor Kembali tanpa harus mencari file nya lagi hanya dengan menekan tombol Ctrl + Shift + T  tab editor sudah terbuka.

 

  • Alt + Up/Down Arrow

Shortcut yang selanjutnya ini befungsi untuk memindahkan line ke atas atau bawah. Ini memudahkan kalian saat ingin memindahkan 1 baris kodingan kea atas atau ke bawah tanpa harus melakukan cut lalu paste lagi, kalian hanya perlu menekan tombol Alt lalu Up jika ingin memindahkan ke atas atau Down jika ke bawah. Tapi kekurangan dari shortcut satu ini hanya bisa memindahkan baris koding ke atas atau ke bawah saja.

 

  • Ctrl + Shift + K

Befungsi untuk menghapus 1 bari kodingan sekaligus. Dengan shortcut yang satu ini memudahkan kalian untuk menghapus satu baris kodingan secara langsung tanpa harus menekan tombol backspace berali-kali.

 

  • Ctrl + TAB

Dengan shortcut ini kalian dapat berpindah antar tab editor dengan lebih cepat dan mudah tanpa harus menggunakan kursor lagi.

 

  • Ctrl + \

Befungsi untuk split tab editor, atau kalian dapat melihat 2 atau lebih tab sekaligus secara bersamaan dengan shortcut satu ini.

 

  • Alt + Shift + Up/Down Arrow

Berfungsi untuk Copy paste, dengan shortcut ini kalian tidak perlu lagi melakukan select pada kodingan dan bisa langsung melakukan copy paste. Sama sperti di atas kekurangan shortcut satuhanya bisa meng-copy paste ke atas atau ke bawah saja.

 

  • Ctrl + Alt + Up/Down Arrow

Dan shortcut tarakhir ini berfungsi untuk menambahkan kursor ke atas/bawah. Dengan menambahkan kursor keatas/kebawah, kalian dapat menulis kata yang sama di baris atas/bawah secara bersamaan.

Tags

About The Author

MAqsyal 22
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel