Pentingnya Belajar Algoritma bagi Programmer

18 Apr 2022 15:00 819 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Algortima tidak hanya penting dalam dunia pemrograman saja, algoritma juga sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari

Apa itu algoritma?

Algoritma adalah prosedur atau Langkah-langkah untuk memecahkan atau menyelesaikan suatu masalah yang disusun secara berurutan. Dalam menyelesaikan suatu masalah tentu ada Langkah-langkah yang harus kita ikuti, seperti saat kita ingin menggunkan computer kita harus menyalakan komputernya dulu untuk bisa menggunakannya.

Perkembangan teknologi yang pesat saat ini tidak akan terjadi jika tidak adanya algoritma contoh nya saja seperti computer, Komputer saat ini dapat melakukan  perhitungan lebih cepat dibandingkan manusia pada umumnya, tapi tanpa adanya algoritma yang di tanamkan pada suatu program computer tersebut bahkan tidak akan bisa menyelesaikan perhitungannya.

 

Sedikit sejarah tentang Algoritma

Kata algortima berasal dari nama seorang penulis buku, yakni Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khwarizmi yang berasal dari Uzbekistan, orang-orang barat banyak meyebut Ak-Khwarizmi dengan algorism. Al-Khwarizmi menulis sebua buku dengan judul Al-Jabar wal-Muqabala yang artinya adalah ‘Buku pemugaran dan pengurangan’ (The Bool of Restoration and Rduction). Dari judul buku tersebut kita juga mengenal kata Al-Jabar.

 

Mengapa kita harus belajar algoritma?

Seperti yang dituliskan di atas algoritma sangat berperan dalam berkembangnya teknologi saat ini begitu juga dalam dunia pemrograman yang tidak bisa lepas dari algoritma. Jadi jika kalian ingin menjadi seorang programmer kalian sangat wajib untuk belajar tentang algoritma, karena mempelajari algoritma memiliki banyak manfaat seperti contohnya:

 

  • Meningkatkan logika berfikir

Dalam membuat sebuah program seorangprogrammer akan banyak menemukan masalah-masalah contohnya seperti error yang memerlukan logika untuk menyelesaikannya. Panggunaan algoritma atau logika yang salah tentunya dapat berakibat fatal pada suatu program karena dapat menyebabkan logical error atau kesalahan logika yang menjadi salah satu jenis error yang sulit untuk di deteksi.

 

  • Mengembangkan cara berpikir yang sistematis

Manfaat belajar algoritma yang berikutnya adalah membantu kita berfikir secara sistematis, karena algoritma harus dibuat secara urut dan sistematis, begitu juga denga membuat suatu program. Seorang programmer harus membuat baris-baris kode yang terstruktur rapi dan tidak boleh terbolak-balik penyusunannya, agar program yang kita buat dapat berjalan baik dan tanpa masalah. Selain agar program berjalan dengan baik penyusunan yang rapi juga membuat nyaman untuk dibaca dan lebih mudah mendeteksi jika ada kesalahan.

 

  • Memperjatam kemampuan analisis

Ketika kita sedang membuat suatu program website atau aplikasi pasti sering terjadi masalah-masalah seperti error saat ingin menjalankannya. Jika terjadi error tentunya kita harus memperbaiki error tersebut agar program tersebut dapat berjalan, caranya dengan mengecek ulang kode-kode program yang kita di buat,dan untuk mengecek kode-kode tersebut seorang programmer harus memiliki kemampuan analisis yang baik agar dapat menemukan dimana letak kesalahannya.

 

  • Meningkatkan efisiensi

Banyak cara yang dapat digunakan oleh programmer untuk menyelesaikan suatu masalah. Namun kadang cara yang digunakan Sebagian programmer tidaklah efisien. Dan tujuan utama algoritma adalah untuk membantu kita meyelesaikansebuah masalah, bahkan kita dapat memprediksi masalah yang akan muncul dan cara mengatasinya.

Tags

About The Author

MAqsyal 23
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel