Beberapa Tokoh yang Berpengaruh dalam Berkembangnya Teknologi

14 Apr 2022 15:00 573 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Saat ini kita sedang menikmati banyak nya perangkat teknologi, tentunya tidak bisa lepas dari jasa beberapa tokoh-tokoh yang berada di balik berkembangnya teklonogi itu, berikut beberaoa tokoh yang sangat berpengaruh dalam berkembangnya teknologi

Pesatnya perkembangan teknologi saat ini, sekarang kita berada pada eranya semua orang bergantung pada tekonlogi. Tentu saja berkembangnya teknologi saat ini tidak bisa datang begitu saja, berkembangnya teknologi merupakan jasa dari beberapa orang yang bereksperimen hingga berhasil menciptakan terobosan besar dalam teknologi.

Saat ini kita sedang menikmati kegunaan dari teknologi-teknologi saat ini adalah hasil dari kerja keras beberapa orang yang berhasil menciptakan taknologi yang terus dimanfaat oleh kita saat ini. Tapi tahukan kalian siapakah tokoh dibalik berkembangnya teknologi saat ini, mari kita mengenal beberapa tokoh yang sangat berperan pada perkembangan teknologi.

 

  • Martin Cooper

Tentunya kita semua tau apa itu telepon genggam, telepon genggam bisa dibilang menjadi suatu kebutuhan oleh banyak orang saat ini baik itu untuk komunikasi atau browsing. dan penemu telepon genggam yang banyak dinikmati semua orang ini adalah adalah Martin Cooper.

Martin Cooperl sendiri merupakan pimpinan sekaligus tim insyinyur Motorola yang mengembangkan telepon genggam, pada tahun 1970 Jhon F Mitchell selaku kepala insinyur proyek komunikasi portable Motorola memberikan tanggung jawab pada Martin Cooper yang bekerja di divisi telepon mobil untuk mengembangkan telepon seluler, karena pada saat itu telepon belum bisa dibawa kemana-mana.

Pada saat itu Jhon Mitchell dan Martin Cooper membayangkan suatu perangkat komunikasi yang bisa dibawa kemana-mana, dibutuhkan waktu 3 bulan pada tahun 1972 untuk membuat prototype pertama hasil dari ide tersebut. Kemudian Martin Cooper di tetapkan sebagai penemu telepon genggam pertama setelah diluncurkannya telepon genggam pertama pada tanggal 3 April tahun 1973.

 

  • Charles Babbage

Komputer menjadi salah satu perangkat paling banyak digunakan untuk saat ini, karena komputer, banyak aktivitas terasa lebih mudah bila menggunakan komputer.Charles babbage adalah tokoh dibalik penemuan komputer ini.

Charles marupakan seorang matematikawan asal inggris, pada tahun 1816 beliau terpilih sebagai anggota royal society dan menjadi petiggi astronomoniical society pada tahun 1820. Pada masa itu Charles Babbage mulai tertarik ada mesin hitung, dimasa itu juga perhitungan dengan menggunakan table matematika sering mengalami kesalahan. Babbage memliki tujuan untuk mengembangkan cara melakukan perhitungan secara mekanik, sehingga dapat mengurangi kesalahan pada perhitungan yang sering dilakukan oleh manusia

Gagasan awal tentang mesin Babbage ditulis dalam bentuk surat yang ditulisnya kepada Masyarakat Astronomi kerajaan dengan judul "Note on the application of machinery to the computation of astronomical and mathematical tables" pada 14 juni 1822, yang sekalgus menjadilandasan munculnya komputer. Yang kemudian pada tahun 1937menggerakan Howard H Aiken yang juga sedang menceboa untuk menyelesaikan rancangan mesin komputer. Tahun 1944 Aiken bekerja sama dengan IBM mampu meciptakan Mark I yang merupakan komputer pertama.

 

  • Alan Turing

Jauh sebelum hadirnya Bill Gates ada seorang ilmuan besar yang tidak begitu dikenal oleh banyak orang Bernama Alan Turing atau juga dikenal sebagai bapak komputer modern.

Dengan nama lengkap Alan Mathison Turing adalah seorang peneliti matematika dan komputer sekaligus juga pahlawan perang inggris. Pada usia dini Turing sudah menunjukan kemampuan luar biasanya dalam bidang matematika dan sains. Tahun 1936 Turing melanjutkan studinya ke Universitas Princeton di Amerika Serikat dan kemudian Kembali lagi ke Inggris pada tahun 1938. Di sana Turing bekerja secara rahasia sebagai tenaga paruh waktu untuk Departemen Kriptoanalisis Inggris, Kode Pemerintah, dan Sekolah Cypher.

Saat Perang Dunia II pecah,Turing bekerja penuh waktu di kantor pusatnya Bletchley Park. Pada saat itu Turing memiliki peranan penting dalam menguraikan pesan yang dienkripsi oleh mesin enigma Jerman, yang menyediakan data inteljen penting bagi sekutu. Turing membantu pihak sekutu memenangkan perang karena berhasil menemukan mesin yang dapat membongkat kode rahasia NAZI.

Seusai perang dunia II, Turing mulai mengembangkan sebuah mesin yang mampu secara logis mengolah informasi. Ia juga mengembangkan sebuah mesin yang membantu untuk membentuk dasar-dasar dari bidang kecerdasan buatan atau Artificial Intellegence.

Tags

About The Author

MAqsyal 24
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel