Fakta Tentang Penyakit Jantung dan Tanaman Herbal yang Berfungsi Juga Sebagai Obat Tradisional

10 Mar 2022 20:25 8212 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Fakta Tentang Penyakit Jantung Dan Tanaman Herbal Yang Bisa Berfungsi Sebagai Obat Tradisional

Menurut catatan WHO menjelaskan bahwa penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di suatu wilayah dimana hampir setiap tahun tingkat kematian yang muncul adalah mencapai 17,9 juta jiwa. Ada banyak metode pengobatan untuk penyakit yang satu ini seperti mengkonsumsi obat-obatan, melakukan prosedur bedah hingga mengkonsumsi beberapa jenis tanaman herbal. Tanaman herbal tidak hanya bisa mengobati penyakit saja tetapi juga diketahui ampuh untuk mencegah penyakit dan menjaga kesehatan tubuh.

Gejala Yang Muncul

Gejala umum yang dialami oleh penderita bisa saja berbeda-beda tergantung dari penyebab atau penyakitnya. Gejala penyakit jantung bisa saja tidak ada atau kadang-kadang tidak terasa namun akan mulai terasa ketika penyakit tersebut sudah cukup parah. Beberapa gejala yang dirasakan oleh penderita adalah nyeri dada, sesak napas, lemas, mati rasa, detak jantung berpacu, pusing, mual, pembengkakan, mudah lelah hingga pingsan.

Penyebab Sakit Jantung

Sama seperti gejala yang dimunculkan, penyebab penyakit jantung berbeda-beda tergantung dengan jenis penyakitnya. Beberapa penyebab dari penyakit jantung adalah diabetes, merokok, penyalahgunaan narkoba, penyakit arteri koroner, tekanan darah tinggi, mengkonsumsi obat bebas tanpa resep dokter, cacat jantung, mengkonsumsi alkohol dan kefein secara berlebihan. Adapun infeksi jantung pada umumnya disebabkan oleh bakteri, parasit atau virus. Pada sejumlah kondisi, penyakit jantung bisa dicegah dengan cara mengkonsumsi makanan bergizi atau berolahraga secara rutin.

Faktor Resiko

Faktor risiko yang dapat mengembangkan penyakit jantung antara lain sebagai berikut :

  • Faktor usia. Dimana semakin bertambahnya usia maka akan semakin tinggi risiko seseorang terkena penyakit jantung seperti arteri rusak atau menyempit serta otot jantung yang melemah atau menebal.
  • Riwayat keluarga. Keluarga yang memiliki penyakit jantung bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung pada keturunannya jika orang tua yang terserang adalah pada usia dini yaitu sebelum umur 55 tahun bagi pria baik itu ayah atau saudara dan sebelum 65 tahun  bagi wanita.
  • Obesitas. Kegemukan atau obesitas bisa meningkatkan risiko penyakit jantung atau penyakit yang lainnya. Ini dikarenakan lemak ketika obesitas bisa menumpuk di pembuluh darah dan menyebabkan kadar kolesterol meningkat.
  • Tidak merawat gigi. Kurang dalam perawatan gigi adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh masing-masing orang karena gigi memegang peranan yang sangat penting. Disarankan untuk rajin membersihkan gigi dan gusi serta lakukan pemeriksaan gigi secara teratur. Ini tidak hanya berdampak pada gigi melainkan juga kesehatan jantung. Jika gusi dan gigi tidak sehat maka kuman bisa saja masuk ke aliran darah dan berlanjut ke jantung. Ini bisa menyebabkan endokarditis.
  • Kadar kolesterol tinggi. Kadar kolesterol tinggi bisa berkontribusi pada perkembangan penyakit jantung.

Pengobatan Yang Dilakukan

Ada berbagai cara untuk pengobatan penyakit jantung. Dokter bisa saja membuat resep obat penyakit jantung seperti heparin, captopril, losartan, amlodipine, bisoprolol, aspirin dan lain sebagainya. Jika kondisi berat maka tim dokter akan melakukan prosedur bedah. Sebagai contohnya adalah jika arteri pasien sudah tertutup baik itu sebagian atau sepenuhnya maka dokter akan memasang ring atau stent ke dalam arteri agar aliran darah kembali normal. Juga melakukan operasi bypass jantung yang merupakan pencangkokan pembuluh darah agar darah bisa mengalir ke pembuluh darah baru. Sebagai upaya pencegahan memburuknya kondisi penyakit jantung anda, maka disarankan untuk menjalani pola hidup sehat. Bisa dimulai dengan olahraga ringan selama beberapa menit, mengkonsumsi makanan rendah lemak hingga mengkonsumsi tanaman herbal. Dalam hal ini tanaman herbal bisa membantu mengatasi penyakit jantung.

Tanaman Herbal Sebagai Obat

Tanaman herbal merupakan salah satu jenis tanaman yang di dalamnya mengandung senyawa atau zat aktif yang bermanfaat untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Ada banyak sekali tanaman herbal yang bisa ditemukan dengan cara mudah dan murah. Beberapa pemanfaatan tanaman herbal adalah jamu, obat, bahan masakan, camilan, teh hingga minyak esensial. Anda bisa menanamnya di sekitaran rumah atau biasa disebut sebagai taman toga / tanaman obat keluarga. Beberapa jenis tumbuhan herbal memang seringkali disebut sebagai tanaman obat sehingga dalam perkembangannya dimasukkan sebagai salah satu bentuk dari pengobatan alami atau pengobatan alternatif. Manfaat tanaman herbal tidak hanya sebagai obat alami saja melainkan untuk mencegah dan melakukan pengontrolan. Mengkonsumsi tanaman herbal hampir tidak mempunyai efek samping yang serius selama dikonsumsi dengan cara yang benar.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel