15 Jenis Ikan Cupang Tercantik Ddi Indonesia Bisa Anda Pelihara dalam Aquarium Pribadi

26 Jan 2022 13:40 3195 Hits 3 Comments Approved by Plimbi

15 Jenis Ikan Cupang Tercantik Di Indonesia Bisa Anda Pelihara Dalam Aquarium Pribadi

 

Apakah anda sedang mencari dan mengumpulkan hewan-hewan peliharaan sebagai salah satu aktivitas penyaluran hobi di rumah ? Mungkin jawabannya adalah anda harus memiliki beberapa jenis ikan hias bernama ikan cupang untuk solusinya. Ikan cupang adalah salah satu jenis ikan hias yang mudah dalam memeliharanya sehingga banyak diburu oleh pengkoleksi ikan hias dimana disamping dijadikan hobi juga memelihara ikan cupang bisa membantu anda menghilangkan stres. Jika anda merasa tertarik untuk membeli ikan cupang, yuk simal beberapa jenis ikan cupang tersebut di bawah ini untuk dijadikan sebagai rekomendasi yang bisa anda jadikan sebagai pilihan di pasaran ikan hias.

1/ Jenis ikan cupang HMPK dalam balutan gaun kuning keemasan

Yang pertama adalah jenis ikan cupang dengan nama HMPK dalam balutan gaun / sisik kuning keemasan dimana nama ikan cupang ini berasal dari singkatan hasil perkembangbiakan antara cupang Halfmoon dengan cupang Plakat menghasilkan varian baru yaitu HMPK yang termasuk ke dalam jenis ikan cupang aduan sehingga jika dimanfaatkan sebagai ikan hias di aquarium harus diletakkan sendiri tanpa teman. 

2/ Jenis Halfmoon bergaun warna orange yang cantik

Yang kedua adalah sesuai dengan namanya yaitu jenis Halfmoon bergaun / bersisik warna prange yang cantik ini mempunyai bentuk sirip dan ekor seolah-olah menyatu dan terlihat seperti membentuk setengah lingkaran. Terlihat semakin mempesona.

3/ Jenis Crown Tail / Cupang Serit dalam balutan gaun warna-warni nan menawan

Jenis ikan cupang yang ketiga adalah bernama Crown Tail / Cupang Serit dalam balutan gaun / sirip warna-warni nan menawan sehingga sangat tepat dinamakan Crown Tail atau ekor mahkota yang sesuai dengan namanya yaitu memiliki ekor yang membentuk seperti mahkota ketika dibalik. Ikan cupang yang satu ini tergolong ke dalam jenis ikan cupang mahal karena cukup langka ditemukan di alam liar. Juga termasuk ikan hias aduan sehingga harus diletakkan terpisah sendirian di dalam aquarium.

4/ Jenis Cupang Sawah yang sederhana dalam balutan gaun berwarna silver

Jenis yang keempat adalah Cupang Sawah yang termasuk ke dalam salah satu jenis ikan cupang liar terbanyak ditemukan di alam liar. Namun keberadaan ikan ini rata-rata jauh dari jangkauan manusia biasa kecuali para nelayanlah yang bisa melihat habitat aslinya di alam bebas sehingga tetap saja di pasaran memiliki harga jual yang lumayan mahal. Jika ukuran ikan semakin besar dan bagus dalam hal gaun dan warna maka nilai jual ikan ini menjadi berlipat ganda.

5/ Jenis Paradise / Marcopodus Opercularis dalam gaun berwarna-warni ceria

Jenis yang kelima adalah Cupang Paradise yang banyak ditemukan di daerah perairan sungai-sungai besar di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Ciri yang paling menonjol dari ikan cupang yang satu ini adalah bagian ekornya memiliki cabang yang berumbai ibarat gaun pesta, sangat menarik dalam warna-warni yang ceria.

6/ Jenis Double Tail Maroon Purple, jenis ikan cupang yang langka

Jenia yang keenam adalah Cupang Double Tail yang mempunyai ekor bercabang dua sama besar terlihat sangat indah karena siripnya yang lembut dan lebar ibarat gaun pesta seorang bidadari tetapi jenis yang satu ini memiliki kekurangan yaitu sangat sulit untuk dikembangkan. Inilah yang menyebabkan jenis ini termasuk langka di dunia.

7/ Jenis si lincah Sarawak Hitam nan menawan dalam balutan gaun black colour

Jenis yang ketujuh adalah Cupang Sarawak merupakan salah satu jenis ikan cupang yang paling mudah melakukan adaptasi dengan alam sekitar sarangnya bahkan pada tempat-tempat baru seperti di dalam aquarium. Ia mampu hidup di dalam air bertekanan tinggi.

8/ Jenis Fancy bergaun ala putri bangsawan

Jenis yang kedelapan adalah Cupang Fancy yang terkenal mempunyai warna sirip dan sisik dalam warna-warni yang cantik ala gaun seorang putrid bangsawan. Anda bisa melihat kombinasi warna pada tubuh, sirip dan ekornya. Cocok difungsikan sebagai ikan hias di dalam aquarium pribadi di rumah anda.

9/ Jenis Cupang Emas Kuning yang menarik

Jenis kesembilan adalah seperti namanya, Cupang Emas Kuning yang menarik ini mempunyai nama lain yang lebih populer yaitu Betta Unimaculata menyimpan warna kuning keemasan yang berkilau jika terkena sinar matahari di dalam air ketika berenang. Banyak ditemukan secara liar di air sawah, sungai dan air berawa.

10/ Jenis Veil Tail yang bergaun full colour warna-warni di bagian ekor

Jenis kesepuluh adalah bernama Veil Tail yang bergaun full colour warna-warni di bagian ekor sehingga inilah ikan cupang yang memiliki ekor paling elegan di antara sesamanya dan ekor inilah yang menjadikan Veil Tail terkenal di antara para pengkoleksi ikan hias .

11/ Jenis Coccina atau Cupang Belgi Bangkok bergaun orange perak marun

Jenis yang kesebelas adalah Cupang Coccina atau yang mempunyai nama terkenal adalah Belgi Bangkok mempunyai bentuk tubuh yang sangat khas dengan balutan sisik dan sirip dalam warna-warna yang menarik. Yang paling menonjol adalah warna merah pastinya dapat membuat tampilan aquarium di dalam ruangan anda menjadi semakin cerah dan menarik.

12/ Si cantik Cupang Slayer dalam balutan gaun pesta biru kekuningan silver

Ini adalah jenis ikan cupang keduabelas yang diberi nama Cupang Slayer dalam balutan gaun pesta berwarna biru kekuningan dan silver yang menjadi favorit banyak orang. Bagaimana tidak ? Ikan cupang ini mempunyai bentuk ekor dan sirip yang sangat indah dengan menonjolkan warna-warna terang pada bagian tubuhnya yang membuatnya menjadi semakin menarik.

13/ Jenis Cupang Plakat bak ikan mas koki

Jenis ikan cupang yang ketigabelas adalah Cupang Plakat dikenal sebagai jenis ikan hias aduan yang hanya boleh dipelihara seorang diri di dalam aquarium. Sekilas pandang ikan ini mirip sekali dengan ikan mas koki namun bentuknya yang berbeda yaitu ikan cupang memiliki bentuk tubuh memanjang dengan menonjolkan warna yang membalut tubuhnya sangat cantik dan cerah menyebabkan banyak orang suka memeliharanya sebagai ikan hias. Ciri yang bisa digunakan sebagai tanda untuk ikan cupang ini adalah terletak pada motif siripnya yang tegas.

14/ Jenis Spade Tail yang berekor lancip full black colour

Jenis yang keempat belas adalah Spade Tail yang berekor lancip full black colour termasuk salah satu jenis ikan cupang yang memiliki banyak keunikan dari sisi bentuk dan warna gaun yang dimiliki. Bentuk yang menonjol adalah pada ekornya yaitu melancip berbeda dengan jenis ikan cupang yang lainnya. Namun sayang sekali saat ini jenis yang satu ini sudah termasuk ke dalam kelompok ikan hias langka.

15/ Jenis Surga Silver Lady’s

Jenis yang terakhir adalah Cupang Surga yang terbanyak ditemukan di Asia Tenggara seperti di beberapa daerah di Indonesia yaitu Sumatera, Jawa dan Bali. Ikan ini termasuk cupang liar yang saat ini sudah semakin sulit ditemukan di alam bebas sehingga harganya tergolong mahal.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel