TEKAD YANG KUAT & BERMENTAL BERANI MAJU

8 Dec 2021 14:26 900 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Kunci Sukses Pendiri AQUA Tirto Utomo (alm)

Kita semua pasti tahu Aqua, air kemasan pertama di Indonesia yang super legend sehingga diantara kita mungkin bila hendak membeli air kemasan merk apa pun kadang menyebutnya Aqua saja.

Nah, berikut sekilas kisah inspiratif dari Tirto Utomo (alm) sebagai pendiri (founder) Aqua yang semoga memberi kita pelajaran hidup berharga.

 

TEKAD YANG KUAT DAN KEBERANIAN TINGGI 

Berdasarkan informasi Wikipedia, Tirto Utomo (alm) adalah warga asli Indonesia dari Wonosobo, Jawa Tengah, Ia merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Beliau lahir pada tahun 1930 dan wafat tahun 1994 di usia 64 tahun. Awalnya Tirto Utomo adalah karyawan mapan di Pertamina, namun dengan tekad yang kuat dan berani memandang peluang bisnis, Ia keluar dari pekerjaanya pada saat itu dan memilih membuka usaha sendiri dengan membuat air minum kemasan dengan pabrik pertamanya di Bekasi. 

 

MENGUASAI VISI-MISI BISNIS DAN TIDAK MUDAH MENYERAH 

Tahun 1974 sampai 1978 adalah masa awal perusahaan Aqua didirikan yang berjalan dalam kondisi sulit. Awalnya orang sinis bahkan menganggap gila dengan ide Tirto Utomo yang menjual air minum kemasan yang harga per botol awalnya sama dengan harga 1 liter bensin Premium saat itu. Sekali lagi dengan daya juang tinggi dan tidak mudah menyerah, Tirto Utomo membuktikan bahwa Ia sangat menguasai misi-visi dari usaha Aquanya itu. Ia tahu kebutuhan pasarnya yaitu bahwa kelak Indonesia akan kekurangan air bersih yang layak untuk di minum. Ia tahu siapa saja potensi pasarnya mulai dari hanya melihat kebutuhan orang-orang asing yang ada di Indonesia, sampai akhirnya Ia menyadari ada pasar lain yang juga tak kalah hebatnya yaitu para supir-supir di terminal beserta para penumpangnya. Luar biasanya lagi adalah Aqua juga sukses di jual di mancanegara. Sejak 1987, produk Aqua telah diekspor ke berbagai negara seperti Singapura, Malaysia, Fillipina, Australia, Timur Tengah, dan Afrika. Akhirnya untuk mengantisipasi persaingan global tahun 1998 perusahaan Aqua menjual sahamnya kepada DANONE - sebuah perusahaan multinasional Perancis. Langkah ini sekaligus menempatkan Aqua sebagai produsen air mineral dalam kemasan yang terbesar di Indonesia dengan label Danone-Aqua.

 

Itulah sekilas kisah sukses dari pendiri Aqua, kesimpulan apa yang bisa kita ambil? 
Yess, 
1. Awali setiap langkah bisnis kita dengan NIAT BAIK & TEKAD YANG KUAT.
2. MEMILIKI KEBERANIAN TINGGI untuk keluar dari zona nyaman hidup sebagai karyawan mapan dan lebih memilih untuk menjadi pengusaha.
3. MENGUASAI VISI-MISI Perusahaan, agar langkah tepat bisa di ambil dalam menghadapi aneka situasi di pasar.
4. BERPRINSIP TIDAK MUDAH MENYERAH adalah salah satu pondasi pertahanan bisnis, ketika badai ujian menghantam usaha yang dijalankan.

Demikian kisah inspiratif kali ini, semoga bermanfaat untuk kita semua dalam menjalani dan mengevaluasi diri kita maupun konsep-konsep bisnis kita. 

 

 

Salam Sukses.., 
- Laksmitha -

Tags motivasi

About The Author

Laksmitha 21
Novice

Laksmitha

Beauty Influencer & Writer. PLEASE FOLLOW : LAKSMITHA PODCAST 💟 Available on : ANCHOR, SPOTIFY , RADIOPUBLIC & BREAKER 💟
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel