Inilah Cara Melakukan Sendiri Detoks Wajah Dengan Teh Hijau Agar Kulit Cetar di Hari Raya Idul Fitri

4 May 2020 15:44 432 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tips alternatif perawatan kesehatan kulit dari luar dan dalam dengan menggunakan teh hijau.

Tidak terasa Hari Raya Idul Fitri akan segera tiba, namun suasana karantina wilayah, WFH, dan PSBB membatasi gerak kita semua terutama para perempuan yang ingin melakukan perawatan kecantikan kulit agar tampil memukau di Hari Lebaran nanti. Disini penulis mencoba berbagi tips alternatif perawatan kesehatan kulit dari luar dan dalam dengan menggunakan teh hijau.

Teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman sehat di berbagai penjuru dunia. Teh hijau berasal dari tanaman Camellia Sinensis yang memiliki daun tidak teroksidasi. Oleh sebab itu, teh hijau memiliki kandungan antioksidan dan polifenol lebih tinggi ketimbang jenis teh lainnya.

Kandungan tersebut dipercaya memberikan manfaat bagi kesehatan dan dapat menangkal dampak buruk dari radikal bebas, serta memberikan efek anti kanker dan anti peradangan.

Teh hijau sudah lama terkenal sebagai jenis teh super sehat. Teh hijau tinggi kandungan zat antioksidan seperti enzim, asam amino, dan polifenol yang bermanfaat untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Teh hijau juga mengandung vitamin B, folat, mangan, potasium, magnesium, dan kafein. Tak heran jika teh hijau kaya manfaat bagi kesehatan.

 

Khasiat Teh Hijau Untuk Kecantikan 

Selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata teh hijau juga memiliki khasiat untuk kecantikan, berikut beberapa diantaranya:

 

1.    Mengatasi Masalah Obesitas

Teh hijau adalah salah satu minuman alami untuk mencegah seseorang dari obesitas atau kelebihan berat badan. Bahkan teh ini baik dikonsumsi bagi Anda yang ingin menerapkan program penurunan berat badan.

Mengonsumsi teh hijau sebelum olahraga, ampuh membakar lemak 17 persen lebih banyak ketimbang tidak minum teh hijau sebelum berolahraga. Teh ini juga terbukti ampuh membasmi lemak abdominal yang tergolong berbahaya lantaran bisa memicu timbulnya berbagai penyakit.

 

2.    Mengatasi Masalah Mata Panda

Kantung mata atau yang lebih sering dikenal mata panda sering membuat seseorang kurang percaya diri. Namun ternyata teh hijau bisa mengatasi masalah tersebut. Teh ini mengandung zat tannin dan antioksidan yang dapat mencerahkan kulit secara menyeluruh.

Penelitian dari Medical College of Georgia pada 2003 menemukan mengonsumsi teh hijau dapat meningkatkan elastisitas kulit wajah dengan efektif, mendetoks racun dan bakteri secara alami, mengatasi inflamasi atau peradangan, bahkan menghilangkan noda luka yang membekas pada kulit wajah.

 

3.    Mengatasi Aneka Masalah Kulit & Sebagai Bahan Detosifikasi Kulit

Teh hijau mengandung senyawa katekin yang dapat mengatasi aneka masalah jenis kulit dan membasmi jerawat. Kandungan ini bersifat anti-bakteri yang berfungsi mengendalikan ketidakseimbangan hormon dan meredakan peradangan penyebab jerawat.

Menurut hasil studi dalam Journal of Investigative Dermatology, teh hijau mengandung epigallocatechin gallate (EGCG) untuk mengatasi jerawat dengan cara memodulasi objek molekuler intraseluler. Maka tak heran jika banyak produk kecantikan atau obat jerawat yang memakai teh hijau sebagai bahan utamanya.

Teh hijau juga bisa kita gunakan untuk mendetoksifikasi kulit secara alami. Cara detoksifikasi wajah ini sebenarnya sangatlah mudah. Kita hanya perlu meluangkan waktu dan menyediakan teh hijau. Ya, dalam artikel ini, penulis akan berbagi informasi tentang cara detoksifikasi wajah dengan menggunakan teh hijau. Teh hijau sejak dulu dikenal mengandung antioksidan yang cukup tinggi sehingga bisa membantu menghilangkan racun-racun dan radikal bebas.

 

Cara Detoksifikasi Kulit Wajah dengan Teh Hijau

Cara mendetoksifikasi kulit wajah dengan teh hijau sangatlah mudah. Ambil teh hijau kemasan celup, satu sendok beras yang telah di tumbuk, dan 1 sendok teh madu. Beras di sini berfungsi sebagai scrub. Selain itu, beras juga dapat membantu mencerahkan serta menghaluskan kulit, sedangkan madu bisa membuat kulit menjadi lebih lembab.

Cara untuk detoksifikasi wajah ini yaitu dengan menyeduh teh hijau dengan sekitar 1/3 gelas, biarkan hingga airnya dingin. Jika air teh sudah dingin, ambil kantung teh hijau, buka kantungnya dan ambil daun tehnya. Simpan pada wadah kemudian campurkan dengan beras tumbuk dan madu. Bersihkan wajah dengan air hangat, kemudian oleskan campuran tadi pada wajah, lakukan seperti menggunakan masker. Jika sudah dioleskan merata di seluruh wajah, biarkan beberapa menit kemudian gosoklah secara perlahan dengan gerakan yang melingkar selama kurang lebih 2 menit. Bilas dengan air hangat kuku, lalu keringkan.

Cara detoksifikasi wajah ini juga bisa dibantu dengan membiasakan diri meminum air perasan lemon hangat di pagi hari sebelum sarapan. Dengan demikian, detoksifikasi dilakukan dari luar dan dari dalam tubuh sehingga membuat detoksifikasi bisa berlangsung dengan optimal. Selain itu, olahraga juga perlu dilakukan secara rutin dan hindari penggunaan kosmetik secara berlebihan.

Demikianlah informasi tentang cara detoksifikasi wajah dengan menggunakan teh hijau. Selain bahannya mudah didapat, pengerjaannya mudah, biaya yang dikeluarkan juga sangat terjangkau. Mari gunakan masa-masa PSBB dan WFH ini dengan cermat, salah satunya dengan menjaga kesehatan kulit dan tubuh kita agar penampilan tetap cetar walaupun di rumah saja. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua  yang sedang mencari informasi untuk melakukan detoksifikasi wajah di rumah. Selamat mencoba dan selamat menjadi cantik alami.

About The Author

Laksmitha 14
Novice

Laksmitha

Beauty Influencer & Writer. PLEASE FOLLOW : LAKSMITHA PODCAST ­čĺč Available on : ANCHOR, SPOTIFY , RADIOPUBLIC & BREAKER ­čĺč

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel