Inspirasi Kerja Keras Pendiri KFC yang Meraih Sukses Saat Usia 70 Tahun

20 Dec 2021 13:07 635 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Percayalah bahwa kerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil.

Restoran fast food asal Amerika Serikat dengan produk viralnya ayam goreng yang dilumuri tepung bumbu spesial gurih dan renyah Kentucky Fried Chicken alias KFC telah tersebar di seluruh dunia. Diperkirakan setiap harinya, ayam goreng KFC ini bisa dinikmati lebih dari satu miliar orang, kita pun tentu menyukainya juga, iya kan? 

Nah, KFC ini ternyata didirikan oleh seorang laki-laki bermental baja yang bernama Harland Sanders. Seperti di lansir oleh Biografiku.com, Harland Sanders lahir di Indiana, Amerika pada 9 September 1890 dan wafat di usia 90 tahun, yaitu pada tahun 1980 lalu dimakamkan di Louisville. Diketahui bahwa sedari kecil Harland Sanders adalah penyuka ayam goreng dan gemar memasak, hingga tidak jarang ia pun sering membantu istrinya memasak. Begitu pun proses diketemukannya resep KFC ini adalah ketika ia fokus membantu istrinya melakukan uji-coba cara memasak ayam goreng yang menghasilkan cita rasa luar biasa harum serta kering dan renyah ketika dimakan. 

Sebelum Harland Sanders sukses berbisnis KFC, awalnya ia hanya bekerja sebagai kuli, buruh tani, tukang parkir, dan sempat masuk menjadi pasukan tentara angkatan darat lalu di kirim ke KUBA hingga pensiun dengan nilai yang sangat kecil. Setelah itu, ia melanjutkan hidupnya dengan aneka profesi, antara lain pernah menjadi pemadam kebakaran, penjual asuransi dan bahkan pernah menjadi pengacara. Namun semua profesi itu belum memberikan kehidupan yang layak bagi Harland Sanders. Sampai akhirnya pada tahun 1929 ia memutuskan untuk membuka stand pompa bensin dan bengkel servis mobil di daerah Kentucky.

Awal kisah Harland Sanders merintis usaha restorannya adalah ketika seorang penjual asongan mengatakan langsung padanya bahwa di Kota Kentucky saat itu tidak ada yang membuka rumah makan yang bagus agar siapa pun bisa makan di dalamnya dengan nyaman. Seketika bergejolaklah rasa ingin mendirikan sebuah rumah makan dengan menu andalannya yang cepat saji. Dengan tekad yang kuat maka ia pun mulai menjalankan mimpinya membuka sebuah resto di sebuah ruangan kecil, yaitu menyulap sebuah gudang kecil di belakang bengkelnya menjadi rumah makan yang menjual ayam goreng dan sayur segar. Pada tahun 1930, usahanya semakin berkembang dan akhirnya ia mengikuti sebuah pelatihan tentang manajemen rumah makan dan hotel selama delapan minggu di Universitas Cornell. 

Pada tahun 1949, Harland Sanders menerima pangkat Kolonel dari Gubernur Kentucky berkat keberhasilan bisnisnya di wilayah Kentucky, namun Harland Sanders lebih suka di sebut bisnisman dari pada Kolonel. Sekitar 5 atau 6 tahun kemudian Harland Sanders mengalami bangkrut akibat posisi rumah makannya yang tidak lagi strategis sebagai dampak dari perubahan tata-kota Kentucky. Akhirnya ia menjual rumah makannya dan memiliki hutang banyak. Namun sang kolonel tidak mau menyerah, selanjutnya ia mencoba menjual resep ayam goreng KFC ini ke sebagian besar restoran di Amerika, dalam 2 tahun hanya ada 5 rumah makan yang menerimanya dan sekitar 1000 rumah makan lainnya dengan tegas menolak resep racikan sang kolonel ini. Sekali lagi Harland Sanders tidak mau menyerah, dengan kerja kerasnya akhirnya di usia menginjak 70 tahun tercatatlah ada 200 rumah makan yang menjadi bagian dari usaha franchise KFC di USA dan Kanada

Pada tahun 1986, KFC di beli oleh perusahaan Pepsi Cola dengan harga 840 juta dollar atau setara 11 triliun lebih saat ini. Dengan cara profesional, perusahaan Pepsi Cola pun berhasil terus mengembangkan KFC hingga tahun 1995 total jumlah rumah makan KFC mencapai 9000 gerai dan terus bertumbuh hingga kini yang tersebar di seluruh dunia. 

Sebuah kisah kehidupan luar biasa yang dijalani oleh Kolonel Harland Sanders, dan ia pun mengatakan,

“UNTUK MENJADI SUKSES, KERJA KERAS MENGALAHKAN SEMUA TONIK DAN VITAMIN DI DUNIA”  - Kolonel Harland Sanders.

Tags

About The Author

Laksmitha 19
Novice

Laksmitha

Beauty Influencer & Writer. PLEASE FOLLOW : LAKSMITHA PODCAST 💟 Available on : ANCHOR, SPOTIFY , RADIOPUBLIC & BREAKER 💟

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel