Tips Sukses Mendampingi Anak Belajar di Rumah

15 Jul 2021 13:25 2048 Hits 8 Comments Approved by Plimbi

Tips Sukses Mendampingi Anak Belajar Di Rumah

Musim pandemi saat ini telah memberikan pengalaman baru bagi orang tua dalam mendampingi anak-anak belajar di rumah. Sebenarnya peran orang tua dalam mendidik anak selama ini seharusnya memang demikian, tidak menyerahkan sepenuhnya kepada lembaga pendidikan. Ada beberapa peran yang wajib dilakukan oleh orang tua di rumah guna mendukung prestasi belajar siswa. Dimana pendidikan bukan semata-mata soal nilai akademik saja juga berhubungan dengan keberhasilan pendidikan diukur dari akhlak perilaku yang ditunjukkan oleh anak-anak sehingga peran untuk selalu mendampingi mereka menjadi hal penting untuk diperhatikan dan dilakukan. Bagaimana cara mendampingi anak-anak belajar di rumah yang tepat?

1/ Wajib mengetahui target dan tujuan pembelajaran

Ketika pertama kali mendampingi anak-anak belajar di rumah maka yang perlu anda ketahui adalah target dan tujuan dari materi yang sedang diajarkan kepada mereka. Cara ini akan membantu anda memberi arah pemahaman yang sifatnya lebih mudah kepada anak-anak. Selama ini mungkin anda kurang peduli dengan materi belajar anak namun saat mendampingi di rumah anda wajib paham hal tersebut. Jika anda sudah memahami materi yang ada maka anda akan lebih mudah menjelaskan kepada anak-anak termasuk melihat jika ada soal-soal yang mungkin kurang dipahami oleh mereka.

2/ Menguasai perangkat teknologi yang digunakan

Mendampingi anak-anak belajar di rumah membutuhkan pengetahuan tentang teknologi sebagai sarana utama pembelajaran di rumah. Para orangtua harus menguasainya dan mampu menunjukkan cara penggunaan yang positif tentang perangkat tersebut kepada anak-anak. Apabila orang tua gaptek, maka anak terutama pada usia sekolah dasar tidak akan bisa menggunakan perangkat teknologi untuk pembelajaran secara optimal.

3/ Mampu menciptakan suasana yang menyenangkan

Apakah anda tahu bagi anak-anak belajar di rumah adalah hal yang membosankan ? Menatap layar computer, laptop, atau Hp selama berjam-jam adalah sesuatu yang menyebabkan mereka mudah jenuh. Apalagi karena suasana rumah adalah suasana bermain lalu tiba-tiba diubah menjadi tempat belajar layaknya sebuah sekolah maka sudah pasti anak-anak akan banyak keluhan. Cara untuk menciptakan suasana yang menyenangkan untuk dipakai belajar oleh anak-anak di rumah bisa dilakukan dengan membuat ruangan yang lebih nyaman, unik dan terasa berbeda dari biasanya. Atur ruangan dengan suasana baru yang tidak membosankan. Bisa ditambah dengan alunan musik yang lebih santai ditambah menyediakan ragam cemilan makanan lezat guna mendorong mood anak menjadi semangat dalam belajar.

4/ Mengajarkan anak-anak ilmu bukan menghafal

Mengapa anak-anak merasa cepat sekali bosan belajar, tidak tertarik dengan suatu ilmu dan merasa tidak penting untuk mempelajarinya ? Salah satunya karena mereka kurang tahu maksud penggunaan ilmu tersebut, tidak paham dan seperti tidak butuh sehingga malas semakin menjadi-jadi. Selama masa-masa belajar di rumah, orang tua bisa membantu anak mengatasi hal ini.  Seperti sebenarnya apa sih maksud perhitungan matematika yang sedang mereka pelajari ? Membingungkan dan tidak tahu aplikasinya untuk kehidupan sehari-hari untuk apa ? Nah, dalam hal ini orang tua bisa menjadi guru yang cerdas untuk mengajari anak menggantikan guru formal di sekolah mereka.

5/ Jadilah teman belajar yang asyik bagi anak-anak

Peranan orang tua dalam belajar dari rumah untuk anak-anak bukan seperti guru kedua yang menginstruksikan ini dan itu namun lebih cenderung kepada menjadi teman yang asyik bagi anak-anak. Cara seperti ini dilakukan bukan hanya pada saat suasana pendemi sedang berlangsung namun seharusnya terjadi sehari-hari memang demikian. Apabila orang tua bisa menjadi teman belajar yang asyik bagi anak-anak maka ilmu anak akan menjadi lebih cepat berkembang. Dimana bias jadi anak-anak kesulitan paham di sekolah karena merasa tidak nyaman dengan gurunya maka orang tualah sebagai gantinya.

6/ Membangun motivasi anak dengan cara-cara yang kreatif

Apabila anak-anak anda kurang semangat belajar di sekolah maka biasanya guru yang bijak akan membuat atau menciptakan motivasi belajar yang diharapkan membuat anak kembali bersemangat. Bagaimana jika hal tersebut terjadi di rumah ? Bagaimana cara memotivasi belajar anak di rumah ? Nah sebagai orang tua wajib mampu membuat semacam kompetisi antar anak yang sedang belajar di rumah dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Misalkan saja siapa-siapa yang memiliki nilai paling tinggi, siapa yang bisa terlebih dahulu menyelesaikan tugas, siapa yang belajar tepat waktu dan sebagainya. Lalu berikan hadiah yang sifatnya mendidik pada anak-anak anda yang menarik bagi mereka. Cara pemberian apresiasi ini terlihat sederhana namun cukup dapat membantu anak terdorong untuk tetap belajar meskipun suasana membosankan.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Tips Sukses Mendampingi Anak Belajar Di Rumah’ dirangkum dari beberapa sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca artikel ini.

 

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel