Tips Mengatur Waktu Selama Masa Work From Home

15 Jul 2021 11:10 975 Hits 4 Comments Approved by Plimbi

Tips Mengatur Waktu Selama Masa Work From Home

Bagaimana tips untuk mengatur secara efektif selama masa-masa work from home / WFH ? Mungkin inilah salah satu pertanyaan yang terpopuler bagi mereka yang baru melakukan WFH atau bekerja dari rumah.

Bagi seorang blogger atau freelancer, bekerja dari rumah sudah menjadi hal yang lumrah. Namun bagi mereka yang biasa bekerja di kantor pastilah akan mengalami kesulitan yaitu sulit untuk fokus dalam mengerjakan tugas-tugas seperti biasanya.

Berdasarkan pengalaman yang sudah dilakukan oleh seorang blogger atau freelancer saat bekerja dari mana saja terutama di rumah hampir ada saja resiko yang nyaris tidak bisa dihindari yaitu akan ada banyak gangguan ketika mulai bekerja. Terutama bagi yang baru memaulai WFH, tidak mudah untuk tetap bisa fokus bekerja. Terutama jika bekerja mengejar deadline. Mereka yang kerja dari rumah harus menemukan cara agar bisa fokus menyelesaikan tugasnya dengan baik dan tepat waktu. 

Nah mungkin beberapa tips tersebut di bawah ini akan bermanfaat bagi anda.

Bagaimana Mengatur Waktu Di Masa WFH

Apabila secara kebetulan saat ini anda sedang melakukan work from home / WFH maka anda bisa mengikuti beberapa tips mengatur waktu berikut ini agar bisa memanfaatkan waktu kerja secara produktif.

1/ Menentukan area kerja.

Bagi yang sudah memiliki pengalaman bekerja di rumah tentu pernah bekerja di tempat tidur, meja makan, ruang tamu, atau tempat lainnya di dalam rumah. Ini bisa menjadi kelebihan sekaligus kekurangan bekerja dari rumah. Meskipun yang sebenarnya anda memiliki tempat khusus untuk bekerja yaitu ruang kerja atau di dalam ruang perpustakaan keluarga bisa difungsikan menjadi sebuah ruang seperti kantor kecil yang dilengkapi dengan meja, kursi yang nyaman dan sebuah laptop. Inilah yang pas untuk menyelesaikan tugas-tugas anda.

Saat anda bisa bekerja dari mana saja, maka potensi mendapat gangguan dari sekitar akan menjadi lebih banyak terbuka. Misalnya saat anda bekerja di meja makan, seringkali anggota keluarga lainnya lalu lalang mengajak ngobrol sehingga mengganggu konsentrasi. Atau ketika kerja di tempat tidur tetapi kemudian tanpa sengaja tertidur karena merasa terlalu nyaman dan akhirnya mengantuk.

Ini menjadi gangguan kecil namun bisa sangat berpotensi membuat anda tidak dapat menyelesaikan pekerjaan dengan sempurna. Jadi usahakan untuk bekerja dari ruang kerja agar bisa bekerja dengan kosntrasi dan mengurangi potensi gangguan dari luar. Jika anda memutuskan bekerja dari rumah maka anda harus menemukan ruangan yang nyaman untuk kerja sehingga waktu anda menjadi lebih produktif.

2/ Menyiapkan atau membuat to do list.

Apakah anda sadari jika menghabiskan waktu seharian hanya untuk bermain game menyebabkan tugas sama sekali tidak bisa diselesaikan tepat waktu ? Rata-rata mereka yang kerja dari rumah sering gagal dalam hal time management karena kesulitan memisahkan waktu untuk kerja dan waktu untuk diri sendiri. Nah salah satu cara untuk bisa mengatur waktu dengan efisiensi adalah dengan membuat atau menyiapkan todo list baik itu harian maupun mingguan. Di samping itu, anda juga bisa melakukan penjadwalan seperti teknik pomodoro guna membantu terfokus untuk menyelesaikan pekerjaan selama jangka waktu tertentu.

3/ Hindari bermain media sosial terlalu berlebihan.

Akan menjadi sangat sulit bagi anda menyelesaikan sebuah pekerjaan apabila anda terus-menerus terganggu oleh bunyinotifikasi email atau media sosial. Disarankan tetapkan waktu tertentu untuk menyelesaikan berbagai tugas dan hindari menggunakan gadget selama mengerjakan tugas tersebut. Contohnya adalah dalam sehari anda hanya membaca dan membalas email pada waktu-waktu tertentu saja. Di samping itu, kegiatan bersosial media seperti Twitter atau Facebook hanya boleh anda lakukan sekali-sekali saja dan batasi lama waktunya. Bukalah email selama setengah jam di waktu pagi hari dan setengah jam di siang hari, begitu juga saat membuka Facebook dan Twitter. Batasi waktu saat bermain-main di media sosial karena kegiatan ini bisa menghabiskan banyak waktu tanpa anda sadari. Saat anda sedang mengerjakan tugas-tugas tertentu sebaiknya singkirkan gadget dan hanya memeriksanya di saat-saat tertentu saja.  

4/ Istirahatlah saat anda membutuhkannya.

Tujuan awal seseorang bekerja dari rumah adalah mungkin berbeda-beda antara satu orang dengan orang lain. Ada yang memilih kerja dari rumah dengan harapan agar bisa lebih sering bersama dengan keluarga. Namun ada kondisi buruk yang bisa mempengaruhi anda yaitu seringkali anda memaksakan diri untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan agar bisa segera bermain dengan anak-anak meskipun sudah merasa kelelahan.

Kondisi kelelahan secara fisik ataupun mental akan menyebabkan anda bekerja menjadi kurang optimal. Ini harus sejak dini disadari dimana semakin memaksakan diri bekerja saat tubuh sudah merasa kelelahan maka semakin besar kemungkinan pekerjaan itu lama selesainya atau selesai cepat dengan hasil yang jelek.

Apabila anda merasa butuh istirahat, maka anda harus melakukannya dimana waktu istirahat yang tersedia wajib dimanfaatkan dengan baik. Anda bisa beristirahat dengan cara tidur, jalan-jalan, merenung dan lain sebagainya. Ketika kelelahan anda berkurang maka gangguan dari dalam diri sendiri akan hilang dengan sendirinya atau setidaknya menjadi berkurang.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Tips Mengatur Waktu Selama Masa Work From Home’ yang dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

 

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel