Rahasia Resep Nasi Goreng Menu Andalan yang Disuka Semua

7 Jul 2021 16:00 2206 Hits 3 Comments Approved by Plimbi

Rahasia Resep Nasi Goreng Jadi Menu Andalan Yang Disuka Semua

Yang dimaksudkan dengan nasi goreng di sini adalah salah satu masakan khas Nusantara di Indonesia yang saat ini sudah mendunia. Tentu saja dengan dibarengi perkembangan yang menjadikan nasi gorneg memiliki beragam jenis dan aneka variasi olahan, nasi goreng bisa menjadi salah satu menu andalan utama di restoran anda bahkan bias menjadi menu paling favorit yang selalu dicari pelanggan.

Meskipun terkesan sederhana, sebenarnya bumbu nasi goreng bisa dikreasikan dengan beraneka bahan sehingga akan menghasilkan nasi goreng yang juara. Nah bagaimana resep nasi goreng dan kreasinya tersebut ? Chef Rizqi dari Unilever Food Solutions akan membagikan rahasia dari memilih bahan, meracik bumbu nasi goreng hingga penyajian yang diharapkan mampu menarik para pelanggan.

Beberapa Tips Dan Trik Membuat Nasi Goreng Yang Lezat

1/ Pilihlah beras yang agak pera atau buyar dan berbentuk panjang. Hindari memilih nasi yang pulen. Namun jika yang ada hanya jenis beras pulen saja maka cobalah kurangi komposisi airnya menjadi seperempat dari porsi biasa. 

2/ Pakai nasi yang sudah bersuhu ruangan. Apabila nasi baru matang dan masih mengepul, tunggulah beberapa saat karena jika secara langsung dimasak maka akan menjadi lengket di wajan. 

3/ Pastikan takaran dari bumbu nasi goreng yang sesuai yaitu biasanya ada bawang merah lebih banyak dari bawang putih dan cabe merah. Tambahkan terasi yang sudah dibakar dan ebi jika anda suka. Lalu tumis bumbu agar menjadi lebih awet. Untuk efisiensi waktu pembuatan nasi goreng di restoran, anda bisa meracik bumbu terlebih dahulu dan menyimpannya.

4/ Pastikan komposisi nasi dan bumbu sudah sesuai. Untuk menu sekitar 200 gram nasi, gunakan bumbu sebanyak 1,5 hingga 2 sendok makan. Tambahkan kecap manis guna mempercantik warna nasi goreng namun selalu ingat sesuaikan takarannya.

5/ Pisahkan pemrosesan daging. Apabila anda menginginkan menggunakan daging, proses terlebih dahulu dagingnya secara terpisah. Apalagi jika ingin memakai daging kambing atau sapi, dengan begitu daging akan menjadi lebih empuk. 

6/ Gunakan wajan berbahan baja hitam. Apabila menggunakan wajan Teflon maka biasanya aroma yang enak kurang keluar dari masakan anda. Namun wajan baja hitam memiliki kecenderungan lebih mudah lengket. Nah untuk mengurangi kelengketan, panaskan terlebih dahulu wajan, berikan minyak secukupnya saja dan ratakan, tumis telur kocok hingga menjadi dadar lalu buat orak-arik barulah tumis semua bumbu.

7/ Gunakan kompor dengan pengaturan api yaitu ketika akan menumis bumbu, memasukkan nasi, dan menambahkan kecap gunakan api yang kecil. Kemudian ketika semua sudah tercampur termasuk daging atau seafood maka gunakan api yang besar. 

Beberapa Tips Menambah Keunikan Resep Nasi Goreng

1/ Tambahkan minyak wijen atau kecap asin untuk membuat rasa yang unik. Pakailah setengah takaran margarin guna memberikan aroma wangi pada masakan.

2/ Bisa dengan memodifikasi bumbu nasi goreng agar mendapatkan citarasa lokal dengan menambahkan bumbu rawon atau lamongan. 

3/ Apabila ingin menu sehat maka bisa mengganti nasinya dengan nasi merah. Bisa menambahkan daging tidak berlemak seperti dada ayam tanpa kulit, ikan atau telur jenis rendah kolesterol. 

4/ Bisa menambahkan variasi rasa agar menjadi ciri khas masakan anda. Untuk rasa dan aroma seafood anda bisa menambahkan Knorr Saos Tiram. Jika ingin mendapatkan citarasa perpaduan antara ayam dan bawang putih yang kuat maka tambahkan Knorr Rostip. Untuk yang ingin nasi goreng dengan cita rasa sapi yang lezat maka bisa membubuhkan Knorr bumbu rasa sapi. Ingin variasi lainnya ? Gunakan Knorr bumbu perisa ayam resep tradisional Hongkong guna memberikan citarasa Chinese Food pada nasi goreng anda.

Beberapa Rahasia Menyajikan Nasi Goreng Yang Menarik Pelanggan

1/ Bentuk nasi goreng dalam cetakan-cetakan kotak, bulat, atau segitiga.

2/ Tambahkan acar dan telur mata sapi yang dibuat rapi dan utuh.

3/ Gunakan alas daun pisang untuk menambah kesan etnik lokalitas.

4/ Ciptakan nama-nama unik yang mampu mengundang selera dan kekhasan restoran anda.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel berjudul ‘Rahasia Resep Nasi Goreng Jadi Menu Andalan Yang Disukai Semua’ dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga memberikan manfaat bagi para pembaca.

 

 

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel