Tips Membuat Video Menarik untuk Media Sosial

9 Jun 2021 11:15 1224 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Beberapa tips membuat video menarik untuk media sosial yang patut diberi perhatian untuk menguasainya.

 

Salah satu konten media sosial yang terbanyak memiliki peminat saat ini adalah video sehingga tak mengherankan jika ada banyak pengguna media sosial hingga perusahaan-perusahaan berlomba-lomba membuat konten video guna keperluan promosi.

Membuat video kini juga semakin mudah seiring dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih. Tidak perlu untuk menjadi seorang profesional guna menghasilkan video menarik. Bagi yang ingin mencobanya silahkan mengikuti tips-tips berikut ini :

1/ Buat opening yang menarik

Konten video yang ditujukan untuk media sosial adalah video-video pendek dimana pada umumnya memiliki durasi sekitar 30 detik hingga 1 menit saja. Dimana untuk menarik perhatian para pengguna media sosial lainnya maka pastikan membuat opening yang menarik, lima detik pertama adalah menjadi momen yang tepat untuk menempatkan bagian paling menarik pada sebuah opening. Misalnya dengan meletakkan cuplikan video yang bisa membuat penonton penasaran.

2/ Menyisipkan teks guna memperjelas konten

Yang menjadi tantangan dalam hal membuat video media sosial dengan durasi pendek adalah bisa memastikan bahwa pesan yang hendak disampaikan bisa benar-benar dipahami oleh para penonton. Ini sebenarnya bisa diatasi dengan cara menyisipkan teks guna memberikan keterangan atau mempertegas apa-apa saja yang diucapkan oleh si pembicara dalam video bersangkutan. Jadi para penonton akan menjadi semakin tertarik untuk menonton video hingga selesai.

3/ Tambahkan musik

Di samping menyisipkan teks, langkah selanjutnya pastikan untuk menambahkan musik yang seirama dengan konsep video. Konten yang diiringi musik akan menyebabkan para penonton merasa tidak bosan. Di samping itu, musik yang seirama dengan konsep video bisa memberikan bantuan kepada para penonton untuk dengan mudah memahami pesan yang disampaikan.

4/ Mengedit video disesuaikan dengan konsep

Untuk para konten creator yang sudah menyiapkan budget khusus guna membuat konten secara konsisten sudah bisa menggunakan jasa edit video. Dimana mengedit video saat ini sudah bisa dilakukan oleh pemula dengan memakai aplikasi editing yang dapat digunakan melalui Smartphone antara lain Inshot, Kinemaster, dan Powerdirector.

5/ Menyapa para penonton dengan rajin

Tips yang terakhir tidak boleh dilupakan adalah rajin atau rutin menyapa para penonton. Ini adalah hal yang termudah untuk dilakukan namun sering dilupakan oleh para konten kreator. Pastikan di awal video atau opening anda menyediakan waktu guna menyapa para penonton agar seolah-olah penonton sedang diajak berbicara langsung. Dengan begitu, para penonton akan merasa dekat dan tertarik untuk menonton hingga bagian terakhir.

Beberapa Aplikasi Foto Dan Video Editing Untuk Pemasaran Media Sosial

Aplikasi foto dan video sudah menjadi hal umum wajib ada di HP anda. Dimana bagi anda yang mempunyai HP iPhone X, di dalamnya ada banyak sekali aplikasi free untuk anda fungsikan.

Nah dilihat dari banyaknya pilihan yang tersedia, memilih salah satu aplikasi yang tepat pastilah akan memberikan anda kelebihan dalam hal pengeditan foto dan video serta mendirect lebih banyak engagement ke halaman website anda.

Berikut di bawah ini ada beberapa aplikasi yang mungkin dapat anda download antara lain sebagai berikut :

1/ Legend

Tidak rumit, mudah dan lugas.Kamu dapat menulis hingga 100 karakter dan memilih gaya animasi teks Kamu setelah itu. Latar belakang foto atau video dapat ditambahkan. Saat Kamu selesai, Kamu cukup menekan tombol “next” dan BOOM hanya dalam beberapa detik, GIF atau video Kamu siap di share kepada teman-teman Kamu.Tidak hanya itu, video-video tersebut sangat cocok untuk iklan di platform media sosial.

Kelebihan yang dimiliki :

1/ Custom animasi text.

2/ Sempurna untuk GIF atau pembuat film-film pemula.

3/ Sangat mudah untuk digunakan.

Kekurangan yang dimiliki :

Terbatas untuk fitur-fitur tertentu.

2/ Quik

Unggah semua video atau gambar dan Quick akan secara otomatis / secara algoritme menghasilkan video untuk anda.

Dengan Quick maka anda bisa membuat sebuah video pendek dengan sangat cepat. Jika anda pernah memanfaatkan iMovie, aplikasi ini sebenarnya tidak sama, dimana di dalamnya tidak mengharuskan anda untuk mengedit secara manual bahkan jika anda tahu bagaimana cara melakukannya. Aplikasi ini cocok digunakan bagi anda yang tidak memiliki waktu untuk membuat video dan terbiasa bekerja dengan memakai kamera GoPro. Lakukan trim footage video dengan foto lalu susun ulang untuk selanjutnya ketik judul atau subtitle. Quik akan menyesuaikan video dengan durasi yang sudah ditetapkan. Dimana aplikasi ini dilengkapi dengan kurang lebih 80 lagu-lagu gratis atau anda bisa memilih lagu dari iTunes.

Kelebihan yang dimiliki adalah :

1/ Pembuatan video hanya dalam kurun waktu 5 menit saja.

2/ Unggah semua video atau gambar dan Quik akan secara otomatis / secara algoritme menghasilkan video untuk anda.

3/ Dapat melakukan penyesuaian.

Kekurangannya adalah :

Sering terjadi crash pada aplikasi.

3/ Over

Menghadirkan sekitar 25.000 grafis, font dan salah satu aplikasi konten visual. Over sudah memasukkan ribuan grafik seperti overlay, ilustrasi, latar belakang dan banyak lagi. Bagaimana jika anda tidak memiliki stock foto ? Dalam hal ini Over sudah mempunyai gambar baru setiap harinya yang bebas digunakan karena di dalamnya bermitra dengan dua sumber foto terbaik dari seluruh dunia.

Kelebihan yang dimiliki :

1/ Mempunyai tanggapan langsung dari pihak developer.

2/ Baik untuk posting musiman.

3/ Template visual yang indah.

4/ Video tutorial tentang cara memadukan lebih banyak efek, efek blur yang efektif dan efek teknik masking.

Kekurangan yang dimiliki :

1/ Hanya memberikan penawaran dua pilihan saja untuk berlangganan perpanjangan otomatis yaitu bulanan dan tahunan.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang sebuah artikel dengan judul ‘Tips Membuat Video Menarik Untuk Media Sosial’ yang dirangkum dari beberapa sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

 

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel