Rempah Khas Indonesia

10 Feb 2021 12:25 1394 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Saat ini rempah – rempah sudah menjadi salah satu produk alam sebagai komoditi besar di Indonesia. Rempah – rempah tersebut banyak mengandung bahan – bahan alami yang cukup efektif untuk keperluan beragam masalah kesehatan. Pastikan anda memakai rempah – rempah alami yang masih dalam kondisi segar untuk beragam keperluan tersebut.

Bukan menjadi rahasia lagi kalau di Indonesia sangat unggul akan beragam kekayaan alam dimana tanah di Indonesia rata – rata subur yang banyak ditumbuhi oleh beragam tanaman terutama seperti rempah – rempah yang menyimpan manfaat segudang. Tak mengherankan apabila tanaman tersebut pada jaman penjajahan dahulu menjadi incaran karena bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk kecantikan dan kesehatan tubuh serta bahan – bahan untuk mencampur beragam jenis masakan. Di sinilah salah satu kelebihan masakan Indonesia yang dikenal kaya akan cita rasa.

Ragam - Rempah Yang Dikenal Di Indonesia

Agar anda tidak penasaran maka tersebut di bawah ini kami berikan sederet jenis rempah – rempah khas Indonesia yang sejak jaman dahulu menjadi andalan kuliner Nusantara serta memiliki beragam manfaat lainnya. Mari disimak ulasan singkatnya. 

  • Rempah jahe.

  • Rempah kunyit.

  • Rempah kayu manis.

  • Rempah lada.

  • Rempah cengkeh.

  • Rempah kapulaga.

  • Rempah pala.

  • Rempah ketumbar.

  • Rempah serai.

  • Rempah lengkuas.

  • Rempah temulawak.

  • Rempah kencur.

  • Rempah adas.

  • Rempah jinten.

  • Dll.

Itulah beberapa deretan jenis rempah khas Indonesia yang dengan mudah didapat di pasaran dengan harga yang sangat terjangkau.

Manfaat Dan Pengolahan Rempah

Rempah – rempah bukan hanya sebagai bumbu dapur saja, mereka juga memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh manusia. Dimana jenis rempah ada banyak sekali dengan masing – masing mempunyai khasiat yang berbeda – beda. Beberapa diantaranya dapat diolah sebagai obat herbal. Tersebut di bawah ini kami berikan beberapa manfaat dan pengolahan rempah – rempah antara lain sebagai berikut :

1/ Rempah kayu manis

Kayu manis adalah sejenis rempah yang berasal dari kulit dan cabang pohon kayu manis atau dikenal dengan nama latin cinnamomum. Tanaman ini berasal dari Asia Tenggara, Karibia dan Amerika Selatan. Kayu manis sudah dimanfaatkan sejak lama untuk beberapa fungsi antara lain sebagai berikut : bisa untuk obat herbal pencegah resiko terkena penyakit diabetes dan jantung, mampu meningkatkan produksi sel – sel tubuh yang memperlancar proses metabolisme, bisa untuk media pendorong nafsu makan untuk orang yang sedang sakit atau mereka yang baru sembuh, dan membantu mencegah terjadinya radikal bebas di dalam tubuh.

Cara pengolahan atau pemakaian adalah sebagai berikut kayu manis difungsikan sebagai bumbu masak atau masukkan kayu manis ke dalam minuman hangat untuk anda konsumsi setiap hari.

2/ Rempah kunyit

Rempah kunyit adalah termasuk sebagai salah satu tanaman yang sangat mudah tumbuh di Indonesia. Memiliki cita rasa agak pahit, hangat dan mempunyai warna kuning yang menyengat. Bisa digunakan sebagai salah satu bumbu masak dan sederetan manfaat kunyit lainnya antara lain sebagai berikut :

·Bisa sebagai media penghambat pertumbuhan sel – sel kanker dan tumor.

·Dapat menyembuhkan sakit diare dan masalah organ pencernaan lainnya.

·Ampuh sebagai media untuk melawan penyakit jantung, diabetes, dan alzheimer.

·Bisa untuk meringankan rasa sakit pada area persendian.

·Banyak mengandung kurkumin yang ampuh untuk mencegah radikal bebas di dalam tubuh.

·Ampuh untuk mengurangi gejala flu dan melancarkan pernafasan.

·Mempercepat proses penyembuhan dan meningkatkan stamina tubuh.

Cara pengolahan adalah sebagai berikut kunyit dapat ditumbuk hingga menjadi sangat halus membentuk pasta kasar lalu airnya disaring untuk diminum. Kunyit juga berguna sebagai bahan mencampur makanan agar menghasilkan cita rasa khas yang lezat.

3/ Rempah jahe

Jahe adalah salah satu jenis tanaman rimpang yang memiliki karakter rasa sangat kuat. Aroma jahe mampu memberikan efek hangat apabila dicampur dengan minuman. Jahe memberikan senyawa kimia yang di dalamnya memiliki beberapa fungsi antara lain sebagai berikut :

  • Untuk mengatasi rasa mual dan demam.

  • Mampu sebagai media untuk menenangkan pikiran dan perasaan.

  • Menghilangkan rasa sakit di bagian persendian.

  • Mengurangi resiko anda terkena sakit kanker dan tumor.

  • Mempunyai kandungan gingerol yang ampuh buat mengatasi beragam penyakit sebagai akibat adanya peradangan.

  • Meredakan gejala penyakit batuk, flu, dan masalah pencernaan seperti perut kembung dan berangin.

Cara pengolahan adalah sebagai berikut jahe dipakai sebagai salah satu bahan untuk mencampur minuman atau ditumbuk untuk selanjutnya dipakai sebagai media penyembuhan rasa sakit di area sendi.

5/ Rempah daun peterseli.

Rempah yang satu ini aslinya berasal dari kawasan Mediterania. Mempunyai bentuk batang yang tegak dan berwarna hijau terlihat sangat menyegarkan. Dikenal ada dua jenis daun peterseli yaitu peterseli keriting dan peterseli datar. Adapun manfaat dari daun peterseli adalah untuk memberikan perlawanan infeksi di dalam tubuh dan menghambat terjadinya pertumbuhan sel – sel kanker payudara. 

Cara pengolahan adalah sebagai berikut daun peterseli bisa untuk campuran hidangan (salad) atau berfungsi sebagai garnis yang bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah atau diolah dengan cara dimasak.

6/ Rempah pala

Yang dimaksud dengan rempah pala adalah salah satu jenis pala yang dihasilkan dari tanaman pala dimana dalam istilah biologis dikenal dengan nama myristica fragrans. Termasuk sebagai salah satu jenis rempah asli dari Indonesia, biji pala dibungkus dengan cangkang keras yang renyah. Pala yang sudah dikeringkan bagus sebagai bumbu atau obat yang pemanfaatannya bisa dengan cara ditumbuk atau diparut. Khasiat dari pala untuk kesehatan tubuh adalah sebagai berikut :

  • Pala banyak mengandung senyawa anti inflamasi yang ampuh untuk menurunkan resiko kanker dan melawan pertumbuhan tumor.

  • Bisa untuk melawan infeksi di dalam tubuh.

  • Melawan pertumbuhan bakteri di daerah mulut dan gigi.

  • Untuk mencegah kerusakan gigi dan adanya gigi berlubang terutama pada anak – anak.

Cara pengolahan adalah dengan menambahkan pala ke dalam ragam sajian berupa soup atau jenis masakan lain dan bisa juga sebagai bahan mencampur ramuan minuman.

6/ Rempah jinten

Jinten adalah salah satu bentuk biji – bijian yang aslinya berasal dari kawasan Mediteranian. Mempunyai bentuk yaitu berupa biji – biji agak kasar dengan aroma yang sangat menyengat. Jinten biasanya diolah menjadi minyak jinten untuk memasak ragam masakan seperti di India, Maroko dan Mesir. Dikenal juga beberapa jenis jinten sebagai obat herbal seperti jinten manis, jinten hitam, dan jinten kelas campuran.

Adapun fungsi jinten adalah sebagai berikut : bisa untuk membantu mengelola ingatan untuk orang – orang lanjut usia, meningkatkan sistem ingatan dan mendorong reaksi otak, mencegah flu dan demam, dapat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan sebagai media untuk mendorong produksi zat besi dan mineral di dalam tubuh.

Cara pengolahan adalah dengan mencampur jinten ke dalam kuah soup atau menaburkan pada jenis masakan lainnya. Jinten sangrai bisa digunakan sebagai serbuk dengan cara ditumbuk untuk digunakan sebagai bahan mencampur minuman.

7/ Rempah kapulaga

Kapulaga merupakan salah satu jenis rempah – rempah yang bercita rasa sangat kuat, aroma tajam dan wangi ketika dicium. Jenis rempah yang satu ini adalah termasuk ke dalam jenis rempah polong berbiji. Ragam kapulaga yang terkenal adalah kapulaga hijau dan kapulaga hitam. Adapun manfaat dari rempah kapulaga adalah sebagai berikut : membantu menurunkan anda berpotensi terserang penyakit kanker dan tumor serta membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Cara pengolahan adalah biasa dimanfaatkan sebagai bumbu masakan atau kapulaga sangrai yang sudah ditumbuk enak digunakan untuk mencampur minuman kopi atau teh.

Bagaimana Cara Menyimpan Rempah – Rempah ?

Seperti dijelaskan tersebut di atas bahwa beragam rempah yang tersedia paling sering dijumpai di dapur. Anda memanfaatkannya untuk memasak dan memberikan aroma masakan menjadi lebih enak dan kuat. Rempah – rempah yang tersedia ini biasanya digunakan untuk pemenuhan keperluan jangka panjang maka dari itu rempah – rempah ini akan disimpan di dapur untuk kebutuhan esok hari. Jika tidak disimpan dengan cara yang benar maka rempah – rempah tersebut akan mudah membusuk. Maka dari itu perhatikan petunjuk bagaimana menyimpan rempah – rempah agar kondisinya tetap dalam keadaan segar sehingga khasiatnya tidak berkurang.

  • Selalu periksa label kadaluarsa apabila anda memiliki rempah – rempah dalam kemasan botol atau dikemas plastik.

  • Apabila anda menyimpan rempah – rempah dalam bentuk serbuk atau bubuk maka sebaiknya segera pindahkan bubuk dari kemasan plastik atau kertas ke dalam botol – botol kaca. Selanjutnya simpan pada tempat yang kering dan sejuk.

  • Sebaiknya menyimpan rempah dalam bentuk kering dengan tidak memasukkan ke dalam kulkas.

  • Untuk penyimpanan jahe, kunyit dan bermacam – macam rempah dalam bentuk akar maka silahkan dibersihkan terlebih dahulu kulit rempah tersebut dari tanah yang mengotorinya.

Saat ini rempah – rempah sudah menjadi salah satu produk alam sebagai komoditi besar di Indonesia. Rempah – rempah tersebut banyak mengandung bahan – bahan alami yang cukup efektif untuk keperluan beragam masalah kesehatan. Pastikan anda memakai rempah – rempah alami yang masih dalam kondisi segar untuk beragam keperluan tersebut.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai rempah khas Indonesia. Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel