Gaya Hidup Sehat Ala Vegetarian

5 Aug 2020 10:44 180 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dewasa ini komunitas vegetarian semakin banyak kita temukan.

Dewasa ini komunitas vegetarian semakin banyak kita temukan. Mereka menolak mengonsumsi produk-produk hewani. Bahkan tidak hanya terbatas pada makanan, namun juga pada kosmetik dan obat-obatan. Bagi mereka semuanya harus berasal dari bahan-bahan non-hewani. Ada banyak motivasi yang melandasi seseorang menjadi vegetarian.

Ada yang karena menjadi seorang vegetarian karena menganut aliran kepercayaan tertentu, ada yang demi alasan kesehatan, ada yang karena memiliki alergi terhadap produk-produk hewani, dan ada pula yang melakukannya sebagai bentuk protes terhadap fast food yang merupakan representasi dari kapitalisme.

Vegetarian adalah pola makan yang hanya mengonsumsi produk-produk nabati atau dari tumbuhan dan tidak memakan makanan yang berasal dari binantang.

Meski demikian, beberapa tipe vegetarian masih mengizinkan adanya konsumsi produk olahan dari binatang, seperti mentega, susu, telur dan keju bahkan ikan.

Komunitas vegetarian pertama kali muncul di Inggris pada 1847. Istilah vegetarian pertama kali digagas oleh Joseph Brotherton pada pengukuhan berdirinya komunitas vegetarian atau Vegetarian Society tersebut. Diet vegetarian kemudian berkembang semakin luas, dan di era modern ini pola hidup vegetarian menjadi trend hidup sehat yang dijalani oleh semakin banyak orang. 

 

Jenis Vegetarian

1. Semi Vegetarian
Kelompok semi vegetarian masih menolerir konsumsi ikan, daging, susu, dan telur. Di kalangan komunitas vegetarian, kelompok semi-vegetarian merupakan kelompok yang paling rendah.

2. Lacto-ovo-vegetarian
Jenis Lacto-ovo-vegetarian, tidak mau memakan daging sama sekali, namun masih bersedia mengonsumsi ikan, susu, dan telur.

3. Lacto-vegetarian
Jenis Lacto-vegetarian sudah lebih membatasi konsumsi produk hewani termasuk telur, namun mereka masih menolerir konsumsi susu.

4. Ovovegetarian
Ovovegetarian merupakan kebalikan dari Lacto-vegetarian. Kelompok ini mau memakan telur tapi anti mengonsumsi susu.

5. Jenis Vegetarian - Vegan
Vegan bisa disebut sebagai kasta tertinggi dalam kelompok vegetarian. Vegan hanya bersedia mengonsumsi bahan makanan nabati saja. Vegan tidak mau lagi memasukkan produk olahan hewan seperti susu, keju, mentega, madu dan juga ikan laut.

 

Vegetarian dan Trend Hidup Sehat

Vegetarian, diakui banyak kalangan sebagai pola hidup yang sehat. Saat ini pola makan ala vegetarian justru menjadi trend pola makan modern yang sehat.

Banyak selebritas dunia yang mengaku menerapkan pola hidup vegetarian untuk menjaga kesehatan, sebagai ekspresi sayang dan peduli terhadap binatang, hingga isu terkini mencegah dampak global warming atau pemanasan global.

Berdasarkan riset badan pangan PBB- Food and Agricultural Organization, industri ternak yang bertujuan memenuhi kebutuhan untuk konsumsi daging ternyata menyumbang emisi karbondioksida tertinggi yaitu sebesar 20%.

Angka tersebut diklaim jauh lebih besar ketimbang emisi karbondioksida yang dihasilkan kendaraan bermotor dari seluruh dunia.

Isu lingkungan tersebut turut berperan dalam penyebaran pola hidup vegetarian yang kini semakin luas.

Di samping isu lingkungan, alasan terbanyak yang digunakan para penganut pola makan vegetarian adalah menghemat pengeluaran untuk konsumsi makanan, karena harga produk nabati jauh lebih murah dibandingkan produk hewani. 

Untuk menjadi seorang vegetarian bukanlah hal yang mudah. Karena tentunya makanan-makanan berdaging sangat menggugah selera. Berikut ini adalah beberapa hal yang membuat kita sulit untuk mengubah pola makan sebagai vegetarian :

  • Terlalu suka pada produk olahan daging, sehingga sangat sulit ketika harus berhenti mengkonsumsi daging untuk selamanya.
  • Kekhawatiran sulit mendapatkan makanan vegetarian di pasaran sehingga akan menyulitkan ketika ingin makan di luar. 

 

Manfaat Menjadi Vegetarian

Namun jika mau menelaah lebih jauh, banyak manfaat yang akan diperoleh ketika kita menganut pola makan vegetarian. Manfaat paling utama adalah dari aspek kesehatan. Berikut ini manfaat yang akan diperoleh seorang vegetarian:

  • Pola makan vegetarian akan bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda. Konsumsi sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung serat sangat membantu untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan dan melancarkan metabolisme tubuh.
  • Konsumsi sayur dan buah akan meningkatkan kecantikan dan elastisitas kulit sehingga kulit akan terlihat lebih halus, kencang dan awet muda. Bagi yang sedang menjalankan program diet, pola makan vegetarian akan sangat membantu upaya menurunkan berat badan.
  • Tidak memakan daging juga akan menghindarkan diri kita terkena risiko penyakit jantung, hipertensi, diabetes, dan juga beberapa jenis kanker. 

 

Tips Menjadi Vegetarian

Menjadi vegetarian sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Asal memiliki tekad kuat untuk menjalani pola hidup sehat agar terbebas dari risiko terkena penyakit berbahaya, niscaya tekad untuk menjadi seorang vegetarian bisa terlaksana.

Teman-teman, saya memiliki tips bagi para vegetarian untuk meningkatkan stamina tubuh melalui pemilihan bahan makanan.

 

Berikut ini tips pemilihan bahan makanan yang baik :

  • Pilih bahan makanan yang nerupakan sumber protein seperti kacang tolo, kacang almond, kacang merah, kacang tanah, kedelai dan hasil olahannya seperti tahu, tempe, susu kedelai dan tauco.
  • Konsumsi sereal yang telah mengalami proses fortifikasi.
  • Bagi kelompok vegetarian yang masih mengonsumsi susu dan telur (Lacto-ovo-vegetarian) sebaiknya membatasi jumlah konsumsi mengingat kandungan lemak tidak jenuh kedua produk hewani membuat kita lebih beresiko menderita penyakit jantung.
  • Pilih susu nonfat dan kurangi pemakaian produk yang mengandung lemak tak jenuh.
  • Konsumsi lebih banyak makanan yang mengandung vitamin C. Karena vitamin C berfungsi untuk meningkatkan terserapnya zat besi oleh tubuh.
  • Bagi vegan disarankan untuk meningkatkan mengonsumsi makanan yang mengandung sumber vitamin B12 seperti aneka olahan kacang kedelai serta sereal yang telah difortifikasikan atau mengonsumsi suplemen

Gaya hidup vegetarian yang semakin meluas, juga sudah direspon para pengusaha kuliner yang mulai melirik bisnis restoran atau rumah makan khusus menu vegetarian.

Restoran vegetarian bahkan sudah merambah ke berbagai kota, dengan variasi masakan yang tak kalah nikmatnya. Maka tak perlu khawatir untuk mengganti pola hidup menjadi vegetarian, karena variasi menu makanan yang bisa dipesan sudah beragam.

Bagi vegetarian yang masih kangen rasa daging, sudah ada produk olahan daging palsu yang berasal dari bahan-bahan nabati. Rasanya pun sangat mirip dengan daging merah. Pengganti daging juga bisa diperoleh dari jamur. Berbabagi jenis jamur dengan olahan tertentu memberikan efek rasa yang sangat mendekati rasa daging.

Tags

About The Author

Andy Ganteng 11
Novice

Andy Ganteng

Ganteng Yang Jelas

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel