Paranormal, "Normal atau Tidak Normal"

28 Jul 2020 17:40 711 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Paranormal disebut oleh sebagian orang sebagai orang yang ‘tidak normal’. Mengapa? Lantaran mereka bisa melihat hal-hal yang gaib atau hal-hal yang aneh bagi manusia kebanyakan. Sesuatu yang di luar nalar dan logika otak manusia pada umumnya yang tidak bisa menembus dimensi lain yang biasa oleh paranormal dianggap sesuatu yang biasa.

Paranormal disebut oleh sebagian orang sebagai orang yang ‘tidak normal’. Mengapa? Lantaran mereka bisa melihat hal-hal yang gaib atau hal-hal yang aneh bagi manusia kebanyakan. Sesuatu yang di luar nalar dan logika otak manusia pada umumnya yang tidak bisa menembus dimensi lain yang biasa oleh paranormal dianggap sesuatu yang biasa.

Maka dari itu, membicarakan paranormal kerap kali menjadi merinding karena kita selalu disuguhkan tampilan-tampilan dalam film atau televisi, di mana paranormal selalu berprilaku aneh dengan tampang yang menyeramkan. Nah, di sini, akan dibahas apa dan bagaimana sebenarnya paranormal itu sendiri. Tujuannya agar kita bisa mendapat informasi yang jelas dengan keberadaan paranormal yang sangat identik dengan negara Indonesia ini. 

 

Makna dari Paranormal

Kalau merujuk pada definisi atau makna dari kata ‘paranormal’ maka ada beragam makna yang disandingkan pada kata tersebut. Namun pada dasarnya, paranormal sejatinya adalah orang yang mempunyai indra ketujuh yang tak lain merupakan indra yang jarang dimiliki oleh orang lain. Namun sejumlah kalangan, menyebutkan paranormal adalah mereka yang mempunyai ilmu metafisika, atau dalam bahasa keseharian yang akrab di telinga masyarakat adalah ilmu gaib. Dengan kemampuan ilmu metafisika itu kemudian yang paranormal mampu mengerjakan sesuatu yang ada di alam lain di mana mata kebanyakan manusia tidak mampu menjangkaunya.

Paranormal mampu melihat dan melakukan kontak langsung dengan makhluk gaib yang ada di alam berbeda sana, yang hanya bisa dilihat oleh orang-orang seperti mereka saja. Banyak istilah dalam dunia paranormal. Salah satunya adalah polterigeist. Istilah ini mucul dalam dunia paranormal yang bermakna semacam benda yang melayang, namun tidak diketahui kekuatan apa yang membuat benda itu bisa melayang. Fenomena ini hanya terjadi di dunia barat. Sementara di Indonesia jarang ada fenomena ini.

Paranormal yang dalam bahasa Yunani disebut, "para" di luar atau melampaui dan disambungkan dengan kata "normal". Dari arti katanya saja kita bisa mengartikan bahwa orang-orang yang disebut paranormal itu mereka yang bisa melakukan diluar hal normal yang juga melampaui dari hal-hal yang pada umumnya normal. Secara keseluruhan, paranormal adalah untuk digunakan fenomena yang terjadi yang melibatkan jiwa atau pikiran, namun selalu tidak dapat diterangkan dengan logika serta prinsip fisika.

Paranormal, banyak juga yang menyebut, sesuatu kegiatan yang dilakukan indra penglihat, mata, dengan hubungan alam gaib. Biasanya paranormal menggunakan panca indera khusus yang biasa disebut sixth sense, panca indra khusus diluar panca indera lazimnya. Ini disebabkan objek yang dilihat oleh paranormal adalah hal yang bersifat gaib yang tidak bisa dilihat dan dilakukan oleh manusia biasa. Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melihatnya. Manusia biasa tidak bisa berkomunikasi dengan makhluk gaib, lagi-lagi hanya paranormal yang bisa berkomunikasi lewat ilmu metafisika.

Ada istilah sensor informasi atau ESP yang fungsinya bisa melebihi kelima panca indra yang kita punya; melihat, merasa, mendengar dan meraba. Dalam sensor informasi bekerja untuk mempelajari pengindraan khusus, kepada manusia-manusia tertentu. Manusia-manusia pilihan, yang salah satunya jatuh pada paranormal. Kemampuan sensor informasi bagi yang memilikinya, si paranormal bisa melihat waktu masa kini, masa lalu serta masa depan.

ESP atau sensor informasi sangat berhubungan dengan paranormal. Seperti dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Saling berkaitan antar keduanya. Biasanya paranormal setiap melakukan kemampuannya, siapapun mereka akan sangat membutuhkan ESP. Mengingat ESP kebutuhannya begitu sangat penting untuk paranormal.

Di Indonesia sendiri, banyak sekali orang-orang yang mengaku atau dianggap sebagai paranormal. Nama-nama seperti Ki Gendeng Pamungkas, Permadi, sampai Ki Joko Bodo mungkin kita sudah mengenalnya di Republik Indonesia ini. Kita lihat saja tampang mereka begitu nyentrik dan tentunya berbeda dengan orang kebanyakan. Ada yang merasa enjoy saja bergaul dengan mereka, namun ada yang malah ketakutan, atau bahkan membencinya.

Pasalnya, paranormal yang dianggap sakti dan memiliki ilmu gaib bisa membuat orang celaka semisal melakukan aksi santet, sehingga lengkaplah sudah bahwa mereka yang mempunyai gelar paranormal menjadi banyak disegani atau bahkan ditakuti. Khusus mereka yang suka menyantet, ada istilah tersendiri dalam penyebutannya. Bukan paranormal, melainkan paranormalis. Jadi berbeda antara paranormal jahat dan paranormal baik. 

 

Antara Paranormal, Santet, dan Dukun

Paranormal sekali lagi pada akhirnya tidak bisa lepas dari kata santet. Meski sampai saat ini, untuk kasus santet, ilmu fisika masih belum menerimanya atau kesulitan membuktikannya. Kita tahu santet biasanya berbentuk kiriman benda-benda seperti ijuk, kawat, paku, yang entah bagaimana caranya bisa masuk dalam tubuh manusia, namun konon menggunakan perantara setan. Mungkin untuk menjelaskan gambaran fisik santet itu seperti apa, film Star Wars adalah jawabannya yang mudah-mudahan bisa mewakili.

Di film itu dikisahkan bahwa orang bisa berpergian dari tempat yang satu ke tempat yang lain bahkan antar galaksi dalam bentuk cahaya. Jika hendak berangkat berubah jadi cahaya, kemudia jika sudah sampai kembali berubah jadi materi. Mungkin itu salah satu gambaran yang bisa dijelaskan dalam persoalan santet yang jika lagi-lagi dikaji secara logika tidak akan masuk akal, lantaran ilmu fisika sendiri tidak mampu menerima fenomena ini. Banyak orang yang menyebutkan santet adalah salah satu gejala paranormal yang juga tak bisa dijelaskan secara ilmiah. 

Sementara itu, ada juga yang mengatakan bahwa paranormal juga sering disebut atau disamakan juga sebagai dukun. Orang pintar yang cukup sakti mandraguna dalam hal menyembuhkan penyakit aneh atau orang-orang yang kemasukan makhluk halus. Salah satu kerjaan paranormal adalah menyembuhkan si pasien yang terasuki makhluk halus, atau biasa juga mengusir makhluk gaib dari rumah kita yang dirasa auranya terus mengganggu. Nah, dukun seperti ini juga lazim oleh masyarakat disebut dengan paranormal. Bahkan ada yang memang sudah menekuninya hingga ajal menjemput.

Berangkat dari sini, ternyata banyak paranormal juga memanfaatkan ilmu yang dimilikinya sebagai pekerjaan tetap atau profesi yang menjanjikan di zaman yang semakin serba aneh ini. Tidak sedikit juga paranormal yang bekerja merangkap sebagai dukun. Namun ada beberapa paranormal yang tidak mau disamakan dengan dukun. Namun kenyataannya, di kita, banyak masyarakat yang masih menganggap paranormal adalah dukun. Dengan kata lain paranormal dijadikan sebagai usaha dalam mencari nafkah untuk anak istri, yaitu dengan membantu masyarakat yang membutuhkan jasanya semisal jasa mengusir hantu jahat dan lain-lain.

Lantas dari mana sebenarnya kemampuan itu mereka miliki? Apakah datang sendiri atau belajar pada orang lain? Menjawab itu semua, nampaknya Anda perlu tahu bahwa paranormal banyak yang belajar secara otodidak, berguru, dengan memperdalam ilmu agama atau ada juga yang diberikan kelebihan dari Tuhan untuk bisa melihat makhluk-makluk gaib serta hal-hal gaib lainnya sejak ia dilahirkan ke dalam dunia ini, yang tentu saja manusia biasa tidak akan bisa melakukannya karena kemampuan paranormal ini sifatnya khusus diberikan kepada orang-orang tertentu saja. 

Tags

About The Author

Andy Ganteng 9
Novice

Andy Ganteng

Ganteng Yang Jelas

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From Andy Ganteng