4 Tempat Wisata Menarik di Magelang Dekat Candi Borobudur

14 Feb 2020 17:45 155 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tempat wisata di Magelang tidak hanya Candi Borobudur salah satunya hutan Pinus Kragilan,Pakis di Magelang 

Ketika berkunjung ke wilayah Magelang, Jawa Tengah salah satu  obyek wisata yang terkenal yaitu: Candi Borobudur di wilayah Magelang, Jawa Tengah banyak dijumpai tempat wisata menarik  di sekitar kawasan Candi Borobudur.

Kamu  bisa melakukan kegiatan traveling wisata alam yang banyak dijumpai sekitar kawasan Candi Borobudur. Berikut ini 4 tempat wisata menarik di Magelang selain Candi Borobudur:

1. Hutan Pinus Kragilan
Hutan pinus Kragilan salah satu tempat wisata  menarik di Magelang yang berada dekat Candi Borobudur. Hutan Pinus  Kragilan  berlokasi di Dusun Pogalan ,kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Lokasi hutan pinus Kragilan berada di daerah berbatasan dengan wilayah Magelang - Boyolali.

Hutan pinus Kragilan masih asri dan alami tidak kalah indahnya  dengan hutan pinus Mangunan yang ada di Kabupaten  Bantul Yogyakarta. Rimbunan pepohonan nan hijau yang menjulang tinggi menjadi cirikhas dan keungggulan dari hutan pinus Kragilan .

Apalagi kawasan wisata hutan Pinus Kragilan memiliki banyak spot wisata  yang menarik. Wisata alam hutan pinus yang letaknya berada  di daerah Kecamatan Pakis ini bisa Kamu  jadikan sebagai top selfie.

Ketika berkunjung ke hutan pinus Kragilan Kamu dapat menikmati indahnya hutan pinus yang dihiasi batang- batang pohon menjulang tinggi dan rimbunnya pepohonan nan hijau.

Ketika berkunjung ke wisata alam hutan pinus Kragilan Kamu  bisa melakukan berbagai  kegiatan traveling salah satunya  dengan menelusuri, menjelajah dan berpetualang di kawasan Sungai Selo yang letaknya tidak jauh dari hutan pinus Kragilan.

Ketika sampai di sungai Selo Kamu bisa melihat indahnya sekeliling sungai yang dihiasi rimbunan pepohonan nan hijau dan  suara gemercik air yang mengalir di sela-sela bebatuan.

Keindahan lain dari hutan pinus Kragilan adalah jalan setapak. Jalan setapak ditata rapi dari arah pintu masuk menuju bagian dalam hutan pinus.

Sepanjang jalan setapak disebelah kanan-kiri jalan menuju hutan pinus Kragilan dihiasi rimbunan pepohonan pinus yang hijau dan menjulang tinggi.

Rimbunan pepohonan pinus nan hijau yang berada sepanjang jalan menuju hutan pinus Kragilan  ini Kamu bisa jadikan sebagai background foto.

Aneka ornamen ini Kamu bisa jadikan sebagai background foto yang menarik.Keindahan hutan pinus Kragilan  Anda bisa jadikan  sebagai tempat alternatif wisata.

 

2. Candi Mendut

Candi Mendut merupakan  salah satu tempat wisata menarik selain Candi Borobudur .Letak candi Mendut berada sekitar 3 kilometer dari Candi Borobudur.Candi Mendut tepatnya terletak di Jalan Mayor Kusen ,Kota Mungkid ,Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Candi Mendut didirikan pada masa Pemerintahan Raja Indra dari Dinasti Syailendra .Candi Mendut dahulu dikenal sebagai bangunan suci yang disebut dengan Wenuwana atau hutan bambu kemudian terkenal dengan sebutan Candi Mendut.

Pesona keindahan Candi Mendut yang lain yaitu tiga patung Budha.Tiga patung  Budha tersebut yaitu : Dyani Budha Cakyamuni atau Vairocana, patung Avalokitesvara dan patung Bodhisattva Vajrapani menjadi sisi lain keindahan Candi Mendut.

 

Ketika berkunjung ke Candi Mendut akan menemukan beberapa relief yang indah terukir pada dinding candi Mendut .Relief yang ada pada dinding Candi Mendut banyak menceritakan tentang personifikasi hewan dengan pesan moral tertentu.

Relief lain yang ada pada dinding candi Mendut  juga banyak bercerita tentang makhluk kayangan yaitu Dewata Gandarwa dan Apsara atau bidadari ,dua ekor kera, seekor garuda hingga Pancatantra.Candi  Mendut bangunan bersejarah yang sering digunakan sebagai tempat upacara Waisak setiap bulan Mei pada malam bulan purnama.

 

3. Candi Pawon
Candi Pawon merupakan salah satu tempat wisata  yang lokasinya dekat dengan Candi Borobudur. Candi Pawon berada tepatnya di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah atau sekitar 2 kilometer ke arah Timur laut dari Candi Borobudur.

Candi Pawon memiliki nama lain yaitu candi Brajanalan.  Candi Pawon memiliki ciri-ciri yang sama  pada relief  dan pahatan yang ada pada dinding Candi Mendut dan Candi Borobudur.

Selain memiliki kemiripan motif pahatan yang sama, letak geografis dari candi Borobudur, candi Mendut dan candi Pawon ternyata berada pada garis lurus

Ketika berkunjung ke Candi Pawon akan menjumpai sebuah ukiran relief pada dinding candi yang disebut dengan Kalamara.

Ukiran relief Kalamara tanpa rahang bawah tersebut terletak  pada sisi lain bangunan candi yang berada di bagian barat pintu masuk. Hal yang menarik dari relief-relief di dinding Candi Pawon terletak pada bagian hiasan kepala naga yang ada di pangkal pipi tangga.

Relief pada dinding Candi Pawon yang unik lainnya terletak di bagian depan candi. Tepat di sebelah utara dan selatan pintu masuk terdapat ukiran relung yang melukiskan Kurewa dalam posisi berdiri dengan gagahnya.

Bagian lain keindahan dari Candi Pawon yaitu di dinding utara dan selatan candi terukir relief yang indah melukiskan Kinara dan Kinari. Ada yang menarik saat berkunjung ke Candi Pawon  Kamu akan menjumpai sepasang jendela kecil yang berfungsi sebagai ventilasi.

Pada Candi Pawon ini terdapat relief yang indah salah satunya ditemukan sekitar jendela kecil yang dinamakan pahatan Kumuda.Keindahan lain dari Candi Pawon terletak pada atap Candi Pawon yang  berbentuk persegi .

Atap yang menghiasi Candi Pawon   disebut dengan Dagoba dan Dagoba ini berukuran kecil di masing-masing sisinya .Puncak dari atap Candi Pawon ditemukan sebuah Dagoba berukuran besar.

 

4) Bukit Punthuk Mongkrong
Punthuk Mongkrong merupakan  salah satu  tempat wisata di Magelang yang juga  dekat dengan Candi Borobudur.Punthuk Mongkrong lokasinya tidak jauh dari kompleks Candi Borobudur sekitar 8 kilometer dengan menempuh waktu kurang lebih setengah jam.

Punthuk Mongkrong tepatnya  berada di Desa Karangtengah ,Kecamatan Borobudur ,Kabupaten Magelang .Jawa Tengah .

Punthuk Mongkrong salah satu dataran tinggi di Magelang yang menjadi tempat terbaik menyaksikan keindahan matahari terbit dan tempat  melihat megahnya Candi Borobudur .

Punthuk Mongkrong terletak di sisi  timur pegunungan Menoreh pada ketinggian 624 meter dari permukaan laut .Punthuk Mongkrong bukanlah puncak tertinggi di Menoreh ,namun pemandangannya begitu indah yang tersaji dari timur dan utara .

Dari arah selatan Punthuk Mongkrong saat cuaca cerah Kamu dapat melihat rumah joglo yang ada di puncak Suroloyo salah satu titik tertinggi pegunungan Menoreh .

Dari puncak Punthuk Mongkrong saat cuaca cerah kemunculan sunrise dapat Kamu lihat  dengan indah dari  balik Gunung Merapi dan  Gunung Merbabu yang menawan.

Ketika berkunjung ke Punthuk Mongkrong Kamu dapat melihat kemegahan Candi Borobudur dari balik rimbunan pepohonan nan hijau .Kamu juga bisa menikmati berbagai spot wisata menarik mulai dari rumah pohon ,gardu pandang hingga spot wisata jembatan bambu.

Itulah 4 tempat wisata menarik di Magelang selain Candi Borobudur yang bisa Kamu. jadikan sebagai alternatif tempat wisata.

Tags

About The Author

Suryatiningsih 34
Ordinary

Suryatiningsih

Content Writers tinggal di Magelang yang senang berbagi ilmu pengetahuan

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel