Candi Ngawen, Candi Buddha yang Konon Dijaga Empat Singa Misterius

17 Feb 2020 17:30 153 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Candi Ngawen eksotis dijaga 4 singa misterius 

Ketika berkunjung ke Muntilan, Magelang ada yang berbeda dengan keberadaan sebuah  Candi   yang disebut candi Ngawen.

Candi Ngawen adalah sebuah candi Budha  yang  terletak di Desa Ngawen ,Kecamatan Muntilan,Kabupaten Magelang.Jawa Tengah.

Candi Ngawen biasa disebut Candi peralihan ,karena candi ini dibangun abad ke 8 oleh dua Dinasti yang berbeda yaitu Dinasti Syailendra dan Rakai Pikatan yang berkuasa di Kerajaan kuno saat itu.Candi Ngawen yang berdiri oleh 2 Dinasti berbeda hingga akhirnya disebut Candi Peralihan.    

Candi Ngawen disebut juga Candi  Budha dilihat dari bangunan  stupa dan teras berundak- undak menjadi simbol candi Budha.

Stupa dan teras berundak - undak inilah menjadi cirikhas Candi Ngawen. Struktur  bangunan Candi Ngawen  mirip  denga Candi Hindu dimana bangunan candi meruncing.

Candi Ngawen yang dijaga 4  Singa Misterius. Stuktur bangunan Candi Ngawen yang unik terdiri dari lima candi kecil  dan 2 candi diantaranya dijaga 4 arca sinya  jantan yang berdiri dengan gagahnya.

Arca singa yang ada di Candi Ngawen ini  menyerupai lambang singa pada lambang negara Singapura, Sebuah bentuk candi  tidak  lazim dengan ukiran yang unik, khas dan tidak bisa dimengerti. Maksud dari  bentuk arca singa yang mirip dengan lambang negara Singapura sampai kini masih menyimpan sejuta misteri.

Sisi lain dari arca singa pada Candi Ngawen adalah berfungsi mengaliri air yang keluar  lewat mulutarca.Dari sinilah terlihat keindahan dan keunikan Candi Ngawen yang sebenarnya.

Keindahan Candi Ngawen.

Bangunan  candi Ngawen terlihat menajubkan  pada bangunan  utama candi .Bangunan utama Candi Ngawen berbentuk sebuah patung Budha yang kini kepalanya hilang.

Patung Budha pada Candi Ngawen ini unik dan khas terlihat dari sikap Ratna Sambawa atau biasa disebut Dyani Budha Ratna Sambawa,

Sikap tangan Dyani Budha Ratna Sambawa adalah Bumi Sparca Mudra juga menjadi Keindahan tersendiri bagi Candi Ngawen. Keindahan lain dari candi Ngawen yang tak kalah menajubkan  adalah relief yang ada pada dinding dan kaki candi Ngawen.

Bentuk relief  kala makara  dan   kinara- kinari menjadi cirikhas Candi Ngawen .Relief-relief  terukir indah pada bangunan candi  ini sampai masih terlihat jelas dengan beragam bentuk ukiran yang indah.

Relief Kinara kinari adalah makhluk kayangan berwujud setengah manusia,setengah burung  bertugas penjaga kalpataru dan pertunjukan. Relief kinara kinari   pada dinding beragam bentuk  salah satunya relief Kinara kinari yang  selalu mengapit kalpataru. Sebuah pohon kahyangan, hidup sepanjang masa, tempat menggantungkan segala asa.

Pada dahan-dahannya digambarkan berjuntai berbagai macam perhiasan yang indah sehingga harus dijaga oleh makhluk-makhluk kahyangan kinara. 

Candi Ngawen adalah salah satu candi  dari beberapa candi yang bercorak Budha  ada di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Lokasi Candi Ngawen tidak jauh dari pasar Muntilan yang berada ditengah kampung tepatnya Desa Ngawen.

Jarak Candi Ngawen dari Candi Mendut kurang lebih 5 KM ,namun hanya sebagian masyarakat yang mengetahui keberadaan Candi Ngawen ini .Candi Ngawen selama ini dimanfaatkan sebagai tempat ibadah bagi umat Buddha.

Tags

About The Author

Suryatiningsih 35
Ordinary

Suryatiningsih

Content Writers tinggal di Magelang yang senang berbagi ilmu pengetahuan

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel