3 Tempat Wisata Budaya yang Menarik di Kota Pontianak ini Memiliki Nilai Historis

9 Feb 2020 19:20 2816 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pontianak dikenal kota budaya salah satunya tempat wisata budaya makam Batu Layang di tepi sungai Kapuas
 
Pontianak dikenal sebagai kota wisata dan kota khatulistiwa. Tempat wisata yang terkenal di kota Pontianak adalah tugu khatulistiwa.Tempat wisata menarik di Kota Pontianak  tidak hanya tugu khatulistiwa sebagai icon  dikota ini.Ketika berkunjung ke Kota Pontianak banyak dijumpai destinasi wisata alam menarik  dan ada juga tempat wisata budaya bisa dijumpai  di kota khatulistiwa ini yang  memiliki nilai historis. Berikut ini 3 tempat wisata menarik di kota Pontianak yang memiliki nilai historis dan bisa dijadikan alternatif wisata:
 
 
1. Rumah  Radakng 
 
Rumah Radakng merupakan rumah adat khas suku Dayak yang tinggal di Kalimantan Barat.Rumah adat Radakng memiliki nilai historis yang tinggi ,karena rumah adat ini rumah asli suku Dayak yang direnovasi ulang seperti aslinya yang  keindahannya mempesona .Ketika berkunjung ke Kota Pontianak bisa melihat keindahan rumah Radakng dari dekat 
 
Rumah Radang berlokasi dekat bundaran kota baru ini disebut-sebut sebagai rumah adat terbesar di Indonesia dan dunia  dengan panjang 138 meter dan tinggi 7 meter .Rumah Radakng terletak di Jalan Sutan Syahrir kota Baru, Pontianak memiliki arsitektur  yang khas  salah  satunya terdapat kolong dan pondasi yang tinggi untuk melindungi dari hewan buas dan musuh.
 
Keindahan lain dari rumah Radakng dihiasi patung burung Enggang kemudian 6 buah tiang berukuran besar. Keindahan rumah adat Radakng membuat tempat wisata ini  banyak dikunjungi oleh wisatawan yang datang melihat megahnya rumah adat Radakng yang memiliki halaman luas .Rumah adat Radakng sering digunakan sebagai tempat pekan Gawai Depok dan lainnya  ini menjadi icon wisata adat di kota Pontianak.
 
 
2. Keraton Kadariah 
 
Keraton Kandariah merupakan salah satu bangunan bersejarah peninggalan Kesultanan Pontianak. istana Kesultanan Pontianak  didirikan tahun 1771-1778 Masehi atau 300 tahun yang lalu  terletak di dekat pusat Kota Pontianak  tepatnya di Desa  Dalam Bugis , Kecamatan Pontianak Timur, Kotamadya Pontianak.
 
Keindahan keraton Kadariah begitu menawan.Bangunan istana yang terdiri 3 tingkat ini dihiasi 13 meriam kuno buatan Portugis dan Perancis .Ketika masuk dalam keraton dapat melihat dari dekat keindahan mimbar yang dulu digunakan sultan beristirahat sambil menikmati indahnya sungai Kapuas dan sungai Landak 
 
Koleksi benda-benda bersejarah mulai dari perhiasan ,pusaka ,artefak ,barang pecah belah ,foto keluarga sultan dan arca menjadi pesona keindahan lain dari keraton Kadariah. Koleksi lain yang ada di keraton Kadariah yaitu: baju kesultanam,cermin seribu,serta benda sejarah lainnya yang ada di  dalam keraton.
 
Keraton Kadariah dikenal dengan adat istiadatnya yang unik  salah satunya  perkawinan  dan tradisi tepung mawar dan hingga kini tradisi  tersebut masih bertahan. Ingin melihat dari dekat keraton Kadariah bisa datang ke Jalan Tj Raya 1, Desa  Dalam Bugis, Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak 
 
 
3. Makam Batu Layang
 
Makam Batu Layang sebuah makam  keluarga kesultanan yang merupakan  salah satu warisan Kesultanan Pontianak selain istana Kadariah dan masjid Sultan Abdurrahman . 3 Tempat wisata budaya ini berada di garis lurus dari istana dari arah Timur ke Barat .Disebut Batu Layang ,karena terlihat batu-batu yang ada disekitar sungai Kapuas seperti tidak tenggelam tetap melayang. 
 
Kompleks makam Batu Layang merupakan makam keluarga sultan Pontianak yang berada ditepi sungai Kapuas tak jauh dari tugu khatulistiwa. Kompleks makam sering dikunjungi  wisatawan berziarah sekaligus ingin mengetahui lebih lengkap riwayat keluarga sultan Pontianak sambil menikmati indahnya sungai Kapuas. 
 
Makam Batu Layang dan Keraton Kadariah merupakan salah satu   cagar budaya yang ada di kota Pontianak. Rumah adat Radakng juga merupakan aset budaya yang dilestarikan dan menjadi tempat wisata budaya menarik di kota Pontianak .Itulah  3 tempat wisata budaya yang memiliki nilai historis di Pekalongan yang bisa dijadikan alternatif wisata.
Tags

About The Author

Suryatiningsih 45
Ordinary
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel