4 Fakta Menarik Tedong, Kerbau Unik Asal Tana Toraja

5 Feb 2020 17:16 341 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kerbau tedong asal Tana Toraja ternyata faktanya harganya fantastis hingga tembus 1 milyar satu ekor 

Tedong berasal Tana Toraja ,Sulawesi Selatan.Masyarakat Tana Toraja biasa menyebut nama binatang ternak kerbau dengan sebutan Tedong

Kerbau Tedong di tanah Tana Toraja tidak hanya diternakan untuk membajak sawah ,tetapi juga dianggap sebagai  hewan sakral dan simbol status sosial

Kerbau bagi masyarakat Tana Toraja dinilai sesembahan tertinggi bagi masyarakat Tana Toraja yang meninggal dunia melalui ritual prosesi Rambu Solo.

Tedong kerbau asal Tana Toraja ternyata memiliki fakta menarik yang perlu Kamu ketahui.Berikut 4 fakta menarik tedong ,kerbau unik asal Tana Toraja:

 

1) Kerbau Tedong disebut  barang mahal

Pasalnya untuk bisa mendapatkan satu  kerbau sejenis ini harus membayar ratusan juta hingga  miliyaran rupiah .

Kerbau begitu penting dalam kehidupan masyarakat Tana Toraja terutama pada ritual Rambo Solo.

RambuSolo ,sebuah ritual upacara kematian yang digelar masyarakat Tana Toraja yang menganut aliran Aluk  To Dolo atau agama Toraja kuno.

Ketika upacara Rambo Solo berlangsung bisa dilakukan berhari-hari dan berminggu-minggu yang dihari ribuan orang .

Biasanya ritual upacara tersebut menurut aturan Aluk To Dolo atau agama Toraja kuno  diikuti keluarga bangsawan ,namun  kini ritual ini  juga  bisa dilakukan oleh non bangsawan  yang keuangan yang cukup .Sekarang siapapun bisa ,meski dulu hanya untuk bangsawan.

 

2) Ritual penyembelihan kerbau atau tedong menjadi acara penting dalam rangkaian ritual Rambu Solo

Hal yang menarik dalam acara Rambu Solo ini Jenis kerbau yang dikorbankan umumnya Jenis Kerbau Tedong Bonga .

Dinamakan Bonga , karena kerbau ini berwarna hitam dan  memiliki belang disekujur tubuhnya .

Tedong memiliki kasta beragam mulai Tedong Bonga,Tedong Pudu' dan Tedong Sambao .Tedong Bonga salah satu kerbau dengan kasta tertinggi Bonga ternyata memiliki beberapa jenis berdasar pada jenis dan belang berada .

Bonga Sanga'daran yaitu kerbau belang bagian mulut didominasi warna hitam .Bonga Randan Dali' dengan mata hitam dan alis berwarna hitam.

Tedong Bonga Lotong Boko' memiliki warna hitam dibagian punggung.Harga kerbau Tedong Bonga harganya mencapai ratusan ribu rupiah.

 

3) Kasta Kerbau Tedong

Jenis kerbau tedong Bonga yang memiliki nilai kasta tertinggi  adalah Kerbau tedong   Saleko.Kerbau tedong Saleko didominasi warna putih pucat dengan bercak atau belang disekujur tubuhnya.Masyarakat Tana Toraja biasa  menyebut dengan sebutan kerbau Tedong Saleko.

Kerbau  Tedong Saleko ini salah satu kerbau dengan harga termahal dari ratusan hingga milyaran rupiah  .

Tolak ukur harga seekor  jenis kerbau Tedong yang bisa mencapai ratusan juta hingga milyaran rupiah  ditentukan dari corak pada tubuh,gambar, bentuk dan warna,panjang tanduk ,tanda khusus pada tubuh hingga panjang ekornya.

Makin besar tanduk,maka makin panjang ekornya aka Uniknya bentuk  tanduk  jenis Kerbau Tedong  ini  juga bisa mempengaruhi harga.

Jenis   kerbau harganya rendah dan tidak laku dipasaran biasa di kerbau  Tedong Bulan berwarna putih cerah tanpa belang.

Kasta kerbau lain yang dinamakan  Tedong Sambao atau kerbau kasta terendah .Kerbau Tedong Sambao  berwarna abu-abu atau coklat  yang hampir menyerupai  kulit sapi  seperti kerbau bule.Kerbau jenis ini paling banyak disembelih saat ritual Rambu Solo .

Kerbau Tedong Saleko ini dibilang sangat mahal, karena digunakan buat ritual dan sulit dicari .Sulit dicari kerbau tedong Saleko ,pasalnya proses pembiakan Saleko relatif susah karena masa birahi betana sulit diketahui.

 

4) Menyita perhatian Wisatawan

Tedong atau kerbau asal Tana Toraja begitu menarik mampu menyita perhatian banyak orang sepanjanghari.Banyak wisatawan berkunjung ke Tana Toraja hanya untuk melihat dari dekat dan menyentuh kerbau endemik ini .

Bukan hanya warna  unik dari kerbau yang ada,  melainkan harga bisa selangit dan konon pernah ditawar hingga 1,2 milayar rupiah.

Pasar Bolu ,Tana Toraja sebagai pusat   tempat jual beli Kerbau Tedong .Di Pasar Bolu ini  banyak dijumpai ratusan  Kerbau Tedong dengan berbagai jenis pelbagai jenis kerbau mulai dari kerbau Saleko hingga jenis kerbau Kudu yang harganya paling murah .

Pasar Bolu, pasar kerbau terbesar di dunia .Di Pasar ini diperjualbelikan 500 ekor kerbau .Itulah 4 fakta menarik tedong unik asal Tana Toraja semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan Artikel ini pernah tayang dan diterbitkan di reviensmedia.

 

 

 

Tags

About The Author

Suryatiningsih 36
Ordinary

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel