Selalu ada Pelajaran dari Sebuah Kegagalan

27 Jan 2020 10:11 201 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Selalu ada pelajaran dibalik sebuah kegagalan

Gagal sebuah kata sederhana yang sarat makna.Makna dibalik sebuah kata gagal adalah ikhlas dan hikmah,namun tidak semua orang memahami makna sebuah kegagalan .

Tidak semua orang memahami makna dari kegagalan ,karena kata gagal kerap kali dianggap memalukan ,karena kegagalan hal paling tidak diinginkan di dunia.Gagal menjadi hal yang menakutkan sehingga semua orang menghindari dari kegagalan .

Setiap orang pernah mengalami suatu kegagalan .Entah kegagalan bisnis,karir ,pendidikan dan kegagalan dalam hal apapun ,namun setiap orang tidak ingin gagal dan ingin meraih sukses tanpa ada noda yang namanya kegagalan dan membuat banyak orang yang takut akan kegagalan .

Ketika alami kegagalan apa selanjutnya yang dilakukan ?Bangkit atau menyerah atau tetap menerima kegagalan yang dialami dengan lapang dada dan ikhlas?? Suatu pilihan yang sulit sebenarnya ,tetapi disisi lain setiap orang berusaha untuk menjadi orang sukses.

Cara tidak biasa dan dianggap aneh pun tak segan dilakukannya demi meraih kesuksesan .Semangatnya memang luarbiasa meraih kesukesan ,namun belum siap menghadapi sebuah kegagalan.

Kegagalan dianggap sebuah bencana dan musibah .Sebuah kegagalan dalam perjalanan hidup adalah hal biasa tidak perlu ditakuti.Terkadang orang yang mengalami kegagalan dianggap pecundang ,karena rekornya meraih gagal yang tidak terhitung jumlahnya hingga disebut pecundang.

Ketika alami kegagalan ada didepan mata terkadang malah muncul emosi dan egois yang tinggi .

Setiap orang berusaha menghindari kesalahan agar tidak mengalami kegagalan lagi.Dari sebuah kegagalan akan meraih kesuksesan dikemudian hari.Ketika seseorang meraih sukses tersebut awalnya mengalami kegagalan puluhan kali atau mungkin Ia rekornya meraih kegagalan .

Setiap orang memiliki cara berbeda ketika alami kegagalan kembali pada pribadi dan cara menyikapinya sebuah kegagalan .

Gagal terkadang membuat seseorang putus asa apalagi disaat itu masalah datang dan pergi tiada henti membuat hati tidak tenang dan tidak percaya diri.

Keadaan seperti ini membuatnya merasa rendah diri dan rasa minder pun seringkali hadir tanpa bisa dihindari. Ketika alami kegagalan hadapi dan sikapi dengan jiwa ksatria membuat hati lebih tenang .

Awalnya memang berat dan terasa sakit hati ketika alami kegagalan mengingat pengorbanan yang dikeluarkan tidak hanya uang,tenaga,pikiran dan waktu yang tidak jumlahnya tidak sedikit .

Pengorbanan selama ini terasa sia-sia saja tanpa hasil tidak sebanding dengan pengorbanan selama ini dikeluarkan yang hanya berakhir sebuah kegagalan .

Hidup terasa hancur hanya karena sebuah kegagalan ,namun dibalik sebuah kegagalalan ada sebuah pelajaran dan pembelajaran yang begitu berarti yang seringkali terlupakan

. Sebuah kegagalan dan sikapi dengan berani menghadapi kegagalan .Orang yang gagal bukanlah orang bodoh ,tetapi Ia orang berani dan siap hadapi resiko dalam keadaan apapun membuat mentalnya kuat hadapi tantangan

Gagal memiliki sudut pandang yang luas tidak hanya dilihat gagalnya saja dan sisi negatifnya saja .

Sebuah kegagalan banyak memiliki sudut pandang.Kesemuanya itu kembali pada diri sendiri bagaimana menyikapinya dan terkadang hanya masalah sudut pandang . Dari kegagalan ada sudut pandang lain yang lebih positif,lebih bermakna dibalik sebuah kegagalan .Sebuah kegagalan disikapi dengan sabar , bijak dan penuh syukur membuatnya menjadi bermakna

.Kegagalan bukanlah hal yang terlalu menakutkan ,tetapi sebuah kegagalan menjadikannya sebagai pengalaman .

Sisi lain dari sebuah kegagalan ada sebuah pelajaran yang tidak ternilai harganya yaitu arti hidup.Dari kegagalan yang dialami bisa memahami dan mengerti arti hidup yang sesungguhnya .

Ketika alami kegagalan jadi mengerti kehidupan dunia sebenarnya seperti saat jadi orang hebat itu selalu mengalami pasang surut kehidupan yaitu jatuh dan gagal .

Ada positif dan negatifnya sebuah kegagalan,tetapi selama ini seringkali melihatnya dari sisi negatif membuatnya menjadi hal yang buruk setiap mengalami kegagalan .

Kegagalan bukanlah hal besar dan menakutkan .Jatuh dan bangkit lagi dari kegagalan menjadi kebiasaan membuat sesuatu yang menyenangkan dan terbiasa dengan hal tersebut yaitu semangat tidak kenal putus asa.Kegagalan sebagai pengalaman yang berharga membuatnya menjadi lebih berarti meraih masa depan .Kegagalan bisa menjadi satu paket dengan pengalaman yang tidak dipisahkan .

Dari kegagalan ini pula bisa jadi Ia menemukan cara baru yang lebih baik ketika akan melangkah rencana berikutnya. Sebuah kegagalan ada pengalaman yang berharga yang bisa dijadikan bekal dimasa depan .

 

Tags

About The Author

Suryatiningsih 35
Ordinary

Suryatiningsih

Content Writers tinggal di Magelang yang senang berbagi ilmu pengetahuan

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel