Kota Singosari, Bekas Kerajaan yang Sekarang Jadi Kota Wisata Favorit

23 Jan 2020 19:15 466 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kota Singosari,Malang Jawa Timur Bekas wilayah kerajaan Singosari

Kota Singosari,sebuah kota kecil berada di wilayah Kabupaten Malang,Jawa Timur yang indah mempesona. Singosari adalah sebuah kecamatan dari 33 di Kabupaten Malang,Jawa timur. Kota Singosari yang indah ini berada dikaki Gunung Arjuno yang menjadikan kota ini sejuk dan asri. 

 

Kota Singosari bekas wilayah Kerajaan Singasari 

Kota Singosari  disinyalir sebagai bekas wilayah  kerajaan Singasari yang berdiri tahun 1222 - 1292 dibangun oleh Ken Arok hingga Kertanegara. Pasca kerajaan Singasari mengalami kemunduran bekas lokasi kerajaan Singasari penuh misteri. Kini misteri tentang wilayah Kerajaan Singasari terjawab sudah.

Wilayah yang diduga bekas Kerajaan Singasari tersebut adalah Singosari. Singosari adalah sebuah  wilayah  kecamatan berada dikaki gunung Arjuno, Kabupaten Malang, Jawa Timur yang diyakini sebagai lokasi bekas wilayah kerajaan Singasari.

Indikasi kuat wilayah Kecamatan Singosari sebagai lokasi bekas wilayah Kerajaan Singasari adalah: candi Singosari. Candi Singasari, sebuah bangunan candi yang diduga kuat peninggalan Kerajaan Singasari yang ditemukan di wilayah Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Tak jauh dari komplek candi Singosari ditemukan pemandian Ken Dedes serta sepasang arca Dwarapala yang diduga kuat penjaga pintu gerbang menuju kota Kutaraja ibukota kerajaan Singasari, 

Letak kota Kutaraja yang disinyalir kuat sebagai wilayah ibukota Kerajaan Singasari hingga saat ini belum ditemukan . lokasi istana Kerajaan Singasari yang berada di Kota Kutaraja sampai kini  juga masih menyimpan sejuta misteri.

Kini setelah lebih dari 700 tahun berlalu bekas wilayah  kerajaan Singasari sudah ditemukan itu bernama Singosari .Singosari yang berada  di kawasan kaki Gunung Arjuno ,Kabupaten Malang Jawa Timur kini menjelma menjadi kota yang indah.

 

Singosari, Kota yang indah di kaki Gunung Arjuno

Kota Singosari yang dulu sebagai bekas lokasi kerajaan Singasari kini berdiri dengan megah dan Indahnya dikaki Gunung Arjuno.Kota Singosari sekarang menjadi sebuah Kecamatan di Kabupaten Malang Jawa Timur .Wilayah kota Singosari pada perkembangannya terbagi 3 kelurahan dengan 14 desa ,meski wilayah kota Singosari berada dikaki gunung arjono ,namun laju perekonomian Singosari maju pesat tidak kalah dengan kota - kota kecil lainnya di Indonesia.

Seiring berjalannya waktu kota Singosari kini berkembang begitu pesat   apalagi Singosari berada dijalur strategis Malang - Surabaya mendorong Singosari berkembang menjadi kota industri. Singosari sebagai Kota industri perkembangannya begitu pesat hampir setiap sudut kota perusahaan banyak dibangun sejumlah perusahaan modern mulai dari pt rokok bentol, philip, dan beberapa perusahaan modern lainnya.

Menjamurnya industri modern di Singosari membuat Singosari tumbuh menjadi kota modern pasar, toko-toko pertanian hingga toko modern tumbuh menjamur dikota ini membuat kota ini menjelma menjadi kota modern di kaki Gunung Arjuno.

Kini berkat perjuangan ulama Singosari lambat laun kota ini menjadi basis Islam terlihat pembangunan pesantren atau lembaga pendidikan berbasis Islam mencapai puluhan sehingga menelusuri kota Singosari pesantren dan santri mudah dijumpai kemudian Singosari  dikenal juga sebagai kota Santri. 

Ketika menelusuri kota ini banyak dijumpai sekolah berbasis Islam mulai pendidikan formal dari TK sampai perguruan tinggi yang  mampu berprestasi tingkat daerah hingga nasional. 

Kota Singosari kini kemajuannya tidak hanya di bidang pendidikan pesantren atau pembangunan industri modernnya,namun pembangunan transportasi pun cukup berkembang dikota ini mulai angkutan kota,jalur kereta api sampai pembangunan bandar udara bertaraf nasional Abdurrahman Saleh yang jaraknya 8 km dari kota Singosari.

 

Tempat Wisata asyik di Kota Singosari  

Kota Singosari yang berada dikaki Gunung Arjuno dikenal memiliki banyak tempat wisata yang asyik sebagai alternatif wisata. Potensi wisata yang dimiliki kota Singosari mulai kawasan gunung Arjuno yang kaya keindahan alamnya seperti panorama alam,hutan pinus,cagar budayanya hingga kekayaan flora maupun faunanya yang menyelimuti kawasan gunung arjuno.

Sensasi lain dari Kota Singosari adalah Desa Sumberawan. Desa ini berada dikaki Gunung Arjuno yang dikelilingi rimbunan pepohonan pinus.Ketika berkunjung ke desa ini wisatawan bisa menikmati keindahan alam desa Sumberawan dan  melihat dari dekat candi Sumberawan. Candi Sumberawan adalah salah satu bangunan candi peninggalan Kerajaan Singasari yang ada di Kota Singosari. Candi sumberawan di terletak di Desa Sumberan sering digunakan sebagai tempat perayaan waisak masyarakat kabupaten Malang.

Tempat wisata asyik yang tak kalah menarik yang ada di Kota Singosari adalah  Candi Singosari  .Candi Singasari diduga kuat peninggalan Kerajaan Singasari. Keindahan Candi Singosari yang ada di Kota Singosari menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

peninggalan dari Kerajaan Singosari. Bentuknya seperti menara dengan ketinggiannya yang mencapai 15 meter. Candi ini ditemukan oleh Belanda sekitar tahun 1800 -1850.

Sekarang candi ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Karena selain melihat sisa sejarah tersebut, nyatanya Candi Singosari ini terletak di kawasan yang diliputi oleh pemandangan yang indah.

Destinasi wisata di Kota Singosari demikian berkembang pesat dewasa ini .Kini ketika berkunjung ke Kota Singosari bisa menjumpai sejumlah  tempat wisata yang eksotis seperti: Pertirtaan Watu Gedhe,Agro Tawon petik madu,Kebon teh Wonosari, Hawai Park, kawasan wisata Gunung Arjuno dan beberapa tempat wisata yang asyik sebagai alternatif tempat wisata di Kota Singosari, Malang, Jawa Timur 

 

Harga tiket masuk ke sejumlah lokasi tempat wisata di Kota Singosari 

Menikmati keindahan kota Singosari di Malang, Jawa Timur sambil berwisata ria di sejumlah lokasi wisata menjadi pengalaman yang mengasyikkan .Tiket masuk ke lokasi wisata di Kota Singosari sebagai berikut:

 

1. Hawai Waterpark

Alamat : Jalan Graha Kencana Raya  Banjararum ,Kecamatan Singosari,Malang.Tiket Masuk Hawai Waterpark dewasa dan anak- anak Weekend Rp100.000 dan Weekday Rp 75.000 .Harga tersebut sudah termasuk penggunaan seluruh wahana permainan .Fasilitas wisata: akiki beach,rainbow fall dan fasilitas   menarik lainnya.

 

2. Candi Singasari 

Candi Singasari beralamat Desa Candirenggo ,Kecamatan Singasari ,Malang Jawa Timur. Harga tiket masuk Rp 5000 untuk orang dewasa  dan Rp 3.500untuk anak- anak. Penginapan : Atria Hotel Malang ,Ibid Styles dan Horrisson Ultima.

 

3. Kebun teh Wonosari

Alamat Kebun teh Wonosari :Wonorejo,Lawang Jawa Timur. Jam buka 07.00 - 17.00 wib.Harga tiket Weekday Rp 8000 dan Weekend Rp 12.000

 

4. Candi Sumberawan 

Alamat Candi Sumberawan Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Malang. Harga tiket masuk wisata Candi Sumberawan  Rp10.000 Weekday dan Weekend.Biaya parkir kendaraan bermotor Rp 2000.Candi Sumberawan dikelola oleh Perum  Perhutani  KPH Malang ini asyik menjadi tempat alternatif wisata .

Tags

About The Author

Suryatiningsih 34
Ordinary

Suryatiningsih

Content Writers tinggal di Magelang yang senang berbagi ilmu pengetahuan

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel