Mengatasi 25 hambatan Menulis ( Dari inspirasi hingga masalah percaya diri)

20 Jan 2020 19:05 2142 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Mengatasi 25 hambatan menulis karya Lukman Haqani 

 Sebuah ulasan singkat dari buku "Mengatasi 25 hambatan Menulis ( Dari inspirasi hingga masalah percaya diri)"

 

Penulis :Lukman Haqani 

Penerbit :Pustaka Ulumuddin Bandung

Tebal halaman : 104

Cetakan 1: Desember 2002

                2: January 2004 



 

Buku yang berjudul Mengatasi 25 hambatan Menulis (Dari inspirasi hingga masalah percaya diri karya Lukman Haqani yang diterbitkan oleh Pustaka Ulumuddin Bandung menjadi solusi yang bijak bagi penulis pemula. Penulis pemula yang baru berkecimpung di dunia menulis seringkali mengalami beberapa  masalah mulai dari inspirasi tak kunjung datang, judul tulisan yang tidak tepat, tulisan tidak pernah dimuat di media massa membuat penulis menjadi jengkel, kecewa, tak percaya diri hingga terkadang ingin berhenti menjadi penulis akibat sering mengalami kegagalan dalam menulis.

Lukman Haqani lewat buku yang berjudul Mengatasi 25 hambatan Menulis ( Dari inspirasi hingga masalah percaya diri) memberi solusi yang sederhana dan bijak dalam membantu mengatasi hambatan menjadi seorang penulis yang handal dan sukses. Halaman 9- 10 di buku ini Lukman Haqani  menjelaskan bagaimana caranya mengatasi inspirasi tak kunjung datang saat menulis dan menurut Lukman Haqani cara mengatasinya dengan selalu membawa buku kecil untuk menulis ketika inspirasi datang. Cara lain menurut Lukman Haqani mengatasi Inspirasi tak kunjung datang dengan melakukan berbagai kesibukan mulai aktivitas jalan-jalan, membaca buku atau berita terkini atau bertukar pikiran dengan teman bisa jadi dari tukar pikiran tersebut mendapatkan masukan yang menarik sebagai bahan untuk membuat tulisan.

Sulit memulai yang ada dihalaman 26 -30 menurut Lukman Haqani menjadi  hambatan dalam menulis dan sering dikeluhkan oleh para penulis. Sulit memulai menulis tidak hanya dialami penulis pemula, tetapi penulis profesional pun mengalami hal serupa dan mengeluhkan masalah ini. Mengatasi masalah sulit memulai menulis di kalimat pembuka menurut Lukman Haqani di halaman 29-30 perlu melakukan hal seperti membuat sebuah pertanyaan yang merangsang merupakan lead yang bagus untuk memulai tulisan.

Sulit menjabarkan  dari kalimat pembuka hingga kalimat penutup menjadi masalah tersendiri bagi penulis. Masalah ini menurut Lukman Haqani di halaman 34-37 disebabkan oleh beberapa masalah mulai dari penulis tidak menguasai materi, masalah yang dibahas, kurang referensi bisa jadi membuat penulis tidak bisa dan sulit menjabarkan tulisan .Hal lain yang membuat sulit menjabarkan sebush tulisan menurut Lukman Haqani, karena tidak jelas kerangka karangan. Belum terbiasa membuat artikel menurut Lukman Haqani di halaman 36 menjadi penyebab sebuah tulisan sulit dijabarkan.

Tema tidak jelas juga menjadi penyebab hambatan dalam menulis sebuah tulisan. Hal ini terjadi menurut Lukman Haqani di halaman 46 akibat penulis tidak taat tema dengan mencari jalannya sendiri membuat tulisan  tidak mencapai sasaran. Naskah atau tulisan yang dibuat gagal menjadi dilema tersendiri bagi penulis membuatnya putus asa. Gagal dalam membuat tulisan menurut Lukman Haqani di halaman 58 menjadi hal biasa dan pernah dialami oleh setiap penulis. Tidak sepenuh hati dalam membuat tulisan tidak selesai dengan baik. Menulis sebuah artikel yang baik menurut Lukman Haqani di halaman 48 perlu dilakukan sepenuh hati tanpa tekanan dari orang lain. Kesungguhan hati dalam menulis menjadi kunci kesuksesan  sebagai seorang penulis. Hal lain yang tak kalah penting dalam menulis dan membuat tulisan berkualitas menurut Lukman Haqani halaman 101 - 102 di buku "Mengatasi 25 hambatan Menulis ( Dari inspirasi hingga masalah percaya diri)" yaitu belajar, belajar dan terus belajar menjadi kunci kesuksesan sebagai seorang penulis.

Tags

About The Author

Suryatiningsih 34
Ordinary

Suryatiningsih

Content Writers tinggal di Magelang yang senang berbagi ilmu pengetahuan

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel