Impikan Sungai di Indonesia seperti Sungai di Korea Selatan

9 Dec 2019 18:35 1137 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sungai di Indonesia seperti sungai di Korea telah terwujud meski bisa dihitung dengan jari salah satunya adalah Tuksd di.Surabaya dan Kalimalang

Ketika melihat sungai yang dipikir adalah kumuh, kotor dan penuh sampah. Sebagian besar sungai di Indonesia itu memang belum bersih dan airnya belum bersih seperti di negara Korea Selatan .Sungai yang ada di Korea Selatan sebagian besar sudah bersih ,airnya jernih ,indah dan menjadi bagian dari destinasi wisata yang menajubkan .

Indonesia sepertinya bisa memiliki sungai- sungai seperti yang ada di negara Korea Selatan .Indonesia adalah negara yang terkenal Keindahan alamnya mempesona.Sungai - sungai di Indonesia memang tidak seindah sungai yang ada di negara Korea Selatan.

Kondisi ini bisa terjadi karena Indonesia adalah negara tropis yang sebagian wilayahnya dilintasi garis katulistiwa.Sisi lain yang tak kalah menarik dari wilayah Negara Indonesia  dilintasi garis katulistiwa adalah 2 musim  yaitu musim kemarau dan hujan .Kondisi ini berbeda dengan negeri Korea Selatan yang memiliki 4 musim.

2 musim yang dimiliki wilayah negara Indonesia membuat kondisi wilayah ini banyak ditemui gunung berapi .Gunung berapi yang sebagian dimiliki wilayah Indonesia membuat sebagian sungai- sungai di Indonesia berbeda dengan sungai- sungai yang ada di negeri Korea Selatan .

Kondisi sungai yang berbeda dengan di negara Korea Selatan adalah sungainya sering dilanda banjir yang melanda sebagian wilayah Indonesia,akibat erupsi gunung berapi .Sisi lain masalah sungai yang ada di Indonesia adalah sungai penuh sampah ,akibat kebiasaan masyarakat setempat membuang sampah di sungai.

Kondisi ini jauh berbeda dengan kebiasaan masyarakat Korea Selatan yang dikenal disiplin tinggi masalah kebersihan lingkungan.Tak heran sungai - sungai yang ada di Negeri Korea Selatan bersih, indah ,jernih airnya
Sungai Cheongyecheon sepanjang 10,9 km adalah salah satu sungai yang membelah kota Soeul, Ibukota Korea Selatan dan menjadi destinasi alternatif wisata baru yang menajubkan.

Walau kondisi sungai di Indonesia kondisinya berbeda dengan sungai sungai di negeri Korea Selatan .Kini sungai- sungai di Indonesia mulai dibangun inovatif, kreatif dan menjadi destinasi wisata baru di Indonesia. Bisa jadi keberadaan sungai- sungai yang indah ini terinspirasi dari keberadaan sungai- sungai di negara Korea Selatan salah satunya adalah sungai Cheongyecheon.

Sungai Blongkeng yang ada di Kampung Daengan, Desa Gulon, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah salah satu.sungai yang indah mempesona dihiasi aneka bunga yang indah juga terinspirasi seperti sungai yang ada Korea Selatan.

Sisi lain Indonesia tidak saja berhasil revitalisasi sungai Blongkeng di Magelang, Jawa Tengah, tetapi juga ingin revitalisasi dan mengubah sungai Kalimalang di Bekasi dan Sungai Ciliwung di Jakarta seperti sungai di Korea

Kota Denpasar kini lebih awal revitalisasi seperti sungai di Korea Selatan yaitu Taman Kumbasari.Taman Kumbasari ini berada di tengah kota Denpasar tepatnya di Sungai Tukad ,Badung ,jalan Gajahmada ,Denpasar. Bali.Letak Taman Kumbasari berada di antara pasar seni Kumbasari dan pasar Badung.

Denpasar lebih dulu punya destinasi wisata sungai di tengah kota. Letaknya di Tukad (sungai) Badung, Jl Gajah Mada, Denpasar, Bali. Kawasan ini diberi nama Taman Kumbasari yang diapit Pasar Seni Kumbasari dan Pasar Badung.

Taman yang disebut- sebut terinpirasi dari sungai Cheongyecheon di Korea Selatan dihiasi sejumlah pohon palem dan aneka tanaman hias yang ada di kanan kiri sungai Ornamen bebatuan dan dilengkapi meja kursi juga menghiasi area taman Kumbasari. Lampu hias dan air mancur ikut menghiasi taman Kumbasari .Satu persatu impian sungai di Indonesia apakah bisa terwujud??

Tags

About The Author

Suryatiningsih 34
Ordinary

Suryatiningsih

Penulis adalah Alumni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel