Kota Gedhe, Pusat Kerajinan Perak di Yogyakarta

4 Dec 2019 09:50 221 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kota Gedhe dikenal sebagai kota perak pasalnya menjelajah kota ini banyak dijumpai kerajinan perak yang menjadi mata pencaharian penduduk setempat


Kota Gedhe ,sebuah  Kecamatan yang terletak di  kota Yogyakarta. Kota Gedhe, sebuah kota kecil yang ada di pinggiran kota Yogyakarta, namun kota ini menjadi berbeda dan unik dari wilayah lain di Yogyakarta  dengan keberadaan kerajinan perak. Menjelajah kota ini banyak menjumpai jalan-jalan sempit yang banyak berdiri bangunan toko,rumah berubin mozaik yang berjajar rapi dipinggir jalan.Bangunan tersebut disinyalir peninggalan para pedagang  berasal dari  Belanda  dan Arab ketika itu. Dari  bangunan bekas peninggalan inilah penduduk setempat membuat kerajinan perak sekaligus membuka show roomnya di tempat ini. Geliat ekonomi kota Gedhe  makin menunjukkan perkembangannya  dengan banyaknya pengrajin perak dan  menjadi nilai lebih dan istimewa bagi kota Gedhe membuatnya terkenal dengan sebutan sebagai kota perak.

Kota Gedhe disebut kota perak,karena  sebagian besar mata pencaharian penduduk kota ini adalah pengrajin perak. Ketika menjelajah di kota ini hampir setiap sudut kota Gedhe mulai kawasan pasar kota Gedhe hingga kawasan banyak  dijumpai kerajinan perak hingga kota ini terkenal dengan sebutan kota perak. Kota Gedhe yang  kini menjadi pusat  kerajinan perak  di Yogyakarta telah ada  sejak abad ke16 pada masa pemerintahan Panembahan Senopati yang tetap bertahan hingga sekarang.Tak heran masyarakat kota Gedhe terkenal keahliannya membuat aneka kerajinan perak.
  
Ketika berkunjung di kota Gedhe bisa melihat dari dekat kehidupan penduduk setempat yang sebagian besar mata pencahariannya sebagai   pengrajin perak. Berbagai kerajinan dibuat dari bahan dasar perak beragam bentuk dan jenis banyak tersedia ditempat tersebut disepanjang jalan utama kotagedhe seperti anshor silver.tom silver atau diteras rumah penduduk dengan jenis, harga beraneka ragam.Ketika wisatawan memasuki kawasan Kota Gedhe sepanjang jalan utama kawasan Kotagedhe dari jalan Kemasan sampai jalan Tega Gendu terlihat berjajar toko-toko yang menjajakan dan disuguhi pemandangan indah  beragam kerajinan perak.

Perak khas kota Gedhe memiliki ciri yang unik berbeda dengan perak biasa.Perak khas kota Gedhe memiliki bentuk relief yang berwarna hitam dan putih yang kontras. Beragam produk seni kerajinan perak yang dihasilkan mulai cincin, giwang, miniatur becak, kapal, andong, benda - benda keperluan rumah tangga, hingga perhiasan gaya Eropa dengan motif tradisional dijual di sini. Menariknya proses pembuatan aneka kerajinan perak dibuat dengan proses manual dengan tetap mengandalkan ketrampilan tangan baik kerajinan lempengan /kerajinan perak filigri atau proses produksi melalui pembakaran. Cara pembuatan kerajinan perak dengan cara manual dengan mengandalkan tangan tersebut mampu menghasilkan kerajinan perak yang berkualitas baik, memiliki nilai seni dan ekonomi yang tinggi. 

Harga jual kerajinan perak di Kotagedhe bervariasi tergantung besar kecil, penggunaan bahan baku sampai kerumitan pengerjaan membuat perak.Produk perak khas kota Gedhe yang harganya cukup mahal seperti  giwang, miniatur becak,kapal, andong hingga miniatur hewan. Seni kerajinan perak kota Gedhe berkualitas ekspor hingga mancanegara terutama Eropa.

Desa Gedhe menjadi salah satu central kerajinan perak di letaknya di tenggara kota Yogyakarta yang menawarkan sensasi berbeda dengan beragam kerajinan perak membuat kota ini sebagai surga bagi pecinta seni kerajinan perak. Wisatawan tidak saja bisa melihat dari dekat proses pembuatan kerajinan perak ,namun wisatawan juga bisa mencoba membuat perak secara langsung sesuai keinginan. Di kota Gedhe wisatawan bisa membuat perak di workshop yang khusus memperlihatkan secara langsung cara membuat perak dan workshop ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.Kota Gedhe menjadi tempat berburu aneka kerajinan perak, bahkan tidak sedikit wisatawan sengaja datang ke sini untuk membeli kerajinan peraknya yang terkenal memiliki ciri khas unik salah satunya yang  sering diburu oleh para wisatawan yaitu cincin pria yang dinamakan emban cincin. Emban cincin berkualitas tinggi dengan kadar perak 925 kemudian menariknya cincin ini mudah dibersihkan dan tidak mudah luntur.

Tags

About The Author

Suryatiningsih 32
Ordinary

Suryatiningsih

Penulis adalah Alumni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel