Menengok Desa Kandangan ,Desa Ekowisata di Temanggung

22 Nov 2019 13:35 342 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Desa Kandangan,desa wisata di temanggung yang menawarkan keindahan alam mulai panorama area persawahan yang dihiasi beragam.rumah singgah atau homestay omah Yudi salah satunya

 Desa Kandangan salah satu desa berada di Kecamatan Kandangan yang terletak lereng Gunung Sindoro 640 mdpl yang kini menjadi desa Ekowisata di Temanggung yang ramah lingkungan dan berwawasan lingkungan. Desa Kandangan sebagian besar terdiri lahan persawahan dan perkebunan dan pemukiman penduduk berada disekitar persawahan yang indah ini tak lepas dari Singgih Kartono, seorang pengusaha sekaligus pegiat sosial yang berasal dari Kandangan. Desa Kandangan menjadi bagian dari kegiatan Internasional Convention Village Revitalization yang perdana digelar di Indonesia saat itu.

Desa Kandangan sebagian besar wilayahnya terdiri dari Lahan pertanian yang cukup luas 140.78 hektar yang  dikelola menjadi lahan perkebunan kopi, cengkeh dan tanaman produktif lainnya.Sebagian lahan pertanian lainnya juga dikelola menjadi pertanian organik seperti sayuran organik sehingga tak heran pemukiman penduduk  desa ini dikelilingi perkebunan, persawahan nan hijau membuat desa ini menjadi sejuk nan asri. Lahan pertanian yang luas perpadu dengan pemukiman yang hijau nan asri menjadi inspirasi bagi  Singgih S Kartono menjadikan desa wisata Kandangan tahun 2015. Kini semenjak desa Kandangan menjadi desa wisata keindahan alam desa ini makin mempesona dan eksotis membuat desa wisata Kandangan ini berbeda dengan desa wisata pada umumnya yang menonjolkan keindahan alam atau obyek wisata tertentu ,tetapi Desa wisata Kandangan ini unik tidak hanya menawarkan kesenangan melainkan juga pengalaman yang tak terlupakan.
 
 Desa Kandangan sengaja dibuat sedemikian rupa untuk menghadir nuansa pedesaan yang alami dan asri. Wisatawan sambil jalan- jalan bisa  mampir ke workshop Spedagi  melihat dari dekat kerajinan radio kayu Magno karya Singgih.Selain itu, wisatawan dimanjakan sensasi pemandangan yang menajubkan yakni homestay nan unik yang menjadi cirikhas desa wisata Kandangan. Homestay atau rumah singgah tersebut membuat kawasan Desa Kandangan makin menarik membuat penasaran para wisatawan mengenai desa Kandangan .Hal ini sengaja dibuat sedemikian rupa agar wisatawan penasaran dan  selalu ingin berkunjung  dan terus-terusan kembali lagi ke Desa Kandangan.

Wisatawan dimanjakan tidak hanya keindahan alam pedesaan nan eksotif melainkan sensasi lain yang hanya ditemui di desa wisata Kandangan yaitu menikmati tidur ditengah persawahan di Homestay Omah Yudi atau homestay Spefagi. Homestay tersebut adalah rumah singgah modern minimalis berbahan kayu dan bambu beratap rumbia. Omah Yudi nan unik ini terletak ditengah hamparan sawah dengan fasilitas tempat tidur sharing room, kamar mandi, toilet,dapur, ruang serbaguna, wifi  atau bisa juga belajar memasak menu - menu khas lokal. Wisatawan juga dapat memanfaatkan waktu untuk keliling desa wisata Kandangan dengan bersepeda dengan menaiki sepeda bambu sambil melihat hamparan sawah dan melihat keindahan gunung Sumbing saat pagi hari nan cerah.

Selain itu, wisatawan yang singgah di homestay Yudi tersebut terdapat homestay Spedagi yang bersifat semi self servise dimana wisatawan ikut bertanggung jawab menjaga kebersihan, kerapihan ruang  kebersihan lingkungan .Wisatawan tidak hanya dapat singgah di salah satu homestay Yudi saja,melainkan dapat singgah ke beberapa omah Kelingan dalam bentuk lainnya yang tak kalah unik antara lain homestay omah Tani.

Homestay omah tani adalah rumah singgah terletak diarea hamparan sawah seluas 2,5 hektar terbuat dari bambu,kayu dibentuk sedemikian rupa oleh Singgih sang kreator juga ketua Spedagi .Homestay omah tani ini tidak hanya menyediakan rumah singgah lengkap berbagai fasilitas seperti: menu makan tradisional khas Temanggung kemudian menariknya homestay omah tani juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat pertemuan dan foto frewedding.


Suasana pedesaan di Desa Kandangan  terasa menyatu dengan hadirnya homestay atau rumah singgah  yang dibangun ditengah area persawahan salah satunya homestay Omah atau homestay Spefagi adalah rumah singgah modern minimalis berbahan kayu dan bambu beratap rumbia .Omah Yudi nan unik ini terletak ditengah hamparan sawah dengan fasilitas tempat tidur sharing room,kamar mandu,toilet,dapur, ruang serbaguna ,wifi  atau bisa juga belajar memasak menu- menu khas lokal .Wisatawan juga dapat memanfaatkan waktu untuk keliling desa wisata Kandangan dengan bersepeda dengan menaiki sepeda bambu sambil melihat hamparan sawah dan melihat keindahan gunung Sumbing saat pagi hari nan cerah

homestay Spedagi yang bersifat semi self servise dimana wisatawan ikut bertanggung jawab menjaga kebersihan, kerapihan ruang kebersihan lingkungan. Wisatawan tidak hanya dapat singgah di salah satu homestay Yudi saja,melainkan dapat singgah ke beberapa omah Kelingan dalam bentuk lainnya yang tak kalah unik antara lain homestay omah Tani.

Homestay omah tani adalah rumah singgah terletak diarea hamparan sawah seluas 2,5 hektar terbuat dari bambu,kayu dibentuk sedemikian rupa oleh Singgih sang kreator juga ketua Spedagi. Homestay omah tani ini tidak hanya menyediakan rumah singgah lengkap berbagai fasilitas seperti: menu makan tradisional khas Temanggung kemudian menariknya homestay omah tani juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat pertemuan dan foto pre-wedding.

Selain itu, singgah homestay omah tani wisatawan dapat belajar budidaya berbagai tanaman organik dalam pertanian organik tanaman da berolah raga dengan sepeda bambu karya Singgih menelusuri jalan yang dikelilingi hamparan sawah sambil melihat aktivitas petani,melihat keindahan gunung Sumbing saat pagi hari nan cerah .Homestay yang lain tak kalah menarik adalah homestay omah Kelingan .Omah Kelingan  ,suatu rumah singgah terbuat dari bahan kayu,bambu dibentuk sedemikian rupa hingga terbentuk rumah singgah nan unik seperti omah keong.

Omah Kelingan ini menawarkan hunian berupa rumah Kapsul yaitu rumah berbentuk  bola elips yang menggantung di pohon kemudian lokasinya dekat dengan pemukiman penduduk.Lokasi homestay omah Kelingan berada di perkebunqn kopi nan luas yang kemudian dikenal dengan nama rumah pohon atau omah Landak.


Selain itu , singgah homestay omah tani wisatawan dapat belajar budidaya berbagai tanaman organik dalam pertanian organik tanaman da berolah raga dengan sepeda bambu karya Singgih menelusuri jalan yang dikelilingi hamparan sawah sambil melihat aktivitas petani,melihat keindahan gunung Sumbing saat pagi hari nan cerah .Homestay yang lain tak kalah menarik adalah homestay omah Kelingan .Omah Kelingan  ,suatu rumah singgah terbuat dari bahan kayu,bambu dibentuk sedemikian rupa hingga terbentuk rumah singgah nan unik seperti omah keong.

Omah Kelingan ini menawarkan hunian berupa rumah Kapsul yaitu rumah berbentuk  bola elips yang menggantung di pohon kemudian lokasinya dekat dengan pemukiman penduduk.Lokasi homestay omah Kelingan berada di perkebunqn kopi nan luas yang kemudian dikenal dengan nama rumah pohon atau omah Landak.

     

Tags

About The Author

Suryatiningsih 32
Ordinary

Suryatiningsih

Penulis adalah Alumni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel