Masa Kejayaan Kerajaan Singasari

15 Nov 2019 11:15 418 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Masa kejayaan kerajaan Singasari mencapai pada puncaknya di masa pemerintahan Raja Kertanegara .Pada masa itu Singasari menguasai wilayah Jawa dan Sumatera


Kerajaan Singasari merupakan kerajaan Hindu yang ada di Jawa Timur mengalami masa kejayaan. Masa kejayaan kerajaan Singasari diawali pasa masa pemerintahan Kertanegara yang   bergelar Sri maharaja Kertanegara Wikrama dharmanoluya.Sepeninggal Wisnuwardhana Kerajaan Singasari  selanjutnya diganti oleh putera mahkota yang dulu diangkat sebagai raja muda Singasari bernama Kertanegara 1272-1292 dengan gelar Sri maharaja Kertanegara Wikrama dharmanoluya.Pada masa Raja Kertanagara bergelar Sri Maharaja ini Singasari tidak saja mengalami kemajuan dibidang  politik saja ,namun juga kemajuan ekonomi. Pada saat itu wilayah Singasari kekuasaannya tidak hanya meliputi jawa tetapi juga sumatera. Untuk mewujudkan ambisinya  tersebut sang raja Kertanagara mengadakan ekspedisi Pamalayu menaklukan Kerajaan Sriwijaya. 

Selain itu,Kertanegara juga mengadakan program Cakramandala  yang melibatkan seluruh kekuatan militer termasuk pasukan elit Bhayangkara. Cakramandala yang dicanangkan Maharaja Kertanagara dalam perkembangannya berhasil menaklukan sejumlah wilayah di nusantara salah  satunya menaklukan kerajaan Sriwijaya di Sumatera terkenal dengan ekspedisi Pamalayu tahun 1275 M pasalnya Sriwijaya memiliki pelabuhan Malayu yang ramai kapal asing dari India maupun Tiongkok. Ambisi Maharaja Kertanagara dalam menyatukan nusantara memang luarbiasa Ia tidak hanya menaklukan Sriwijaya,tetapi menaklukan Bali 1284 M.

Kerajaan Singasari dibawah Raja Kertanegara juga mengalami kejayaan pada bidang ekonomi .Jalur pelayaran sungai Berantas makin hari makin ramai mendorong jalur perdagangan juga berkembang pesat . Jalur perdagangan di sungai Berantas tidak hanya memperdagangkan hasil pertanian (beras) melainkan juga emas, rempah-rempah , kayu,cendana, pinang membuat jalur pelayaKeber Berantas makin ramai hingga akhirnya dibangun pelabuhan perdagangan di kawasan ini yakni pelabuhan Pasuruan.

Pelabuhan perdagangan inilah para pedagang melakukan kontak dengan perdagangan asing . Seiring berjalannya waktu pelabuhan perdagangan di Pasuruan berkembang pesat apalagi setelah pemerintahan Singasari dibawah pimpinan Raja Kertanagara mendorong ekonomi kerajaan Singasari mencapai puncak kejayaan.

Ekonomi dimasa pemerintahan raja Kertanagara memperoleh perhatian besar diera itu jalur perdagangan Sungai Berantas diperluas tidak hanya mencakup wilayah jawa ,tetapi mampu menembus jalur perdagangan sumatera,maluku , sampai jalur perdagangan internasional selat Malaka dan Kertanagara adalah sosok raja pertama yang memperluas wilayah ke luar jawa . 

Ekonomi dimasa pemerintahan raja Kertanagara memang luar biasa Raja Kertanagara mampu mampu menguasai jalur-jalur perdagangan di kepulauan Maluku,Sumatera melalui ekspedisi Pamalayu bertujuan memperkuat pengaruhnya di Selat Malaka kala itu menjadi jalur ekonomi dan jalur politik .        
Ekonomi dimasa pemerintahan Raja Kertanagara memang luarbiasa betapa tidak rakyat hidup damai ,sejahtera.Ekonomi kerajaan Singasari mencapai puncak keemasan ditunjang oleh kondisi politik yang konduktif tidak ada pemberontakkan dan sang raja Kertanagara mampu menjaga stabilitas politik ,keamanan sehingga tingkat kesejahteraan rakyat dapat tercapai merata dipelosok negeri.

Ekonomi Singasari yang maju pesat tak lepas dari pengaruh politik raja Kertanagara yang mampu memanfaatkan jalur perdagangan untuk kepentingan politik yakni memperluas wilayah kekuasaan Singasari ke Bali tahun 1284 dan membawa rajanya sebagai tawanan menghadap ke Singasari. Ekonomi Singasari dibawah pemerintahan raja Kertanagara awalnya mencapai kejayaan lambat laun terancam hancur akibat ambisi besar sang raja Kertanagara menggapai cita-citanya menaklukan seluruh nusantara.

Kejayaan Singasari memang luarbiasa dibawah pemerintahan Kertanegara Singasari tidak hanya mampu menguasai nusantara , melainkan juga mampu menciptakan sistem pemerintahan dengan menempatkan sejumlah rakryan dari tingkat kampung hingga kadipaten seperti rakryan hino,halu, srikan dan mahapatih.Kertanegara juga mempelopori penyatuan wilayah dinusantara serta mancanegara dengan ekspedisi pamalaya dan politik cakramandalanya kemudian menciptakan agama baru budha tratayan perpaduan agama hindu dan agama syiwa.

Tags

About The Author

Suryatiningsih 32
Ordinary

Suryatiningsih

Penulis adalah Alumni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel