Misteri Istana Kerajaan Singasari yang Hilang

14 Nov 2019 11:30 1007 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Kejayaan Singasari juga menjadi kehancuran kerajaan Singasari pada masa pemerintahan Kertanegara.Semenjak itu istana kerajaan Singasari hilang akibat perang dan bencana alam melanda kerajaan ini

Kerajaan Singasari adalah salah satu kerajaan besar yang pernah menguasai sebagian besar wilayah nusantara. Kerajaan Singasari merupakan kerajaan besar dimasanya yang terletak di Jawa Timur. Kerajaan Singasari mengalami masa kejayaan pada masa pemerintahan Kertanegara. Namun pada masa pemerintahan Kertanegara inilah kerajaan Singasari juga mengalami kemunduran dan kehancuran total. Kehancuran kerajaan Singasari sendiri diakibatkan oleh perang saudara yang berkepanjangan dan bencana alam yang membuat kerajaan ini satu persatu hilang tak berbekas salah satunya adalah Istana Kerajaan Singasari. Istana Kerajaan Singasari sebagai tempat tahta raja pun lenyap tanpa berbekas. Hilangnya Istana Kerajaan Singasari tanpa berbekas menyisakan sejuta misteri hingga kini dan apalagi keberadaan Istana Kerajaan Singasari ini disinyalir hancur rata dengan tanah.

Kota Kutaraja yang disebut - sebut sebagai ibukota Kerajaan Singasari juga meninggalkan sejuta misteri. Kota Kutaraja sebagai ibukota Kerajaan Singasari adalah tempat berada Istana Kerajaan Singasari.lokasi ibukota pun sulit dilacak dan ditemukan .Ironisnya letak lokasi dan bentuk istana kerajaan Singasari itu sendiri masih menyimpan sejuta misteri belum ditemukan hingga sekarang.

Kini misteri Istana Kerajaan Singasari lambat laun mulai terungkap dan terbongkar setelah ditemukan Candi Singasari didesa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa timur. Kawasan komplek candi Singosari yang ada Desa Candirenggo diduga kuat sebagai lokasi istana kerajaan Singasari. Candi Singasari dulu diduga sebagai tempat perabuhan jenazah Kertanegara. Indikasi inilah yang memberi bukti kuat letak istana kerajaan Singasari yang sesungguhnya.

Dari penemuan tersebut dapat disimpulkan lokasi istana Singasari disekitar komplek candi Singosari di Desa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa timur. Indikasi lain sebagai tanda bukti letak istana kerajaan Singasari disekitar komplek candi Singosari yakni penemuan sepasang patung/arca dwarapala disebelah barat situs komplek candi Singosari. Sepasang arca dwarapala ini terbuat dari batu monolitik yang berfungsi sebagai simbol penjaga pintu gerbang komplek istana kerajaan. Sepasang arca ini menunjuk pada penjaga pintu gerbang komplek istana kerajaan namun hingga sekarang belum dilakukan rekrontruksi untuk mencari letak istana Singasari.

Menurut catatan sejarah ajaran Saiva letak istana Singasari berada disebelah barat arca dwarapala mengingat arca penjaga pintu barat arca ganeca, pintu timur arca bathara, pintu selatan. Bila benar adanya, maka istana Singasari berada timur komplek candi Singosari. Misteri Lokasi Istana Kerajaan Singasari terus diungkap dan dibongkar oleh pemerintah salah satunya Arca Dwarapala yang ada di Komplek Candi Singasari.

Letak arca Dwarapala sekitar 300 meter sebelah Barat dari Arah Candi Singasari. Arca Dwarapala adalah arca penjaga pintu gerbang .Arah hadap Area Dwarapala sisi utara menjadi patokan Lokasi Istana Kerajaan Singasari. Arah hadap Area Dwarapala sampai saat ini belum terganggu hingga sekarang ini yakni menghadap ke Timur agak miring ke Selatan .Arca sebelah Selatan menghadap ke utara.Jejak gapuranya sendiri masih bisa dilihat walau tinggal reruntuhan di bagian sisi selatan jalan.

Dari reruntuhan gapura posisi arca Dwarapala berada di sebelah barat pintu gerbang .Jalsn kunonya yang dijaga Area Dwarapala bergeser dari arah timur ke barat .Lebar jalan utama dilihat dari jarak antara arca dan reruntuhan pintu gerbang sekitar 15-20 meter. Dari temuan ini bisa jadi Istana Kerajaan Singasari terdapat pintu gerbang gapura dan Area Dwarapala .Letak Istana Kerajaan Singasari diduga tidak jauh dari Area Dwarapala yang ada di.Komplek Candi Singasari. 

Posisi Istana Kerajaan Singasari yang diduga kuat berada satu poros antara gerbang ke kedaton dan puncak Gunung Arjuno. Kini istana Kerajaan Singasari sampai sekarang masih misteri dan terus masih dalam pencarian untuk. mengetahui keberadaan lokasi Istana Kerajaan Singasari yang sesungguhnya.

Tags

About The Author

Suryatiningsih 32
Ordinary

Suryatiningsih

Penulis adalah Alumni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel