Pesona Desa Kanigoro di Gunung Kidul, Yogyakarta

26 Oct 2019 12:23 193 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Desa Kanigoro Gunung Kidul dikenal keindahan pantainya yang eksotis

Berkunjung ke daerah  Gunung Kidul ,Yogyakarta tak ada salahnya mampir dan  berwisata ke Desa Kanigoro.Desa Kanigoro  salah satu desa wisata yang ngehits dan kekinian yang ada di Gunung Kidul yang asyik sebagai alternatif  wisata .Ketika berkunjung ke Desa Kanigoro Kamu dimanjakan pemandangan sejumlah pantai dengan pesisi pasir putih  yang  landai dan  dikelilingi bukit dengan  rimbunan pepohonan nan hijau menjadi cirikhas Desa Kanigoro.

 

1) Pantai Nguyahan 

Pantai Nguyahan adalah: salah satu pantai yang ngehits di Gunung Kidul  Yogyakarta .Pantai Nguyahan lokasinya tidak jauh dari pantai Ngobaran hanya 200 meter dari pantai Ngobaran. Pantai Nguyahan dikenal pantainya yang landai dan berpasir putih .Pantai Nguyahan begitu indah  dua tebing yang dihiasi rimbunan pepohonan nan hijau mengelilingi  buat kawasan pantai ini asyik sebagai rekomendasi alternatif wisata.

 

2) Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan  juga dikenal pantainya yang landai berpasir putih dengan tebing yang menjulang tinggi  perpadu rimbunan pepohonan nan hijau di sekitar pantai dan lautan yang biru membuat feed instagrammu makin cantik dan berwarna . 

Spot foto menarik yang Kamu bisa jumpai di Pantai Ngrenehan adalah aktifitas nelayan  di luar menangkap ikan  .Ketika  berwisata di Pantai Ngrenehan Kamu bisa melihat dari dekat kegiatan nelayan memperbaiki perahu dan jaring ,mengangkut ikan ke TPI dan menimbang ikan .Ketika Kamu Berwisata disini bisa melakukan kegiatan traveling yang asyik dengan memancing ikan atau bermain pasir sembari berburu cangkang yang  unik menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Pantai Ngrenehan dikenal sebagai pusatnya para nelayan, pusat pelelangan ikan,pelabuhan  dan kampung nelayan membuat pantai ini selalu jadi serbuan wisatawan untuk berburu kuliner seafood di Gunung Kidul, Yogyakarta.

Setelah puas menikmati Indahnya pesisir pantai Ngobaran  yang landai.Wisatawan bisa menikmati kulinernya yang lezat .Pantai Ngrenehan  dikenal kuliner seafoodnya memiliki citarasa yang tinggi harganya terjangkau .Ketika Kamu Berwisata di Pantai ini bisa menjajal aneka  kuliner  seafood yang lezat di deretan warung- warung  disepanjang pantai.Menu kuliner seafood yang tersedia bisa Kamu coba mulai nasi goreng seafood,ikan goreng sambal hijau dan kuliner yang lezat lainnya .Asyiknya lagi Kamu bisa berburu ikan segar dari nelayan di tempat pelelangan ikan di Pantai Ngrenehan.

 

3) Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran yang berada di Desa Kanigoro dikenal bangunan pura yang eksotis buat Pantai ini seperti nuansa di Bali.Sensasi seperti di Pulau Bali terasa demikian kental ketika Kamu melihat bangunan pura ,candi bercorak Hindu berada di tebing pantai Ngobaran dengan deburan ombak seperti tanah lotnya di Pulau Bali.

Lokasi bangunan pura yang berhadapan dengan laut mengingatkan Tanah lot di Pulau Bali .Bangunan pura berpadu dengan batu karang dan deburan ombak yang indah  di menjadikan tempat ini sebagai  rekomendasi alternatif wisata .

Bangynan candi bercorak Hindu  berlatar belakang lautan yang biru adalah spot foto yang mengasyikkan .Kamu pun bisa berselfie di area ini di beberapa tempat dengan latar belakang arca ,bangunan candi dan lautan yang biru menjadikan feed instagrammu makin indah berwarna .

Sisi lain pantai  Ngobaran yang unik dan beda selain bangunan candi bercorak Hindhu  adalah 3 bangunan ibadah mulai pura,rumah joglo dan masjid yang berdiri berdekatan dengan damainya.

Spot foto yang tak kalah menarik di Pantai Ngobaran adalah ornamen unik khas generasi milenial bisa Kamu jumpai disini .Ornamen unik yang ada di Pantai Ngobaran terbuat dari bambu pilihan yang dibentuk sedemikian rupa seperti ornamen love ,meja- kursi dan ornamen unik lainnya menjadikan tempat ini memang asyik sebagai tempat alternatif wisata.

Berburu kuliner di Pantai Ngobaran menjadi kegiatan yang mengasyikkan. Pantai Ngobaran   dikenal kulinernya yang lezat memanjakan lidah .Kuliner khas Pantai Ngobaran yang diburu wisatawan adalah landak goreng dan sambalnya yang lezat .

Kuliner khas Pantai Ngobaran yang dinamakan Landak goreng yang dimakan bersama sambal ini dikenal kelezatannya .Ketika Kamu berwisata ke Pantai Ngobaran bisa menjajal kuliner ini di warung- warung di kawasan Pantai Ngobaran .Selain kuliner Landak. goreng Kamu bisa mencoba kuliner lainnya berbahan dasar ikan yang lezat menggoda selera membuat acara liburanmu tambah berwarna.

 

4) Pantai Ndluwuk 

Pantai Ndluwuk salah satu pantai yang ngehits di Gunung Kidul ,Yogyakarta.Pantai ini memang pantai kecil yang ada di Desa Kanigoro .Letak Pantai Ndluwuk tersembunyi   diantara Pantai Ngobaran dan Pantai Ngrenehan .

Pantai Ndluwuk yang  tersembunyi di antara Pantai Ngobaran dan Pantai Ngrenehan  buat pantai ini jarang diketahui kalangan wisatawan .Walau letak Pantai Ndluwuk yang tersembunyi di antara pantai Ngobaran dan Pantai  Ngrenehan keindahan pesisir pantainya ngehits dan asyik sebagai alternatif tempat wisata.

Pesona keindahan  lain dari Desa Kanigoro yang unik dan khas  adalah ritual upacara Melasti .Pantai Ngobaran selain dikenal sebagai tempat wisata dan tempat ibadah juga dikenal sebagai tempat ritual upacara Melasti yang digelar  oleh masyarakat setempat yang beragama Hindu saat hari raya Nyepi tiba .

Ketika Berwisata di Pantai Ngobaran saat hari raya Nyepi tiba Kamu akan menjumpai suasana seperti berada di Pulau Bali.Terdengar suara gamelan khas Bali iringi upacara Melasti di Pantai Ngobaran .Acara upacara Melasti dimulai dari arak- arakan gunungan uba Rambe ( sesembahan) dan pura mini yang disebut Pratima dari area  parkir menuju ke tempat upacara yang di tepi pantai yang diiringi mantra suci dan kidung suci .

Saat upacara Melasti dimulai para peserta memakai pakaian khas Bali .Ritual upacara Melasti demikian hikmad dan sakral seperti yang ada di Bali buat perjalanan wisatamu berkesan dan menyenangkan.
 

Tags

About The Author

Suryatiningsih 31
Ordinary

Suryatiningsih

Penulis adalah Alumni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel