Tipe Data String di MySQL yang Mungkin Kalian Belum Tahu

12 Sep 2019 11:40 2322 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pembahasannya semakin menarik dan semakin mudah untuk dipelajari

Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas tentang tipe data numerik. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang tipe data karakter atau huruf, dalam bahasa pemrograman lebih dikenal dengan istilah tipe data string.

Tipe data string pada MySQL berguna untuk menyimpan data yang berupa huruf atau text biasanya. Tipe data string juga dapat menyimpan data numerik, namun tidak direkomendasikan.

Tipe data string ini biasanya digunakan untuk menyimpan data nama, hoby, sekolah, dan lain-lain (data yang berupa huruf).

Pada MySQL, tipe data string dibagi menjadi beberapa tipe data, yaitu: CHAR, VARCHAR, BINARY, VARBINARY, TEXT dan BLOB. Setiap tipe data string tersebut memiliki karakter dan panjang yang berbeda. Perbedaan dari tipe data tersebut berupa panjang karakter, cara menyimpan ke tabel MySQL, dan juga sifat case sensitif (fitur huruf besar dan kecil berpengaruh).

Selanjutnya mari kita bahas satu persatu tipe data string pada MySQL diatas.

 

1. Tipe data CHAR dan VARCHAR

Tipe data CHAR dan VARCHAR ini hampir sama, perbedaannya terletak pada cara mengambil dan menampilkan data dari database MySQL. Tipe data CHAR dan VARCHAR ini merupakan tipe data yang sering digunakan dalam membuat sebuah kolom.

Tipe CHAR dan VARCHAR ini juga bisa menampung data angka, tapi akan kurang efektif jika data angka yang diinput dalam tipe data STRING ingin digunakan untuk membuat perhitungan (di jumlahkan, dikurangi, dikali ataupun dibagi).

Jumlah maksimum yang sanggup ditampung oleh tipe data VARCHAR adalah sebanyak 255 karakter. Dan jumlah maksimum yang sanggup ditampung oleh tipe data CHAR adalah 65.535 karakter.

Format query dari type data CHAR dan VARCHAR:

CHAR [(M)]

VARCHAR [(M)]

Dimana M adalah jumlah karakter yang akan dialokasikan oleh MySQL. Misalkan nilai M=5, maka MySQL menyediakan 5 karakter untuk kolom tersebut.

Lalu apa perbedaan dari keduanya? Perbedaan antara CHAR dan VARCHAR ini adlah dalam segi penyimpanan yaitu CHAR yang menyimpan panjang karakter yang diterapkan, sedangkan VARCHAR bersifat dinamis dan sesuai input.

Misalnya kita membuat sebuah kolom pada tabel dengan menggunakan CHAR, dengan maksimal karakter sebanyak 10 karekter. Maka jika kita menginputkan 2 karakter, maka akan disimpan sebanyak 10 karakter (sesuai dengan jumlah karakter CHAR yang ditentukan).

Beda halnya dengan VARCHAR, jika kita menetapkan maksimal karakternya 10 karakter, dan saat kita input hanya 2 karakter, maka yang disimpan hanya 2 karakter saja sesuai dengan yang kita inginkan.

Namun, memiliki perbedaan. CHAR dan VARCHAR juga memiliki kesamaan yaitu kektika data yang diinput melebihi karakter panjang yang ditetapkan maka akan terpotong.

Cara Membuat Tipe Data CHAR dan VARCHAR

 

2. Tipe Data BINARY dan VARBINARY

Sebenarnya tipe data BINARY dan VARBINARY ini sama saja dengan tipe data CHAR dan VARCHAR. Hanya saja terdapat sedikit perbedaan pada bagian struktur penyimpanan kedalam MySQL, dimana tipe data BINARY akan disimpan secara biner (bit per bit), bukan secara karakter seperti halnya CHAR. Sederhananya, hal ini akan berefek pada case-sensitif data.

Contohnya, pada tipe data CHAR atau VARCHAR, jika menyimpan data “A”, maka MySQL akan menyimpan “A”. Yang berarti “A” (huruf besar) sama dengan “a” (huruf kecil). Namun pada tipe data BINARY akan berbeda. Jika yang disimpan adalah “A” maka akan berbeda dengan “a”.

Format query tipe data BINARY dan VARBINARY:

BINARY[(M)]

VAR BINARY [(M)]

Dimana sama seperti tipe data CHAR dan VARCHAR, M adalah jumlah karakter yang akan dialokasikan oleh MySQL. Misalkan nilai M adalah 5, maka MySQL menyediakan 5 karakter untuk kolom tersebut. Nilai M maksimal 255 karakter untuk BINARY dan 56,535 karakter untuk VARBINARY. Jika nilai M tidak dinyatakan, nilai defaultnya adalah 1.

BINARY akan disimpan dalam ukuran yang tetap, sedangkan VARBINARY akan berubah sesuai ukuran data (sama dengan perbedaan antara CHAR dan VARCHAR).

Cara Membuat Tipe Data BINARY Dan VARBINARY

Perhatikan bahwa pada query yang terakhir, tidak menampilkan hasil apa-apa, karena dalam BINARY ‘dunia’ tidak sama dengan ‘DUNIA’.

 

3. Tipe Data TEXT Pada MySQL

Tipe data TEXT pada MySQL berupa STRING, selayaknya dengan tipe data VARCHAR, namun perbedaannya tipe data TEXT memiliki alokasi ukuran yang besar dan panjang yang besar karakter nilainya.

Tipe data TEXT ini meliputi TEXT, TINYTEXT, MEDIUMTEXT dan LONGTEXT.

Tipe Data Ukuran Maksimum Jumlah Karakter Maksimum
TINYTEXT 255 Byte 255
TEXT 65.535 Byte (64 KB) 6.5535
MEDIUMTEXT 16.777.215 Byte (16 MB) 16.777.215
LONGTEXT 4.294.967.295 (4GB) 4.294.967.295

Setiap tipe data TEXT disimpan berdasarkan berapa data yang diinput, sama seperti VARCHAR, dimana jika kita mendefinisikan suatu kolom sebagai LONGTEXT, dan hanya berisi 100 karakter, ukuran penyimpanan yang digunakan sekitar 100 byte bukan 4GB.

Cara Membuat Tipe Data TEXT

 

4. Tipe Data BLOB pada MySQL

Tipe data BLOB adalah tipe data versi binary dari TEXT, dimana karakter akan disimpan dalam bit. Dan untuk karakter huruf, huruf besar dan kecil dibedakan (‘A’  tidak sama dengan ‘a’).

Tipe data BLOB ini meliputi TINYBLOB, BLOB, MEDIUMBLOB, dan LONGBLOB.

Tipe Data Ukuran Maksimum Jumlah Karakter Maksimum
TINYBLOB 255 Byte 255
BLOB 65.535 Byte (64 KB) 65.535
MEDIUMBLOB 16.777.215 Byte (16 MB) 16.777.215
LONGBLOB 4.294.967.295 (4GB) 4.294.967.295

Karena sifatnya yang tersimpan secara binary, maka tipe data BLOB ini dapat digunakan untuk menyimpan data multimedia, seperti gambar dan musikk kedalam tabel MySQL.

 

Cara Membuat Tipe Data BLOB

 

 

Tags

About The Author

Tineu Nursyifa 27
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel