Cara Membuat Konten Artikel yang SEO Friendly

5 Sep 2019 14:17 880 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Hanya dengan 6 langkah saja, Anda sudah dapat membuat konten yang SEO Friendly.

Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai Bagaimana cara kerja SEO dan faktor penting penentu keberhasilan SEO. Pada artikel tersebut dibahas salah satu poin utama dalam keberhasilan SEO adalah Content. Content Marketing dan SEO adalah dua hal yang sering menjadi topik pembahasan dalam digital marketing. Hal yang paling penting adalah bagaimana menjadikan kedua hal ini bisa bekerja secara bersamaan untuk meningkatkan ranking pada website anda. Sebelum berbicara lebih lanjut mengenai cara membuat konten artikel yang SEO friendly. Mari kita ulas kembali apa itu SEO dan Content Marketing.

 

SEO: Search Engine Optimization. Ini melibatkan serangkaian proses yang dilakukan untuk meningkatkan visibilitas pencarian, peringkat dan juga lalu lintas yang masuk ke halaman situs web anda dalam Search Engine. Untuk mengetahui Bagaimana cara kerja SEO dan faktor penting penentu keberhasilan SEO, Anda bisa membaca artikel saya sebelumnya di "Bagaimana Cara SEO bekerja? Apa 5 Faktor Penting Penentu Keberhasilan SEO?".

Content Marketing : Content bisa terdiri dari berbagai jenis. Seperti konten berupa Artikel, Infographic, podcasts, videos dan masih banyak lagi. Apapun jenisnya, yang paling penting adalah konten harus dibuat menarik dan informatif sehingga bisa mengajak dan mempengaruhi para audiens.

 

Setelah Anda mengerti mengenai kedua hal tersebut. Saatnya untuk mulai membuat konten menarik yang SEO Friendly. Berikut saya sampaikan beberapa cara untuk membuat konten artikel yang SEO Friendly :

 

1. Buat Judul Artikel yang Menarik Perhatian

Sebagus apapun konten yang kamu buat tidak ada artinya apabila kamu membuat judul yang kurang menarik. Judul adalah gerbang utama untuk menarik perhatian pengunjung. Banyak audiens yang memutuskan untuk membaca atau tidak membaca konten tersebut hanya berdasarkan judul yang mereka lihat.

 

2. Gunakan Keywords dengan Bijak

Menggunakan keywords sangat penting untuk SEO. Hal ini perlu Anda ingat ketika hendak menulis sebuah artikel karena dengan menggunakan keywords akan memudahkan mesin pencari untuk segera menemukan website Anda sesuai keywords yang di ketikkan. Anda tidak harus meletakkan banyak keywords sehingga membuat tulisan Anda menjadi terkesan tidak enak dibaca. Anda hanya perlu menggunakan keywords secukupnya pada artikel. Selain itu, letakkan juga keywords pada Judul artikel Anda.

 

3. Posting Artikel Secara Berkala

Jangan karena telah menulis beberapa artikel, Anda menjadi berpuas diri dan mengharapkan traffic datang dengan sendirinya tanpa anda menulis secara berkala. Hal yang paling penting dalam bisnis di dunia digital adalah konsistensi. Miliki juga jadwal regular anda dalam mem-posting artikel. Luangkan waktu lebih untuk menulis artikel yang informatif dan fresh setiap hari untuk Audiens anda.

 

4. Buat Postingan Anda Berbeda

Jika Anda menulis artikel di Blog pribadi Anda. Buat blog anda agar tampil modern, segar dan menyenangkan tambahkan tema-tema tertentu yang selalu fresh pada postingan Anda. Meskipun tema harus ditautkan dengan cara tertentu, Anda seharusnya tidak membuat semua halaman blog Anda mirip dari halaman satu ke halaman lainnya sehingga membuat orang bosan dan meninggalkan situs Anda.

 

5. Tautkan Link Artikel Anda

Selain itu Anda juga bisa menautkan link artikel-artikel Anda sebelumnya di dalam artikel yang sedang Anda kerjakan saat ini. Jangan tempatkan link tersebut pada akhir artikel. Banyak orang berpikir bahwa informasi yang mereka berikan di artikel sangat bagus sehingga pembaca akan menginginkan lebih banyak artikel Anda yang lain setelah mereka selesai membaca lalu segera mengklik tautan tersebut. Padahal belum tentu orang itu akan membaca artikel Anda sampai akhir. Itu sebabnya Anda harus meletakkan tautan di dekat bagian awal artikel.

 

6. Mulai Tulis Artikel Anda Sekarang

Tentu untuk membuat ke 5 cara diatas tersebut bekerja, Anda harus memulai berlatih menulis dari sekarang. Untuk permulaan, cobalah untuk menulis topik-topik ringan yang sesuai minat dan pengetahuan Anda. Dengan begitu, menulis bukan menjadi beban buat Anda melainkan sebuah media bagi Anda untuk bercerita kepada orang lain.

About The Author

Fela Putri Rahmadhani 18
Pensil

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel