Bagaimana Cara SEO bekerja? Apa 5 Faktor Penting Penentu Keberhasilan SEO?

4 Sep 2019 13:35 2834 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
SEO itu terlihat sederhana, namun kenyataannya cukup rumit.

Seperti yang kita tahu, dunia digital sudah sangat berkembang pesat dan hal tersebut membuat para pelaku bisnis mulai menerapkan strategi baru untuk meraih perhatian dari audiens. Terdapat banyak strategi digital marketing untuk meningkatkan bisnis, namun yang paling efektif dan bertahan lama adalah SEO atau Search Engine Optimization. SEO membantu website dan blog bisa ditemukan melalui mesin pencari dengan hanya mengetikkan keywords tertentu. Logikanya adalah agar website Anda bisa ditampilkan di awal untuk sebuah pencarian keyword, maka Anda harus membuat website tersebut bisa diindex oleh search engine dan memenuhi syarat formula algoritmanya. Melakukan dua hal tersebut itulah yang disebut dengan SEO.

 

Bagaimana sesungguhnya SEO bekerja dan Apa 5 faktor penting penentu keberhasilan SEO? Berikut penjelasannya :

 

1. Konten

Konten adalah faktor utama yang paling penting dalam SEO. Dalam banyak kesempatan, Google mengatakan bahwa mereka meberikan reward kepada situs web dengan konten yang menarik. Jadi, jika Anda ingin menggeser situs web pesaing anda dalam hal SEO, Anda harus mulai fokus pada pembuatan konten yang baik dan menarik. Konten yang baik adalah konten yang mudah dibaca dan bermanfaat bagi para pembaca nya.

 

2. On-Page SEO

Selain berfokus pada konten yang baik, anda juga harus memikirkan tentang pengaturan internal link dengan mengggunakan teknik fundamental yang tepat sasaran. Pilih Meta-description dan keywords secara hati-hati, tambahkan judul yang relevan dan optimalkan setiap gambar yang ada pada konten (tambahkan alt-text). Perlu diketahui juga bahwa, deskripsi pada meta-description dibuat dengan mempertimbangkan kesulitan keyword yang digunakan. Semakin sulit keyword yang digunakan maka semakin detail meta-description yang harus kita buat.

 

3. Backlinks

Pada dasarnya backlink merupakan suatu metode dimana pemilik atau pengguna website lain mereferensikan tautan tertentu yang diarahkan ke website anda. Mendapatkan backlinks yang banyak dari pengguna lain sangatlah penting untuk meningkatkan domain authority dan page authority sehingga bisa meraih kepercayaan audiens terhadap website anda. Backlinks yang berkualitas bisa diperoleh dengan membuat konten yang berkualitas. Semakin baik konten yang Anda buat, maka semakin tinggi pula kesempatan orang untuk mereferensikan tautan pada website Anda.

 

4. Kecepatan Loading Page

Kecepatan loading page juga sangat berpengaruh terhadap peringkat SEO website Anda. Semakin cepat loading page, semakin besar kesempatan Anda mendapatkan ranking teratas pada Search Engine. Karena, loading page yang cepat membuat para audiens lebih senang untuk meng-klik tautan-tautan lain pada website Anda.

 

5. Website yang mobile friendly

Mesin Pencari memperbarui algoritma mereka secara teratur dan sesuai dengan pembaruan algoritma Google yang terbaru, Google mengkonfirmasi bahwa semakin ramah sebuah situs untuk pengguna seluler, semakin tinggi peringkat halamannya. Periksa apakah situs Anda mobile friendly atau tidak. Jika tidak maka itu harus menjadi prioritas utama Anda untuk membuat website lebih mobile friendly.

About The Author

Fela Putri Rahmadhani 18
Pensil

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel