Tips Membuat Website yang SEO Friendly

3 Sep 2019 11:20 510 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Setidaknya ada 4 cara yang dibahas pada artikel ini.

Search Engine Optimization atau biasa disingkat "SEO" adalah sebuah proses yang dilakukan dengan sistematis untuk meningkatkan volume dan kualitas traffic kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web untuk menjadi posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan keyword tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung

Pada era ini, perkembangan bisnis melaju semakin pesat. Internet sudah mulai menjadi sarana media pemasaran digital. Oleh sebab itu, menjadi website teratas atau yang paling dicari oleh audiens di search engine sangatlah penting. Dalam sebuah website, konten merupakan bagian terpenting dalam melakukan optimalisasi SEO. Konten yang menarik tentu akan mengundang para pengunjung yang banyak ke website anda. Lalu, bagaiamana tipe-tipe konten yang mudah diindeks oleh mesin pencari?

 

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat website kalian lebih SEO Friendly :

1. Buatlah Konten yang berkualitas untuk Audience Kalian

Konten yang baik adalah konten yang mudah dipahami oleh audience kalian. Selain itu, isi konten yang berkualitas dan bermanfaat merupakan faktor penting untuk membuat website dan konten kalian menjadi paling populer dan teratas di mesin pencari. Setelah kalian membuat konten dengan kualitas, baru saatnya kalian mulai dengan masalah struktur website seperti : Jumlah kata, Struktur konten, Tag HTML, Meta Title dan Meta Tag. Hal paling mendasar ketika kalian ingin membuat sebuah konten, utamakan terlebih dahulu user experience dari audience kalian ketimbang mesin pencari. Dengan konten yang berkualitas dan banyak disukai audience, algoritma mesin pencari dengan sendirinya akan menempatkan website kalian di urutan teratas.

 

2. Gunakan Judul Utama & Sub-Judul Pada Konten Kalian

Setelah memastikan bahwa tulisan atau konten yang kalian buat dapat dibaca secara mudah dan cepat oleh audiens. Kini saatnya membuat Judul Utama dan menambahkan Sub-Judul pada konten kalian. Menggunakan judul dan sub-judul dapat membantu meningkatkan optimalisasi dari SEO. Pengguna cenderung akan membagikan sesuatu yang mereka anggap mudah untuk dibaca. Hal ini juga serupa dengan robot dari mesin pencari. Saat menyusuri website anda, mereka akan mencari judul dari konten yang berada di website anda dan menggunakannya untuk lebih memahami isi dari konten tersebut seperti dimana letak bagian yang paling penting dan sebagainya.

 

3. Pilih Keyword yang sesuai dengan Konten kalian

Sebelum kalian menentukan keyword untuk website kalian, sebaiknya kalian melakukan riset terlebih dahulu untuk menghindari penggunaan keyword yang sulit dicari oleh mesin pencari. Hal yang bisa kalian lakukan adalah menggunakan tools seperti Google Keyword Planer untuk mencari keyword-keyword yang populer di mesin pencari. Pilih beberapa keyword yang sesuai dengan konten kalian lalu kalian bisa mengetikkan pada Google Keyword Planer lalu akan muncul beberapa alternative keyword yang biasa dicari oleh pengguna. Dengan begitu, website kalian akan lebih optimal di dalam mesin pencari.

 

4. Optimalkan Gambar pada Konten Kalian

Konten yang menarik adalah konten yang tidak hanya menampilkan tulisan namun juga menampilkan gambar. Pemilihan Gambar yang menarik memungkinkan audiens untuk menyukai dan membagikan konten tersebut. Audiens tentunya juga lebih tertarik untuk membeli produk kalian yang ditampilkan di website apabila memiliki foto-foto yang menarik dan relevan. Kalian dapat mengoptimalkan gambar yang digunakan dengan menambahkan keyword ke file gambar dan memberikan ALT tag di dalamnya. Pastikan bahwa kalian juga mengoptimalkan ukuran gambar yang digunakan. Karena, Gambar yang terlalu besar akan memperlambat loading website dan menciderai SEO yang sudah anda buat. Masukkan gambar yang kalian sertakan dengan ukuran sekecil mungkin tanpa mengurangi visibilitas atau kualitasnya. 

 

Sources :

- Wikipedia

- Flickerleap

- Getresponse

- Winstarlink

About The Author

Fela Putri Rahmadhani 18
Pensil

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel