Terlalu Sering Konsumsi Bubble Tea? Waspadai Bahayanya bagi Kesehatan

27 Aug 2019 11:45 425 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Wajib dibaca, khususnya bagi para penikmat minuman dingin cepat saji kekinian.

Minuman yang mengandung Bubble atau Boba sedang populer dikalangan anak muda. Kedai minuman ini juga sudah banyak tersebar di setiap pusat perbelanjaan. Perpaduan Cita rasa yang manis dan butiran boba yang kenyal membuat siapapun rela untuk mengkonsumsi lagi dan lagi. Namun, Apa dampaknya jika terlalu sering mengkonsumsi minuman ini? Berikut rangkuman dari berbagai sumber mengenai dampaknya bagi kesehatan.

 

1. Susah Buang Air Besar

Image Sources: hellosehat.com

Bahaya yang pertama adalah kesulitan untuk buang air besar, Masih ingat kisah remaja 14 tahun di china yang mengalami sakit perut parah dan tidak bisa buang air besar selama berhari-hari? Setelah di CT Scan, ternyata di dalam perutnya menumpuk butiran Boba yang tidak tercerna sehingga menyebabkan saluran pencernaan nya tersumbat. Hati-hati bila kamu terlalu sering mengkonsumsi Boba tanpa di kunyah dengan halus terlebih dahulu, karena ini sangat disarankan untuk menghindari Boba yang sulit tercerna.

 

2. Diabetes

Image Sources: Lacasamorett.com

Bahaya selanjutnya jika sering mengkonsumsi Bubble Tea adalah Diabetes. Kandungan gula yang tinggi pada minuman ini sangat berbahaya bagi kesehatan. Menurut kementerian kesehatan RI, batas konsumsi gula yang disarankan per orang dalam sehari adalah 50 gram gula atau setara dengan 5-9 sendok teh. Menurut penelitian Mahasiswa dari Temasek Polytechnic Singapura, Mereka meneliti kandungan gula pada 3 jenis Bubble Tea dan menemukan bahwa rata-rata hampir 92 gram gula atau setara dengan 18 sendok teh yang terkandung di dalamnya. Bisa kamu bayangkan bahaya nya jika kamu terlalu sering mengkonsumsi minuman ini?

 

3. Obesitas

Image Sources : mommyasia.id

Selain itu, Bubble Tea juga mengandung lemak trans yang tinggi. Kandungan lemak trans yang tinggi sangat buruk untuk kesehatan karena dapat menyebabkan obesitas. Selain itu, Topping Boba merupakan sumber karbohidrat yang sangat tinggi. Dalam segelas bubble tea terdapat banyak sekali kandungan kalori, yaitu rata-rata 300-400 kalori. Kalori yang tinggi ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti kegemukan hingga perut terasa sering sekali lapar.

 

4. Asam Urat

Image Sources : hellosehat.com

Mengkonsumsi minuman dengan kandungan gula dan kalori yang tinggi juga bisa menyebabkan Asam Urat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Caitlin Batt, et al, sering mengonsumsi minuman manis lebih dari 2 kali per hari, dapat meningkatkan risiko terkena asam urat sebesar 1,78 kali pada pria dan 3,05 kali pada wanita.

 

5. Risiko Penyakit Kanker

Masih berkaitan dengan topping Boba yang digunakan dalam minuman bubble tea. Sebuah penelitian yang dilakukan University Hospital Aachen, Jerman menyebutkan bahwa terdapat kandungan Zat PCB pada Boba. Zat PCB tersebut sangat tidak layak untuk di konsumsi manusia karena merupakan zat penyebab kanker yang juga berefek buruk bagi kesehatan seperti penurunan sistem kekebalan tubuh, reproduksi, dan saraf. Hal ini nantinya bisa berujung pada berbagai penyakit kanker yang tentunya sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup.

About The Author

Fela Putri Rahmadhani 18
Pensil

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel