Cara Mudah Restore Aplikasi dan Data di iPhone dan iPad

16 Aug 2019 17:30 5147 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Saking mudahnya, pemula juga pasti bisa.

Ketika Anda ingin melakukan reset pada perangkat iPhone atau iPad Anda, sebuah hal tentang harus mengunduh lagi aplikasi favorit Anda mungkin jadi bahan pertimbangan Anda. Dikatakan seperti itu karena mengunduh kembali berbagai aplikasi favorit pastinya akan memakan waktu.

Penulis sendiri mengalaminya dan akhirnya setelah beberap menit berseluncur di dunia maya, penulis menemukan beberapa cara untuk mengembalikan aplikasi favorit Anda ke perangkat yang sudah di reset ke pengaturan awal.

 

1. Mengunduh Ulang Tanpa Harus mencari Setiap Aplikasi

Cara terbaik untuk mengembalikan aplikasi yang Anda miliki sebelum melakukan reset pada iPhone ataupun iPad Anda adalah dengan tidak melakukan restore lewat backup milik Anda. Alasannya, karena dengan mengunduh ulang aplikasi, resiko terkena bugs, crash ataupun masalah baterai boros sangatlah kecil.

Untuk mengunduh aplikasi favorit kalian dari app store tanpa harus mencarinya satu-satu, penulis menemukan sebuah cara yaitu dengan pertama-tama membuka “App Store” Kemudian klik icon akun milik Anda yang letaknya di pojok kanan atas.

Setelah masuk ke bagian account, klik pada bagian “purchased” dilanjutkan dengan “my purchase”. Selesai langkah tersebut, Anda akan menemukan “All” dan “Not on this iPhone / iPad”.

Di Bagian “All” menunjukkan aplikasi yang terpasang pada perangkat iPhone atau iPad Anda. Sedangkan bagian “Not on this iPhone / iPad” menunjukkan aplikasi yang pernah terinstall pada perangkat Anda. Nah disitulah Anda bisa mulai mengunduh semua aplikasi favorit Anda yang pernah terpasang pada perangkat Anda.

Sebagai catatan tambahan, metode ini hanya berlaku ketika menggunakan akun iCloud yang sama dengan akun yang digunakan sebelumnya pada waktu perangkat belum di-reset.

 

 

2. melakukan Restore via iCloud

Satu-satunya cara untuk melakukan restore aplikasi backup via iCloud adalah ketika Anda melakukan pengaturan awal ketika menyalakan iPhone atau iPad yang baru di-reset. Untuk melakukan restore aplikasi favorit Anda via iCloud, yang Anda perlu lakukan adalah dengan memilih “Transfer Your Data”.

Setelah mengklik menu tersebut, Anda akan mulai dapat melakukan transfer data dari perangkat iOS lama Anda ataupun dari iCloud milik Anda.

 

 

3. Melakukan Restore via iTunes

Jika Anda adalah pemilik akun iCloud yang hanya mendapatkan 5GB penyimpanan gratis, berarti iCloud sudah pasti bukan pilihan terbaik Anda sebagai tempat untuk backup data dan aplikasi Anda.

Lalu kenapa backup via iTunes lebih baik?

Jawabannya sangatlah sederhana; dengan menyimpan backup via iTunes, Anda akan dapat melakukan backup data, tidak hanya data aplikasi melainkan data-data lain yang menggunakan metode enkripsi seperti data pribadi dan Face ID milik Anda.

Untuk melakukan restore ini, sayangnya akan cukup memakan banyak waktu. Hal tersebut dikarenakan Anda harus melakukan beberapa langkah seperti melakukan backup via iTunes sebelum mereset perangkat Anda agar data Anda yang tersimpan adalah data terbaru sebelum perangkat iPhone atau ipad Anda di-reset.

Cara untuk melakukan backup sendiri cukup mudah, Anda tinggal membuka iTunes yang terpasang pada Macbook ataupun PC Anda. Setelah itu pilih backup untuk menyimpan data backup. Barulah stelah itu Anda dapat melakukan reset pada perangkat iPad ataupun iPhone Anda.

Setelah selesai melakukan reset, hubungkan kembali iPhone atau iPad Anda ke perangkat komputer Anda kemudian jika tadi memilih backup karena ingin menyimpan data. Maka sekarang pilih Restore Backup untuk mengembalikan data dari perangkat komputer ke perangkat iPhone ataupun iPad yang sudah Anda reset.

Mudah bukan? –BB-

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 58
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel