Inilah yang Bisa Dilihat Orang Lain Ketika iPhone atau iPad Anda Tidak Terkunci

21 Aug 2019 08:45 458 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Privasi apa saja yang aman, dan apa saja yang bisa dilihat orang lain.

Sebagian besar orang menggunakan smartphone milik mereka untuk menyimpan data-data penting yang kalau datanya tersebut diketahui atau dicuri oleh orang lain, maka banyak kerugian yang akan dialami si pemilik smartphone tersebut.

Produk buatan Apple, baik itu smartphone ataupun tablet juga ternyata tidak luput dari ancaman pencurian data. Misalkan saja ketika iPhone atau iPad milik Anda digunakan orang lain.

Lalu seaman apakah perangkat Apple tersebut? Apakah setelah membaca hal diatas para pengguna iPhone dan iPad lantas menghapus semua data penting yang ada di dalam perangkat Apple miliknya?

Jangan buru-buru mengambil keputusan, karena di bawah ini penulis akan menjelaskan hal terburuk apa yang bisa seorang pencuri iPhone atau iPad lakukan terhadap data-data penting yang ada di dalam perangkat tersebut.

 

 

1. Data Finansial dan Password

Jika iPhone atau iPad Anda berisi data penting seperti data finansial yang terdapat pada sebuah aplikasi perbankan. Maka Anda tidak perlu khawatir, karena pada umumnya aplikasi-aplikasi perbankan pada perangkat iPhone dan iPad sudah dilindungi oleh password yang sulit dijebol seperti Face ID, Touch ID dan PIN.

Selain itu, password yang Anda simpan di perangkat juga biasanya akan aman. Karena untuk dapat melihat password yang Anda simpan untuk sebuah aplikasi ataupun website, hanya akan dapat dilihat jika Anda membuka kunci di bagian manajemen password terlebih dahulu.

 

 

2. Email, Foto dan SMS

Jika iPhone ataupun iPad Anda tidak dilindungi penguncian layar, maka seseorang yang memegang perangkat tersebut akan dapat melihat email, foto dan SMS yang ada pada perangkat milik Anda. Karena pada umumnya, email, foto dan SMS itu memang tidak dilindungi oleh password.

Misalkan saja anak Anda atau keponakan Anda meminjam iPhone atau iPad milik Anda untuk bermain game. Secara otomatis anak atau keponakan Anda tersebut akan memiliki akses untuk melihat email, foto dan SMS yang terdapat pada perangkat Apple milik Anda.

 

 

3. Pemasangan Aplikasi

Enaknya perangkat Apple itu adalah ketika Anda ingin memasang sebuah aplikasi ke perangkat milik Anda, App Store akan meminta konfirmasi pemasangan aplikasi berupa face ID ataupun touch ID. Artinya, orang lain selain Anda sebagai pemilik iPhone atau iPad tidak akan bisa memasang aplikasi apapun ke perangkat tersebut.

Hal ini juga cukup bermanfaat bagi Anda yang iPhone atau iPad-nya sering dipinjam anak. Selain bisa memantau aplikasi apa yang anak ingin install, Anda juga bisa mencegah anak dari pemasangan aplikasi-aplikasi yang aneh.

 

 

Kesimpulan

Jadi dari ketiga fakta tentang data-data penting yang terdapat dalam iPhone atau iPad Anda, penulis dapat menyimpulkan bahwa data yang hanya bisa dilihat oleh orang lain selain pemilik iPhone ataupun iPad dalam keadaan layar tidak terkunci adalah foto, email, dan SMS. Selain itu, orang lain itu juga bisa menggunakan browser serta menggunakan banyak aplikasi milik Anda dengan bebas.

Walaupun dapat menggunakan banyak aplikasi dengan bebas, untungnya orang lain tersebut tidak akan dapat melihat data penting soal finansial yang memang biasanya dibekali dengan perlindungan kata sandi, baik itu berupa face ID, touch ID maupun pin dan kata sandi pada umumnya.

Jika dibandingkan dengan PC ataupun smartphone Android, menurut penulis privacy dari iPhone dan iPad lebih ketat

Jadi? Masih memutuskan untuk menyimpan data penting pada perangkat Apple Anda? Atau mungkin beralih ke metode penyimpanan password lain? Seperti menuliskannya di secarik kertas, ataupun hanya dengan mengingatnya saja dengan kemungkinan password tersebut akan lupa. –BB-

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 57
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel