Mengenal Dekat Maha Patih Gajah Mada

2 Aug 2019 10:17 733 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Gajah Mada adalah Maha patih kerajaan Majapahit yang dikenal cerdikĀ 

Gajahmada ,seorang patih kerajaan Majapahit yang terkenal dengan sumpah palapa ,namun siapakah Patih Gajahmada sesungguhnya ?hingga kini asal usul riwayat hidupnya penuh misteri.Sebuah catatan menarik dari hasil diskusi tentang kontroversi Gajahmada dalam prespektik fiksi dan sejarah dikomplek taman wisata candi Borobudur ,Magelang Jawa tengah pada tanggal 29 oktober 2012 lalu menyebutkan Gajahmada menghabiskan masa kecil dan meninggal dunia di wilayah lamongan,jawa timur tepatnya didesa Modo yang dulu termasuk daerah kerajaan Kahuripan Erlangga.

Asal usul Gajahmada yang misterius muncul menurut catatan Merdeka .com akibat tidak adanya data bukti arkeologis yang ditemukan terkait keberadaan maupun cikal bakal Gajahmada hingga muncul daerah banyak sekali yang mengklaim secara lisan menganggap daerah mereka tempat asal muasal Gajahmada,namun bukti arkeologis lain berupa sebuah kuburan Islam yang diduga kuburan Patih Gajahmada serta sejumlah prasasti menyinggung cerita Gajahmada juga belum menjadi bukti otentik tentang asal usul Gajah mada sebenarnya.

Walau asal usul Gajah Mada penuh misteri dan kontroversi kitab Negarakertagama menyebutkan Gajah Mada lahir tahun 1334 M selanjutnya latar belakang kehidupannya juga tidak diketahui secara pasti kisah kehidupan Gajahmada banyak tercatat dalam kitab Negarakertagama dan Pararaton yang menyebutkan Gajahmada lahir didesa Madda dekat kaki gunung Semeru dibawa oleh seorang patih kemudian diberi nama Madda dan gajah atau julukan atau sebutan bagi yang kuat. Nama Gajah Mada berarti orang yang kuat dari desa Madda.

Ayah Gajah Mada bernama Curadharmawyasa ,sedangkan ibu kandung Gajah Mada bernama Nariratih dan kedua orang tua Gajah Mada dijadikan brahma nama mereka berubah menjadi curadharmayogi dan Patni Nariratih. Dibalik itu ternyata Mada dikenal Gajah Mada ini kemunculannya di panggung sejarah Indonesia penuh misteri dan kontroversi sebagaimana dilansir Kompasiana tulisan Erwin Jahja pada tanggal 24 Mei 2010 berjudul Misteri Gajahmada antara lain menyebutkan nama gelar Gajah diambil dari binatang asal Minangkabau asumsi diperkuat adanya hubungan kedekatan antara Gajah Mada dan adityawarman pendiri kerajaan Pagaruyung dan dikatakan Erwin Jahja bahwa Adityawarmanlah yang membawa ke Majapahit .

Karir Gajahmada dalam dunia politik sejak awal tidak ada diketahui sumber sejarah dikisahkan awal karirnya berpangkat bekel atau kepala pasukan bhayangkara pada masa Jayanegara 1309-1328 M .Era Jayanegara inlah Gajah Mada bertemu Ra Kuti ,namun bagaimana caranya Gajah Mada hanya berpangkat bekel Bhayangkara menurut erwin Jahja mampu menumpas pemberontakan, membunuh Ra Kuti hingga dapat menyelamatkan sang Raja Jayanegara serta mengembalikan kembali tahta kerajaan Majapahit ke tangan Jayanegara tanpa konflik yang berarti.

Kehidupan Gajah Mada memang misteri betapa tidak dulu Gajah Mada sangat membela Raja Jayanegara dengan menumpas, mengembalikan kekuasaan ke tangan Jayanegara kemudian diangkat oleh Jayanegara sebagai patih di Daha dengan Raja Dyah Gitarja adik tiri Jayanegara.

Semenjak Gajah Mada menjadi Patih di Daha timbul perang saudara antara Jayanegara dengan Dyah Gitaraja atau tribuana tunggadewi kemudian dalam perang tersebut Jayanegara tewas ditangan seorang tabib bernama Ra Panca kematian Jayanegara membuat balas dendam terhadap Ra Panca dan sang tabib meninggal ditangan Gajahmada.Diduga kematian Jayanegara telah lama direncanakan oleh Gajahmada lewat tangan Ra Panca mengingat Gajah Mada telah kenal lama dengan Dyah gitaraja ,meski akhirnya Ra panca tewas ditangan Gajahmada dan apakah ini memang telah dirancang demikian rupa oleh Gajahmada? Pasalnya setelah Jayanegara tewas Dyah Gitaraja menjadi Ratu Majapahit bergelar Tribuana Tunggadewi.

Era Tribuana Tungga inilah Gajahmada naik pangkat menjadi Mahapatih dengan kepandaiannya berdiplomasi, serta sumpah palapanya Gajah Mada mampu menguasai nusantara.

Tags

About The Author

Suryatiningsih 32
Ordinary

Suryatiningsih

Penulis adalah Alumni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel