Mengintip Proses Pembuatan Batik kayu Krebet

1 Jul 2019 17:15 1425 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Batik kayu Krebet yang dibuat masyarakat Krebet membuat penasaran bagi wisatawan bagaimana proses Pembuatannya wisatawan bisa datang ke Desa Krebet

Batik Krebet demikian familiar dikalangan masyarakat Yogyakarta membuat kerajinan batik Krebet yang diproduksi masyarakat Desa Krebet terkenal hingga mancanegara. Kagum akan keindahan batik Krebet jadi ingin tahu, timbul rasa  penasaran dan bagaimana  proses pembuatan batik kayu Krebet dibuat .Menjawab rasa penasaran tersebut  wisatawan bisa melakukan kegiatan traveling dengan mengunjungi secara langsung ke Desa Krebet.

Rasa penasaran akan ingin tahu bagaimana batik kayu Krebet  wisatawan akan terobati. Paling tidak bisa melihat dari dekat proses Pembuatan batik Krebet  saat wisatawan datang langsung ke Desa Krebet. Ketika berwisata ke Desa Krebet  wisatawan disambut  pemandangan yang unik dan berbeda yaitu  batik kayu Krebet. Selain itu wisatawan disambut pula oleh aktivitas para pengrajin batik kayu Krebet yang sebagian besar adalah masyarakat Desa Krebet. Kerajinan batik kayu Krebet adalah mata pencaharian masyarakat Desa Krebet hingga kemudian dikenal Batik Krebet.

Kerajinan batik kayu Krebet menjadi cirikhas dari Desa Krebet. Lewat kerajinan batik Krebet masyarat Krebet menawarkan keindahan yang berbeda yaitu dari  sisi seni  dan budaya lewat  kerajinan tangan yang unik dan khas yaitu Batik kayu Krebet. Lewat seni kerajinan batik kayu mampu memberi kesan tak terlupakan bagi wisatawan. Batik kayu yang biasa   digunakan masyarakat Desa Krebet sebagia media membatik yaitu kayu mahoni, klepu, sengonn yang dikenal jenis kayu berkualitas baik. Dari media beragam jenis kayu ini masyarakat Krebet dengan keahlian, ketrampilanya yang dimiliki kemudian mengolahnya menjadi aneka kerajinan batik  kayu berkualitas eksport  yang inovatif kreatif  mulai kerajinan  topeng batik kayu, wayang, patung, bingkai cermin, gantungan kunci dan beberapa souvenir lainnya yang menarik.

 Proses pembuatan kerajinan batik kayu tidaklah mudah perlu Ketrampilan, keahlian yang profesional dalam membuat batik kayu Krebet .Selain itu pengrajin tidak hanya Ketrampilan khusus dalam membuat batik kayu melainkan juga ketelatenan, kesabaran yang tinggi. Hal ini perlu dimiliki oleh seorang pengrajin batik kayu supaya hasil kerajinan batik yang dihasilkan berkualitas baik. Kualitas batik kayu yang dihasilkan begitu berarti bagi pengrajin mengingat kerajinan batik kayu ini dipasarkan ke wilayah nusantara dan mancanegara.

Proses pembuatan batik kayu Krebet  dilakukan  melalui cara  manual tanpa alat bantu. Pembuatan batik kayu cara manual ini  mampu menciptakan beragam motif yang eksotis mulai motif kawung, garuda, sidorahayu, sidomukti, parangrusak dan beberapa motif lainnya tak biasa. Pembuatan batik kayu secara  perlu keahlian tersendiri untuk menghasilkan karya seni berkelas tinggi yang demikian mendetail. Bahan baku batik kayu terbuat dari kayu sengon, pule dan kayu jati ini dipilih berdasar keunggulan, kualitas kayu sebagai bahan kerajinan. Cara pembuatan batik kayu perlu keahlian tertentu berdasar pola, bentuk yang ingin dibuat sedemikian rupa lalu diukir sesuai pola yang diinginkan.

Proses selanjutnya setelah ukiran jadi kemudian ukiran setengah jadi diamplas, dibatik dan diwarnai. Pewarna batik kayu terdiri pewarna batik, naptol, indigosol, dan cat sungging. Motif yang dipakai dalam proses batik kayu Krebet  adalah motif parang rusak, parang barong, kawun, garuda, sidorahayu hingga sidomukti.
  
  Kemampuan seni warga Krebet mengubah kayu menjadi handycraft berupa bentuk pahatan, ukiran perabot rumah tangga,perhiasan yang eksotis Tidak hanya  kerajinan topeng kayu bermotif yang dibuat pengrajin Krebet, namun masih banyak macam kerajinan yang dihasilkan pengrajin batik kayu di Desa Krebet mulai kerajinan wayang, patung, miniatu almari, frame foto dan beragam souvenir khas Krebet. Wisatawan  ketika berwisata ke Desa Krebet tidak hanya melihat dari dekat proses pembuatan batik kayu Krebet dari pemilihan bahan baku sampai proses akhir, melainkan juga wisatawan dapat belajar membuat batik kayu disanggar seni di Desa Krebet.

Tags

About The Author

Ningsih 30
Pena

Ningsih

seorang penulis yang lagi belajar menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel