Susun Resolusi Keuanganmu di Tahun Baru dengan Solusi Cerdas

2 Jan 2019 09:17 754 Hits 0 Comments
Kebanyakan orang menerapkan prinsip 10-20-30-40.

Saat memasuki tahun yang baru, kita biasa menyusun resolusi hidup. Sekarang ini saatnya kita mengingat dan mengecek apakah resolusi dan harapanmu di 2018 lalu sudah tercapai atau belum sama sekali.

Jika belum, mungkin cara dan usaha yang kita lakukan memang belum maksimal. Maka dari itu, penting bagi kita untuk menyusun ulang strategi agar semua resolusi yang tertunda bisa tercapai pada 2019 ini.
 
Dalam menyusun resolusi di tahun baru kita lebih sering menuliskan hal-hal yang ingin kita lakukan tanpa solusi untuk mencapai resolusi tersebut. Maka dari itu, kita sering melupakan hal yang sangat penting yaitu kesehatan finansial.

Kesehatan finansial sejatinya hal yang paling dasar bagi resolusi-resolusi yang sudah kita buat sebelumnya. Kita mungkin sering menemukan kesulitan untuk mendapatkan kesehatan finansial karena merasa belum memiliki cukup ilmu dalam mengelola dana. Padahal, hal tersebut bukan menjadi suatu halangan.

Yang perlu kita lakukan hanyalah membuat alokasi dari penghasilan kita. Kita harus bisa melakukan hal tersebut secara konsisten.

Kebanyakan orang menerapkan prinsip 10-20-30-40. 10% dari pendapatan dialokasikan untuk hal-hal kebaikan, 20% lainnya kita sisihkan untuk masa depan, dan sisa 30% dan 40%-nya adalah untuk pembiayaan cicilan dan pemenuhan kebutuhan kita sehari-hari.

Pada dasarnya cara menentukan alokasi dana dari setiap orang pasti akan berbeda tergantung kemampuan kita masing-masing. Namun demikian, setidaknya kita harus menyimpan sekitar 10% dari pendapatan kita untuk masa depan dengan menabung dan berinvestasi. Menabung pun bukan di instrumen tabungan konvensional karena saat ini sudah ada tabungan modern yang lebih dari tabungan biasa.

Selanjutnya, jika kita belum memiliki banyak pengetahuan mengenai investasi, reksa dana bisa menjadi solusi dalam melakukan investasi. PT. Indo Premier Investment Management (IPIM) merupakan salah satu manager investasi yang memiliki beragam pilihan reksa dana mulai dari reksa dana saham yang diperjual belikan di bursa efek Indonesia (ETF), reksa dana campuran, sampai dengan reksa dana pasar uang.

Nah, untuk kita yang belum bisa menerima risiko investasi, Reksa Dana Premier Pasar Uang II merupakan pilihan tepat dalam berinvestasi. Menariknya, reksa dana besutan IPIM ini kini bisa dinikmati dengam mudah melalui aplikasi tabungan online bernama IPOTPAY, yang hanya dengan 100 ribu rupiah saja kita sudah dapat menikmati investasi reksa dana pasar uang.

IPOTPAY menjadi solusi cerdas untuk tabungan masa kini karena memberikan imbal hasil tinggi 7-9% per tahun. Imbal hasil ini tentu saja lebih jauh dari bunga tabungan konvensional dan deposito sekali pun.

Tags

About The Author

Dhea Anggraini 27
Pena

Dhea Anggraini

Pemula

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel