Mencari Jati Diri

29 Aug 2018 10:22 1438 Hits 0 Comments
Mencari jati diri menjadi diri sendiri
Jati diri itu indentitas diri.tetapi akibat pengaruh lingkungan keluarga,masyarakat yang terkadang membuat diri sendiri merasa asing dengan diri sendiri dan terkadang membuat tak kenal diri sendiri.
 
Pergaulan yang bebas dizaman now memberi dampak luar biasa buat diri sendiri.Pergaulan kata orang bisa membuat percaya diri ,menjadi supel tetapi kembali pada diri sendiri dalam bersikap dilingkungan pergaulan masyarakat.
 
Terasa aneh setiap hari berinteraksi,bergaul dengan masyarakat malah merasa asing dengan diri sendiri.Semustinya tidak perlu sampai terjadi bila seseorang bijak bersikap dalam pergaulan .
 
Jati diri yang hilang membuat merasa tak punya jati diri.Entahlah merasa asing dengan diri sendiri dan merasa seperti bukan diri sendiri membuat aneh kepada diri sendiri sampai tidak kenal diri sendiri. 
 
Perasaan seperti ini membuat diri sendiri tak percaya diri .Keadaan seperti ini menjadi dilema bagi diri sendiri seperti diri sendiri tak dihargai,dicintai .Diri sendiri sampai merasa seperti ini bisa jadi ada sesuatu pada diri sendiri yang perlu diperbaiki ,dievaluasi agar diri sendiri tidak seperti ini lagi
 
  Disisi lain perjalanan hidup seseorang yang panjang akan membuat seseorang mengalami perubahan yang luarbiasa pada diri sendiri .Perubahan itu selalu dialami setiap orang selama menjalani kehidupannya yang juga perubahan tersebut bagian dari proses pendewasaan diri sendiri yang setiap orang tidak bisa menolaknya.
 
Setiap perubahan yang terjadi pada diri seseorang bisa menghasilkan kemungkinan baik atau buruk.Setiap perubahan yang terjadi tidak selalu berujung baik.Terkadang malah seseorang kehilangan jati diri ,namun entahlah mengapa semua ini bisa terjadi pada diri seseorang seperti ini.
 
Bagaimanapun juga jati diri itu memang perlu untuk menjadi diri sendiri kemudian lantas seperti apakah menjadi diri sendiri .Terkadang masih saja ada yang salah kaprah memahami jati diri yang kerap dihapami sebagai sebuah penerimaan atas kekurangan dan kelebihan diri sendiri tanpa disertai upaya untuk memperbaiki kekurangan,kelebihan,atau mempertahankan kelebihan yang ada pada diri sendiri .
 
Menjadi diri sendiri tidaklah mudah banyak pengaruh yang turut membentuk perilaku,karakter seseorang mulai dari keluarga,teman,tetangga,buku,televisi,media sosial,tokoh idola ,pergaulan bisa jadi menjadi pengaruh membuatnya seperti ini.
 
Setiap pengaruh bisa membawa kebaikan atau keburukan kembali pada diri sendiri bijak menyikapi setiap permasalahan hidup.Pengaruh yang ada dilingkungan masyarakat bila tidak bijak menyikapi akan membawa dampak buruk pada diri sendiri atau malah sebaliknya membuat seseorang akan kehilangan jati diri .
 
Menyadari diri sendiri bukanlah manusia sempurna membuat diri sendiri  belajar memperbaiki diri ,interopeksi diri dengan bercermin diri yaitu muhasabah diri kemudian tidak mengulangi kesalahan lagi membuat semakin diri sendiri mendekati kesempurnaan
Tags

About The Author

Suryatiningsih 45
Ordinary
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel