Ikhlas Dalam Bersedekah

31 Aug 2018 16:19 7833 Hits 0 Comments
Ikhlas dalam bersedekah membawa kebahagian di dunia dan akhirat

     Bersedekah adalah tabungan diakhirat kelak.Bersedekah membuat hidup tenang dan penuh berkah.Bersedekah perlu dilakukan penuh keikhlasan hati .Bersedekah menjadi jalan menuju ke surga .Bersedekah itu membuat kehidupan menjadi tentram.

       Rezeki adalah amanah dari Allah. Rezeki yang diberikan Allah ada baiknya sebagian  diberi pada orang yang membutuhkan dengan bersedekah.Bersedekah tidak membuat rezeki berkurang,menjadi sengsara,jatuh miskin akibat bersedekah,namun Janji Allah seseorang senantiasa bersedekah akan diganti 1000 kali kebaikan didunia dan akhirat.

         Sedekah adalah sebagai bukti iman,taat pada Allah.Allah sangat memuliakan orang yang selalu bersedekah,namun dalam bersedekah  dilakukan secara ikhlas,tanpa pamrih hanya untuk beribadah,dekat pada Allah semata mata karena Allah dan keikhlasan dalam bersedekah Allah memberi balasan pahala, rezeki dengan jalan tidak pernah disangka-sangka.Seseorang dalam bersedekah tidak dilihat banyak sedikitnya sedekah,tetapi rasa ikhlas yang ada dihati bisa membuat sedekah yang dilakukan semakin berkah.Rasa ikhlas dalam bersedekah yang mampu membekas dihati membuat hati merasa bersyukur dan tetap rendah hati.Sedekah sedikit yang diikuti hati ikhlar,tanpa pamrih,tanpa unsur riya dihati membuat hidup penuh keberkahan.

        Ketika seseorang bersedekah cukup Allah yang tahu dan hanya semata mata kepada Allah dalam bersedekah.Ketika bersedekah ikhlas hanya semata mata karena Allah.Seseorang bersedekah akan mendapat balasan dari Allah yang datang dari arah tak disangka sangka.

    ....Seseorang dalam bersedekah berapapun jumlahnya yang disedekahkan pasti dibalas dan dilipat gandakan .Tidak masalah apakah bersedekah itu ikhlas atau tidak yang penting mau bersedekah .Terkadang dalam bersedekah tidak dilakukan secara ikhlas saat awal bersedekah,namun sikap bersedekah dilakukan sesering mungkin bisa merasa ikhlas .

         Bersedekah juga membutuhkan proses yang tidak sedikit dan bukan berarti bersedekah sekali terus langsung ikhlas tetapi butuh berkali kali biar jadi ikhlas.Bersedekah itu yang penting banyak dan sering dulu ,karena ikhlas itu perlu dilatih dengan sering mengulang dan mengulang terus lama kelamaan menjadi kebiasaan.

      Bersedekah awalnya tidak ikhlas,tetapi setelah dilakukan terus menerus akan jadi terbiasa bukan paksaan lagi .Bersedekah  terkadang dilakukan 6 sampai .10 kali baru merasa ikhlas ,namun kalau sering bersedekah lama lama jadi kebiasaan hingga nilai ikhlasnya banyak lagi dan akhirnya bersedekah sudah menjadi kebiasaan.

       .Seseorang dalam bersedekah boleh saja mengharapkan sesuatu asalkan berharapnya  hanya kepada Allah berupa pahala yang berkah.Bersedekah juga bisa dilakukan secara terang terangan tidak masalah bertujuan memberi contoh kepada yang lain agar ikut bersedekah. 

Tags

About The Author

Suryatiningsih 45
Ordinary
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel